Tottenham Gagal Raih Poin, Dikalahkan Brighton 4-2

SEPAKBOLA.id – Sebuah penampilan luar biasa membuat Brighton mengalahkan Tottenham di Liga Primer di Amex Stadium.

Spurs mendominasi penguasaan bola di awal pertandingan namun tuan rumah mengambil alih kendali saat pemain muda Jack Hinshelwood melepaskan tendangan ke arah atap gawang setelah Joao Pedro dibiarkan melayang di garis 16 meter.

Prediksi Bola Terakurat

Pedro menggandakan keunggulan the Seagulls dari titik penalti setelah Dejan Kulusevski menarik Danny Welbeck di dalam kotak penalti.

Brighton terus menekan, dengan tendangan James Milner membentur tiang gawang dan Facundo Buonanotte yang dianulir karena offside, sebelum tendangan Richarlison juga membentur tiang gawang tim tamu.

Spurs gagal melakukan tendangan tepat sasaran di babak pertama namun membaik di babak kedua, dengan Richarlison dua kali melihat usahanya dianulir karena offside.

Namun, Brighton memastikan tiga poin kurang dari satu menit setelah gol kedua saat Pervis Estupinan melepaskan tendangan brilian dari jarak 22 meter ke pojok atas gawang.

Pedro menambahkan gol keempat saat ia kembali mengirimkan umpan kepada Guglielmo Vicario dari titik putih setelah Evan Ferguson dilanggar di dalam kotak penalti.

Tottenham mengancam kebangkitan yang tidak mungkin terjadi setelah Alejo Veliz dan Ben Davies menyamakan kedudukan, namun Spurs tidak dapat mengkonversi serangkaian peluang di menit-menit akhir.

“Kami memainkan sepak bola yang fantastis selama 80 menit dan kemudian kami tidak beruntung pada gol pertama yang kami kemasukan,” kata pelatih Brighton, Roberto De Zerbi, kepada BBC Match of the Day.

“Saya pikir musim ini adalah penampilan terbaik. Tidak hanya untuk Joao Pedro dan Billy Gilmour, saya berbicara secara umum untuk Brighton.”

Kemenangan ini membuat Brighton naik di atas Newcastle ke peringkat delapan, sementara Spurs tetap berada di peringkat lima, satu poin di belakang Manchester City yang berada di peringkat empat.

Brighton. Tottenham

Brighton Yang Bersemangat Memberikan Hasil

Sepekan tanpa pertandingan merupakan hal yang jarang terjadi di musim ini bagi Brighton, saat mereka baru pertama kali merasakan sepak bola Eropa, namun mereka memanfaatkan jeda tersebut untuk keuntungan mereka.

Setelah membiarkan Spurs menguasai bola di awal pertandingan, mereka segera menguasainya, melancarkan serangan demi serangan.

De Zerbi telah meratapi ketergantungan Brighton pada pemain muda akhir-akhir ini, namun Hinshelwood yang berusia 18 tahun tampil luar biasa sebagai bek kanan dan mencetak gol dengan penuh percaya diri.

Golnya merupakan gol ke-19 yang dicetak oleh seorang remaja di Liga Primer Inggris pada tahun 2023 – Manchester United berada di urutan kedua dengan empat gol. Jumlah gol Brighton hanya disamai dua kali dalam sejarah Premier League oleh Liverpool pada 1998 (25) dan 1994 (22).

Pedro selalu tampil konstan, berusaha mengeksploitasi garis pertahanan Spurs yang tinggi, dan mengeksekusi kedua tendangan penaltinya secara klinis.

Tendangan luar biasa dari Estupinan membuat kemenangan ini menjadi sempurna, dengan sang bek kiri asal Ekuador tampil untuk pertama kalinya sejak 30 September.

Akan ada kekecewaan karena mereka tidak dapat menjaga clean sheet – mereka kini telah kebobolan dalam 23 pertandingan liga secara beruntun – dan mereka harus menghadapi badai di menit-menit akhir, dengan De Zerbi yang melemparkan botol air dengan frustasi di waktu tambahan.

Secara keseluruhan, ini adalah penampilan yang menjadi pengingat akan kemampuan Brighton saat kita mencapai paruh musim.

“Saya sangat beruntung bisa menjadi pelatih tim ini dengan para pemain ini. Saya sangat senang dengan semangat yang mereka miliki, mereka memiliki segalanya,” tambah De Zerbi.

“Anda tidak bisa melupakan bahwa kami adalah Brighton. Terkadang mereka lupa bahwa kami adalah Brighton. Kami bukan Manchester United, Manchester City, Newcastle atau Arsenal, kami tetaplah Brighton.”

Brighton. Tottenham

Tottenham Membutuhkan Tambahan Amunisi

Untuk sebagian besar pertandingan, ini terasa seperti satu pertandingan yang terlalu banyak untuk skuad Spurs yang kurang fit.

Sang pelatih, Ange Postecoglou, terpaksa melakukan dua pergantian pemain, dengan bek tengah, Christian Romero, harus absen lebih dari satu bulan karena cedera hamstring dan sang gelandang, Oliver Skipp, harus absen karena mengalami benturan.

Untuk sebagian besar pertandingan, lini pertahanan Spurs terlihat berantakan dan lini tengah mereka kalah bersaing dengan Brighton.

Postecoglou tidak merahasiakan keinginannya untuk menambah kekuatan lini pertahanan di bursa transfer Januari dan hal ini hanya akan meningkatkan pencarian tersebut, dengan bek sayap Emerson Royal yang kesulitan di lini tengah dan Eric Dier, yang merupakan pemain pengganti yang tidak terpakai, jelas-jelas tidak akan dimainkan.

Spurs terlihat menjadi ancaman di lini depan, namun Richarlison tampil kurang disiplin saat ia memimpin lini depan, dengan tendangannya yang dianulir untuk gol keduanya sangat tidak layak.

Postecoglou akan senang dengan semangat yang ditunjukkan oleh anak asuhnya di menit-menit akhir, saat Veliz mencetak gol pertamanya untuk klub dan Davies mencetak gol sundulan yang membentur tiang gawang.

Mereka kemudian mengepung gawang Brighton, dengan tendangan Pierre-Emile Hojbjerg membentur tiang gawang dan tendangan Pedro Porro masih bisa diblok, namun pada akhirnya mereka tidak bisa berbuat banyak.

“Cukup adil untuk mengatakan bahwa kami terlihat seperti tim yang kelelahan hari ini,” kata Postecoglou kepada Match of the Day.

Nonton Siaran Langsung Liga Inggris

“Kami telah meminta banyak pemain untuk waktu yang sangat lama dan kami kekurangan sedikit energi hari ini. Mereka adalah tim yang bagus dan kami berjuang untuk mengatasi mereka.

“Kami bertahan di sana dan hanya itu yang bisa Anda minta, mereka meninggalkan segalanya di luar sana.”

 

Baca Juga

Arsenal Lengah! Tumbang Di Tangan West Ham 0-2

Prediksi Brighton vs Tottenham 29 Desember 2023

Prediksi Arsenal vs West Ham 29 Desember 2023