Pendukung Swedia Menghabiskan Malam Dengan Penjagaan Ketat Kepolisian

SEPAKBOLA.id – Sekitar 400 penggemar Swedia bermalam di hotel-hotel di bawah perlindungan polisi setelah dua orang Swedia ditembak mati di Brussels pada hari Senin.

Pertandingan kualifikasi Euro 2024 Swedia melawan Belgia dibatalkan saat jeda pertandingan karena alasan keamanan.

Nonton Siaran Langsung Liga Inggris

Evakuasi Stadion King Baudouin dimulai sekitar pukul 23:45, dengan para penggemar dan staf terakhir meninggalkan stadion pada pukul 04:00 waktu setempat.

Para pemain Swedia telah terbang pulang dan akan kembali ke klub mereka.

Pada Selasa pagi, polisi di Brussels menembak mati sang penyerang.

Berbicara pada konferensi pers pada hari Selasa, Perdana Menteri Belgia Alexander de Croo menyebut pembunuhan tersebut sebagai “tindakan terorisme yang mengerikan”.

Asosiasi Sepak Bola Swedia (SvFF) mengatakan mereka menerima berita tentang pembunuhan tersebut sebelum pertandingan, tetapi pertandingan tetap berjalan sesuai rencana karena pihak berwenang dan polisi Belgia menganggap stadion – yang berjarak 5 km (tiga mil) dari lokasi penembakan – sebagai “tempat teraman”.

Para pemain dan ofisial diberitahu saat jeda pertandingan, dengan skor 1-1. Kapten Swedia dan pemain bertahan Manchester United, Victor Lindelof, mengatakan bahwa keamanan membuat tim “merasa nyaman”.

“Mereka menjelaskan bahwa ini adalah tempat teraman di Brussels,” katanya.

Lindelof mengatakan dia melihat “tidak ada alasan” untuk mengulang pertandingan tersebut karena Belgia telah lolos ke Euro 2024 dan Swedia tidak bisa lagi melakukannya.

Menulis di X – sebelumnya Twitter – pada hari Selasa, Lindelof mengatakan: “Saya terkejut dan terpukul dengan insiden mengerikan di Brussels dengan serangan yang dilakukan dengan hati yang dingin terhadap sesama orang Swedia.

“Saya kehilangan kata-kata untuk kekejaman dan ketidakmanusiawian ini. Saya ingin menyampaikan belasungkawa terdalam saya kepada keluarga dan teman-teman mereka yang terkena dampak.

“Pada saat yang sama, pikiran saya tertuju pada semua pendukung di Belgia tadi malam. Tidak seorang pun boleh pergi ke pertandingan sepak bola dan merasa tidak aman saat mendukung tim mereka.”

Para penggemar Swedia “merasa gelisah dan bingung” ketika berita penembakan tersebut sampai ke stadion, menurut Susanne Petersson, ketua dari kelompok suporter Camp Sweden.

Swedia

“Sulit untuk memahami apa yang telah terjadi – apakah itu ditujukan kepada orang Swedia atau hanya orang Swedia yang menjadi korban,” ujarnya.

“Sebagian besar orang akan pulang pada siang hari ini. Kami telah diinstruksikan untuk tetap tinggal di rumah dan tidak keluar. Sebagian besar berada di hotel mereka sampai tiba waktunya untuk pulang.”

Belum dapat dipastikan apakah para korban berada di Brussel untuk menyaksikan pertandingan, meskipun ketua SvFF Fredrik Reinfeldt mengatakan: “Apa yang terjadi adalah serangan yang menjijikkan terhadap orang-orang tak berdosa yang sedang menonton pertandingan sepak bola. Kami semua merasakan kemarahan dan kesedihan yang luar biasa.”

Jaksa penuntut dalam kasus ini mengatakan bahwa kemungkinan besar motifnya adalah kewarganegaraan para korban.

Presiden Fifa, Gianni Infantino, mengatakan bahwa ia “terkejut” dan “sedih” atas penembakan tersebut.

“Atas nama Fifa, dan keluarga sepak bola global, saya menyampaikan belasungkawa terdalam saya kepada keluarga dan teman-teman para korban,” katanya.

“Pikiran kami bersama rakyat Belgia dan Swedia, para pemain tim nasional dan asosiasi sepak bola masing-masing.”

Uefa – badan sepak bola Eropa – telah mengumumkan mengheningkan cipta akan diadakan di semua pertandingan kualifikasi Euro 2024 pada hari Selasa untuk mengenang kedua korban.

Inggris akan menghadapi Italia di Wembley dalam pertandingan kualifikasi Euro 2024 pada pukul 19:45 WIB.

Polisi Metropolitan mengatakan: “Mengingat kejadian kemarin di Brussels, mereka yang menghadiri pertandingan dapat diyakinkan bahwa mereka akan melihat kehadiran polisi yang sangat terlihat.

Prediksi Bola Terakurat

“Para petugas berada di sana untuk memastikan acara berlangsung dengan aman dan memberikan jaminan kepada mereka yang hadir.”

Pihak berwenang Prancis menggandakan keamanan untuk pertandingan persahabatan hari Selasa antara Prancis dan Skotlandia di Lille, kurang dari 60 mil dari Brussels.

 

Baca Juga

Inggris Lolos Ke EURO 2024 Usai Kalahkan Italia 3-1

Romeo Lavia Absen Hingga Desember Karena Cedera

PSG Akan Ajukan Kontrak Baru Untuk Kylian Mbappe Dengan Klasul Pelepasan