Neymar : Saya Ingin Membuat Sejarah Olahraga Baru

SEPAKBOLA.id – Penyerang Brasil, Neymar, telah bergabung dengan tim Liga Pro Saudi, Al-Hilal, dari juara Prancis, Paris St-Germain.

Kesepakatan untuk mantan pemain Barcelona, 31 tahun, diperkirakan bernilai sekitar 90 juta euro (sekitar Rp 1.5 Trilliun) ditambah dengan tambahan.

Prediksi Bola Terakurat

“Saya telah mencapai banyak hal di Eropa dan menikmati masa-masa istimewa, tetapi saya selalu ingin menjadi pemain global dan menguji diri saya sendiri dengan tantangan dan peluang baru di tempat baru,” katanya.

Neymar tidak menjadi bagian dari rencana pelatih PSG, Luis Enrique, untuk musim baru.

Sang penyerang, yang bergabung dengan PSG dengan biaya rekor dunia sebesar 200 juta poundsterling (sekitar Rp 3.8 Trilliun) pada tahun 2017, tidak masuk dalam skuat mereka untuk pertandingan Ligue 1 hari Sabtu melawan Lorient.

Kepergiannya juga sesuai dengan strategi PSG untuk menjauh dari era ‘Galacticos’ yang merekrut pemain-pemain terkenal dengan bayaran besar dan gaji yang signifikan, dengan Lionel Messi juga meninggalkan klub pada musim panas ini.

“Saya ingin menulis sejarah olahraga baru, dan Liga Pro Saudi memiliki energi yang luar biasa dan pemain berkualitas saat ini,” tambah Neymar.

“Saya telah banyak mendengar dan mengetahui bahwa saya mengikuti daftar panjang pemain Brasil yang telah bermain di Arab Saudi selama bertahun-tahun, jadi saya yakin itu adalah tempat yang diinginkan.”

Sang penyerang diketahui akan mendapatkan penghasilan tahunan di kisaran 25 juta euro (Rp 420 Milliar) di klub Prancis tersebut.

Dia dilaporkan akan dibayar 150 juta euro (sekitar Rp 2.5 Trilliun) per tahun di Arab Saudi – enam kali lipat dari jumlah yang dia dapatkan di PSG – setelah menandatangani kontrak dua tahun.

Ketua Al Hilal, Fahad bin Saad, menyebut Neymar sebagai “ikon global” dan “kekuatan menyerang yang tak terhentikan” saat menyambutnya di klub.

Pemain asal Brasil itu membuat 173 penampilan untuk PSG, membantu klub memenangkan 13 trofi, termasuk lima gelar Ligue 1, serta mencapai final Liga Champions 2020.

“Selalu sulit untuk mengucapkan selamat tinggal kepada pemain luar biasa seperti Neymar, salah satu pemain terbaik di dunia,” kata Nasser Al-Khelaifi, presiden dan kepala eksekutif PSG.

“Saya tidak akan pernah melupakan hari ketika dia tiba di Paris St-Germain, dan apa yang telah dia kontribusikan kepada klub dan proyek kami selama enam tahun terakhir.”

Kepergian Neymar terjadi dua hari setelah pemain PSG, Kylian Mbappe, diintegrasikan kembali ke dalam latihan tim utama setelah pembicaraan positif dengan klub.

Neymar

Penyerang Prancis, 24 tahun, sempat mengalami kebuntuan kontrak di tengah keinginannya untuk bergabung dengan Real Madrid, namun kini dapat memperpanjang kontraknya di PSG, dengan kesepakatannya saat ini yang akan berakhir pada musim panas mendatang.

Mbappe juga tidak masuk dalam skuat untuk pertandingan melawan Lorient dan menyaksikan pertandingan dari tribun penonton.

Bulan lalu, PSG memberikan izin kepada Al-Hilal untuk berbicara dengan Mbappe setelah klub asal Arab Saudi tersebut mengajukan penawaran dengan nilai rekor dunia, £259 juta ( sekitar Rp 5 Trilliun).

Kepindahan Neymar melanjutkan belanja musim panas yang luar biasa oleh klub-klub Saudi, menggarisbawahi ambisi liga untuk menjadi salah satu kompetisi teratas di dunia dalam beberapa tahun ke depan.

Karim Benzema, N’Golo Kante, Jordan Henderson, Ruben Neves, Sadio Mane dan Roberto Firmino telah pindah ke Arab Saudi.

Superstar Portugal, Cristiano Ronaldo, bergabung dengan Al-Nassr dari Manchester United pada bulan Januari.

Rekan setim Neymar yang baru termasuk mantan kapten Wolves, Ruben Neves, mantan bek tengah Chelsea, Kalidou Koulibaly, dan Sergej Milinkovic-Savic, mantan pemain Lazio, yang semuanya didatangkan dengan biaya besar.

Setelah Riyad Mahez meninggalkan Manchester City untuk bergabung dengan Al-Ahli pada bulan Juli, Pep Guardiola mengatakan bahwa kekuatan finansial liga Saudi telah “mengubah pasar”.

“Beberapa bulan yang lalu ketika Cristiano [Ronaldo] adalah satu-satunya yang pergi, tidak ada yang mengira banyak pemain top dan top akan bermain di liga Saudi,” kata manajer City.

Nonton Siaran Langsung Liga Inggris

“Di masa depan akan ada lebih banyak lagi dan itulah mengapa klub-klub harus menyadari apa yang sedang terjadi.

“Saya tidak tahu berapa lama mereka akan mempertahankannya, tetapi perasaan saya adalah mereka akan bertahan.”

 

Baca Juga

Kevin de Bruyne Akan Lewatkan 4 Bulan Musim Karena Cidera

Chelsea Boyong Pemain Perancis U-21 Michael Olise Dari Crystal Palace

Chelsea Belanja Terus, Boyong Romeo Lavia Rp 1 Triliun