Legenda Manchester City Francis Lee Tutup Usia Di Umur 79 Tahun

SEPAKBOLA.id – Mantan striker Manchester City dan timnas Inggris, Francis Lee, meninggal dunia dalam usia 79 tahun.

Lee mencetak 148 gol dalam 330 penampilan selama delapan tahun di City, membantu klub memenangkan berbagai penghargaan, termasuk gelar Divisi Pertama pada tahun 1968.

Prediksi Bola Terakurat

Lee, yang memulai kariernya di Bolton Wanderers, bergabung dengan Derby County dari City, membantu the Rams memenangkan gelar liga kedua mereka pada tahun 1975.

Dia juga memiliki 27 caps untuk Inggris, mencetak 10 gol.

“Dengan kesedihan terdalam dan hati yang paling berat kami mengumumkan meninggalnya mantan pemain dan ketua Manchester City, Francis Lee, dalam usia 79 tahun,” demikian bunyi pernyataan City, yang menyebut Lee sebagai “legenda klub dalam segala hal” dan salah satu “pemain terbaik sepanjang masa”.

Klub mengatakan Lee meninggal pada Senin pagi setelah berjuang melawan kanker.

Selama di City, Lee juga memenangkan Piala FA, Piala Liga, Piala Winners Eropa dan Charity Shield dua kali.

Dia kembali ke klub pada tahun 1994 sebagai ketua, setelah sejumlah usaha bisnis yang sukses, menghabiskan empat tahun dalam peran itu.

Pernyataan itu berlanjut: “Istri Francis, Gill, dan anak-anaknya, Charlotte, Jonny, dan Nik, mengatakan bahwa ia akan sangat dirindukan dan ingin mengucapkan terima kasih kepada semua orang atas ucapan selamat yang diberikan.”

“Semua orang di Manchester City ingin menyampaikan belasungkawa kepada teman-teman dan keluarga Francis pada saat yang sangat sulit ini.

“Sebagai tanda penghormatan, bendera di sekitar Etihad Stadium dan City Football Academy dikibarkan setengah tiang.

“Lebih banyak lagi penghormatan dari klub akan menyusul dalam beberapa hari mendatang.”

Lee, yang lahir di Westhoughton, Lancashire, memulai kariernya di Bolton di mana ia menembus tim utama pada usia 16 tahun pada tahun 1959.

Dia kemudian mencetak 106 gol dalam 210 pertandingan selama delapan musim sebelum bergabung dengan City dengan biaya transfer yang saat itu menjadi rekor klub sebesar £60,000.

“Semua orang di Bolton Wanderers sedih mendengar kabar meninggalnya mantan penyerang mereka, Francis Lee. Pikiran semua orang di klub bersama keluarga, teman, dan orang-orang terkasih Francis pada saat yang sulit ini,” demikian pernyataan Bolton.

Francis Lee, Manchester City

Setelah masa gemilangnya di City, Lee bergabung dengan Derby pada tahun 1974 di mana ia mencetak 30 gol selama dua musim, sebelum mengumumkan pengunduran dirinya.

“Kami sangat sedih mengetahui meninggalnya peraih gelar juara 1974/75, Francis Lee. Pikiran kami bersama keluarga, teman dan semua yang mengenalnya,” demikian pernyataan Derby.

Selama masa baktinya di Rams, Lee juga terlibat dalam momen yang memalukan saat dia berselisih di lapangan dengan bek Leeds, Norman Hunter, dengan keduanya diusir dan dikawal dari lapangan karena saling bertukar pukulan.

Rekaman tersebut ditayangkan di Match of the Day dan dibagikan secara teratur di media sosial, dengan video tersebut menerima ratusan ribu penayangan di YouTube, TikTok, dan lainnya.

“Untung saja saya tidak masuk ke ruang ganti setelahnya,” kata Lee.

“Saya mungkin baru saja keluar dengan pembebasan bersyarat sekarang. Itu bukan akting yang main-main, Anda tahu. Dia menepuk pundak saya, memukul saya dan membelah bibir saya dengan cincin emas.”

Setelah pensiun, Lee memulai sejumlah usaha bisnis, beroperasi di bisnis kertas dan pengangkutan limbah sebelum kemudian membuat tisu toilet, tisu dapur, saputangan, kertas minyak dan cling film, yang pada akhirnya memasok sebagian besar peritel besar di Inggris.

Pada tahun 1985, perusahaannya. F.H Lee, bergabung dengan Hazelwood Foods dan bisnis bernilai jutaan poundsterling tersebut dijual pada tahun 2000.

Kesuksesan Lee dalam bisnis membawanya kembali ke City sebagai ketua pada tahun 1994, membeli klub dari Peter Swales yang tidak populer, tetapi sebagian besar tidak berhasil dan dia mengundurkan diri pada tahun 1998 dengan klub menghadapi degradasi ke kasta ketiga.

Nonton Siaran Langsung Liga Inggris

Meskipun telah pergi, ia tetap memiliki saham hingga menjualnya kepada Thaksin Shinawatra pada tahun 2007 dan terus menghadiri pertandingan City secara teratur.

Pada tahun 2016, Lee menerima penghargaan CBE dari Duke of Cambridge untuk jasanya dalam olahraga dan amal.

 

Baca Juga

Chelsea Fulham Berakhir 0-2, Mykhailo Mudryk Cetak Gol Pertamanya Untuk The Blues

Prediksi Napoli vs Real Madrid 4 Oktober 2023

Prediksi Manchester United vs Galatasaray 4 Oktober 2023