Menang Tipis Atas Irlandia 1-0, Belanda Pastikan Tempat Di Euro 2024

SEPAKBOLA.id – Belanda memastikan satu tempat di putaran final Euro 2024 setelah gol Wout Weghorst memberi mereka kemenangan kandang 1-0 atas Republik Irlandia.

Sang penyerang Hoffenheim bergerak bebas sebelum mencetak gol di menit ke-11.

Prediksi Bola Terakurat

Tuan rumah mendominasi pertandingan dalam tempo rendah, dengan penjaga gawang Irlandia, Gavin Bazunu, menepis tendangan Tijjani Reijnders yang membentur tiang gawang di awal babak kedua.

Republik Irlandia menyelesaikan kualifikasi dengan hanya enam poin dari delapan pertandingan.

Poin tersebut hanya didapat dari dua kemenangan atas tim juru kunci Grup B, Gibraltar, dan ini merupakan penampilan mengecewakan lainnya dari tim asuhan Stephen Kenny.

Kekalahan ini diperkirakan akan menjadi pertandingan terakhir Kenny sebagai pelatih dengan kontraknya yang akan berakhir setelah pertandingan persahabatan di Dublin melawan Selandia Baru.

Belanda yang sedang dilanda cedera seharusnya dapat menambah jumlah gol mereka di Johan Crujff Arena, namun mereka tampil buruk di depan gawang, sementara Bazunu melakukan serangkaian penyelamatan gemilang.

Dalam sebuah pertandingan yang sering kali terasa seperti pertandingan persahabatan, tendangan keras Weghorst lah yang memberikan Belanda tiga poin yang mereka butuhkan untuk berada di peringkat kedua grup di belakang Perancis, yang menghancurkan Gibraltar 14-0 di hari Sabtu malam.

Irlandia menjadi yang pertama mengancam saat Alan Browne melepaskan tendangan langsung ke arah penjaga gawang Brighton, Bart Verbruggen, namun hal tersebut bukanlah sebuah pertanda yang akan terjadi, dan membuktikan sebuah momen yang jarang terjadi di mana tim tamu melakukan banyak kesalahan.

Weghorst mencetak gol dari serangan pertama Belanda yang berarti saat ia lolos dari hadangan Nathan Collins, yang kemudian bertabrakan dengan Ryan Manning dan membuat mantan penyerang Burnley dan Manchester United tersebut berlari kencang sebelum melepaskan tembakan yang tidak dapat dijangkau oleh Bazunu.

Bazunu Tampil Brilian Dibawah Mistar Gawang

Bazunu yang luar biasa pertama kali menjadi penyelamat timnya dengan mengalahkan pemain Liverpool, Cody Gakpo, saat sang penyerang berusaha menyambut umpan sontekan Weghorst.

Belanda, Irlandia

Gakpo dan Reijnders melepaskan tembakan melebar sebelum yang terakhir melihat tendangan sudutnya ditepis oleh Bazunu sesaat sebelum jeda.

Adam Idah menggantikan Callum Robinson di babak pertama dalam upaya untuk menyuntikkan kehidupan ke dalam serangan Irlandia, tetapi aksi mulut gawang disediakan oleh Belanda setelah babak kedua dimulai.

Denzel Dumfries memberikan umpan silang rendah kepada Xavi Simons yang datang dengan umpan silang, namun tendangan jarak dekatnya membentur rekan setimnya, Gakpo, dan berhasil dihalau.

Buzunu menggagalkan upaya Weghorst setelah ia juga menerima umpan dari Dumfries, sebelum sang kiper Southampton berhasil melakukan penyelamatan untuk mengalihkan tendangan gelandang AC Milan, Reijnders, dari jarak 25 meter yang membentur tiang gawang di menit ke-52.

Penyerang Republik, Evan Ferguson, yang merupakan sosok yang terisolasi sebagai ujung tombak tim, keluar dari lapangan karena cedera beberapa saat kemudian dan menerima perawatan pada hamstringnya.

Tim asuhan Kenny berhasil mencetak gol saat tendangan Idah yang terdefleksi melewati Verbruggen dan melewati garis gawang, namun gol tersebut dianulir karena penyerang Norwich City tersebut berada dalam posisi offside.

Reijnders menyia-nyiakan peluang emas di depan gawang ketika sebuah sentuhan keras membuat Collins melakukan pelanggaran, sebelum pemain pengganti Donyell Malen memaksa Buzunu melakukan penyelamatan gemilang.

Nonton Siaran Langsung Liga Inggris

Malen melepaskan tembakan di menit-menit akhir pertandingan, namun ia juga melakukan kesalahan kontrol saat Buzunu berlari untuk menyambutnya.

Namun, hal itu tidak terlalu berpengaruh, karena Belanda telah melakukan cukup banyak hal untuk memastikan satu tempat di Jerman tahun depan.

 

Baca Juga

Kiper Manchester United Andre Onana Mengalami Cidera Saat Membela Kamerun

Kemenangan Spanyol 3-1 Atas Georgia Harus Dibayar Mahal Dengan Cidera Gavi

Skotlandia Menuju Jerman Usai Lakoni Laga Sarat Gol 3-3 Kontra Norwegia