Liga Inggris

Manchester City Terus Tempel Ketat Liverpool, Naik Ke Peringkat 2 Dengan Selisih 5 Poin

SEPAKBOLA.id – Erling Haaland digantikan saat kembali dari cedera oleh rekannya, Julian Alvarez, saat Manchester City meraih kemenangan atas Burnley.

Haaland membuat penampilan pertamanya sejak mengalami patah kaki saat kalah di Aston Villa pada 6 Desember lalu, saat ia diturunkan sebagai pemain pengganti di menit ke-71 di Etihad Stadium.

Nonton Siaran Langsung Liga Inggris

Namun, ketika pemain Norwegia itu mengundang tawa dari rekan setimnya, Bernardo Silva dan Mateo Kovacic, di bangku cadangan, ketika ia salah menendang bola yang seharusnya menjadi gol, Alvarez tampil gemilang.

Pemain asal Argentina itu meraih penghargaan sebagai pemain terbaik dengan menjadi pemain ke-10 yang mencetak dua gol atau lebih pada hari ulang tahun mereka di pertandingan Premier League.

Kedua gol tersebut tercipta di babak pertama. Matheus Nunes memberikan umpan silang yang luar biasa ke dalam kotak penalti dan ditanduk oleh Alvarez pada menit ke-16.

Dan hanya enam menit kemudian, Alvarez mengambil keuntungan dari latihan tendangan bebas yang dilakukan dengan brilian di tempat latihan, saat Kevin de Bruyne bersiap untuk melepaskan umpan silang ke dalam kotak penalti, namun ia melepaskan umpan sempurna dari jarak 18 meter yang hanya membutuhkan tendangan pertama.

Rodri menambahkan gol ketiga dengan cara yang khas pada menit awal babak kedua, menanduk bola umpan silang Phil Foden dari tepi kotak penalti.

Bos Burnley, dan mantan kapten City, Vincent Kompany, akan merasa senang dengan cara timnya terus berjuang sampai akhir.

Mereka setidaknya dapat meraih gol hiburan di masa injury time saat sang pemain bertahan, Ameen Al-Dakhil, mencetak gol pertama mereka dalam tujuh kunjungan mereka ke stadion ini sejak tahun 2018.

Namun, mereka pada akhirnya tidak berdaya untuk menghentikan kemenangan kedelapan beruntun City di semua kompetisi – dan kemenangan ke-13 secara beruntun atas tim yang berada di posisi kedua dari bawah, Burnley.

City tertinggal lima poin dari pemuncak klasemen Liverpool dengan satu pertandingan tersisa, dan menyamai Arsenal yang berada di posisi ketiga saat mereka mengejar gelar liga keempat berturut-turut yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Dan sang pelatih, Pep Guardiola, percaya bahwa timnya membutuhkan kemenangan yang signifikan jika mereka ingin mempertahankan gelar juara.

Manchester City. Burnley

“Dengan Liverpool yang telah kami hadapi selama delapan tahun, dan Arsenal, dengan Mikel [Arteta] yang telah mengukuhkan skuadnya, saya tidak merasa mereka akan kehilangan banyak poin,” katanya.

“Kami harus memenangkan pertandingan sebanyak mungkin dan, pada akhirnya, kita akan melihat apa yang terjadi.”

Pujian Untuk Tim Kepelatihan City, Vicens

Setelah mengungkapkan kegembiraannya atas gol kedua dari Alvarez, Guardiola menoleh ke bangku cadangan dan menemukan Carlos Vicens.

Seorang pemain muda yang layak dari Kepulauan Balearic, Vicens menghabiskan karirnya di liga-liga kecil Spanyol sebelum akhirnya beralih ke dunia kepelatihan.

Hebatnya, ia awalnya datang ke City untuk bekerja pada tahun 2017 dan akhirnya ditunjuk sebagai asisten pelatih untuk tim U-12 dan U-13 sebelum naik ke level U-18.

Vicens sekarang menjadi pelatih bola mati City dan Guardiola mengapresiasi kerja kerasnya dalam mewujudkan ide awal yang dieksekusi dengan sempurna dalam pertandingan Liga Primer.

Tentu saja, rencana tersebut hanyalah salah satu aspek. Anda juga membutuhkan pemain dengan kemampuan untuk mengeksekusi dan dalam diri De Bruyne, City memiliki salah satu yang terbaik di dunia.

Menjadi starter untuk pertama kalinya sejak mengalami kambuhnya cedera hamstring yang ia alami di final Liga Champions di Burnley pada hari pembukaan musim ini, De Bruyne melakukan tipu daya hingga ke level ‘Pengkhianat’. Dia menatap ke dalam kotak penalti dan mengangkat tangannya untuk mengindikasikan umpan silang yang akan datang sebelum dengan cepat mengubah bentuk tubuhnya untuk melempar umpan langsung ke arah Alvarez.

Dengan City memegang kendali setelah gol tersebut, tinggal menunggu kembalinya Haaland untuk beraksi.

Sang penyerang mendapat sorakan saat ia keluar untuk melakukan pemanasan dan sekali lagi saat ia menggantikan De Bruyne.

Ada sebuah ancaman yang tidak asing mengenai gaya larinya dan cara Haaland menyerang bola. Namun setelah diabaikan oleh Jeremy Doku saat ia berlari ke dalam kotak penalti, datanglah momen yang tidak diragukan lagi akan menjadi bahan olok-olok.

Setelah rasa cemas yang tak terelakkan itu hilang, tidak akan terlalu lama sebelum Haaland melakukan kontak yang tepat dan kembali mencetak gol.

“Sangat bagus tanpa dia selama dua bulan terakhir,” tambah Guardiola. “Namun dengan adanya dia, kami menjadi tim yang lebih baik dan kami sangat senang dia telah kembali.”

Manchester City. Burnley

Burnley Masih Berada Di Jurang Degradasi

Lebih dari kebanyakan, Burnley memiliki alasan untuk menantikan hasil dari peraturan profitabilitas dan keberlanjutan yang dihadapi oleh Everton dan Nottingham Forest dengan penuh minat.

Tanpa pengurangan 10 poin dari Everton, mereka akan terpaut delapan poin dan Forest akan berada sedikit di atas zona degradasi.

Kompany sangat mengetahui apa yang akan terjadi di stadion ini dan akan merasa kecewa karena para pemainnya tidak cukup sigap dalam bereaksi atas umpan silang Nunes yang kurang ajar atau tendangan bebas cerdas dari De Bruyne.

Mengingat Burnley telah kemasukan 28 kali sejak terakhir kali mencetak gol ke gawang City, kemenangan menjadi tidak mungkin bagi the Clarets – yang baru menang tiga kali musim ini – saat mereka tertinggal.

Mereka mengancam secara sporadis saat jeda, dengan tendangan Lyle Foster yang melengkung melebar sesaat sebelum turun minum dan Zeki Amdouni melepaskan tendangan yang masih dapat ditepis oleh Ederson.

Namun tidak pernah ada keyakinan bahwa mereka dapat bermain dengan baik, bahkan gol pertama Al-Dakhil sejak bergabung dengan Burnley 12 bulan yang lalu dari tim asal Belgia, Sint-Truiden, menjadi sebuah kejutan di menit-menit akhir.

“Kami melawan salah satu tim terbaik di dunia,” kata Kompany kepada BBC Match of the Day.

Prediksi Bola Terakurat

“Dalam pertandingan seperti ini, ini adalah tentang kemampuan untuk membangun peluang dan momentum. Saya merasa jika kami memiliki umpan terakhir, jika kami memasukkannya ke dalam gawang, tentu saja itu akan membantu.

“Kami memiliki momen-momen kami. Saya bisa membedahnya sebanyak yang saya inginkan, tetapi kami harus beralih ke Fulham sekarang.”

 

Baca Juga

Conor Bradley Pimpin Liverpool Untuk Hancurkan Chelsea 4-1 Di Anfield

Chelsea Dan Mancheser United Masih Tertarik Dengan Karim Benzema

Prediksi Liga Inggris Liverpool vs Chelsea 1 Februari 2024

slot online

isb388