Kesepakatan Sir Jim Ratcliffe Dan Manchester United Disetujui FA Dan Liga Premier

SEPAKBOLA.id – Kesepakatan Sir Jim Ratcliffe untuk membeli 25% saham Manchester United telah disetujui oleh Asosiasi Sepakbola dan Liga Premier.

Pembelian miliarder Inggris ini bernilai sekitar $1.3 milyar (setara Rp20 trilyun).

Nonton Siaran Langsung Liga Inggris

Pemiliknya, keluarga Glazer, akan tetap memiliki saham mayoritas di klub, namun Ineos Group milik Ratcliffe akan mengambil alih kendali atas operasi sepak bola.

Penjualan tidak dapat diselesaikan sampai setelah penawaran saham ditutup, yaitu pada Jumat malam di Amerika Serikat.

Persetujuan dari Liga Primer tergantung pada kesepakatan yang telah diselesaikan.

“Liga Primer sekarang menunggu konfirmasi penyelesaian transaksi,” kata liga dalam sebuah pernyataan, sementara mengkonfirmasi Ratcliffe, 71, juga telah menandatangani piagam pemiliknya.

Kesepakatan ini adalah yang pertama yang disepakati di bawah tes pemilik dan direktur Liga Premier yang diperbarui, yang disetujui oleh klub-klub anggota pada Maret 2023 dan termasuk tinjauan oleh panel pengawas independen.

“FA dapat mengonfirmasi bahwa Barclays Women’s Super League dan Barclays Women’s Championship Board telah menyetujui akuisisi oleh Sir Jim Ratcliffe dari Manchester United Football Club dalam kaitannya dengan entitas Manchester United Women,” kata FA dalam sebuah pernyataan.

Kesepakatan Ratcliffe disepakati pada malam Natal dan juga mencakup $300 juta (£236 juta) untuk investasi masa depan di stadion Old Trafford milik klub.

Pengusaha tersebut telah setuju untuk membeli 25% saham kelas B klub, yang sebagian besar dipegang oleh keluarga Glazer, yang memiliki 69% saham klub, dan memiliki hampir semua hak suara, dan hingga 25% saham kelas A, yang terdaftar di New York Stock Market. Saham-saham tersebut masing-masing bernilai $33.

Sebuah pembaruan kepada Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) pada Senin malam mengkonfirmasi bahwa tenggat waktu bagi pemegang saham kelas A untuk mengajukan penawaran untuk dijual telah diperpanjang dari hari Rabu hingga pukul 23:59 EST pada hari Jumat.

Sejauh ini 36,7% saham kelas A telah ditenderkan, sudah di atas 25% yang telah disetujui oleh Ratcliffe untuk dibeli.

Mengambil alih kendali olahraga di klub berarti Ineos akan mengawasi operasi dan akademi sepak bola pria dan wanita.

Mereka juga akan mendapatkan dua kursi di dewan Manchester United PLC dan Manchester United Football Club.

Ratcliffe telah melakukan beberapa kunjungan ke Old Trafford dan tempat latihan klub sambil menunggu kesepakatan tersebut mendapat persetujuan akhir.

BBC Sport memahami bahwa proses tersebut berjalan positif menuju penyelesaian.

Prediksi Bola Terakurat

Keluarga Glazer membeli Manchester United dengan harga £790 juta pada tahun 2005.

Pada November 2022, keluarga asal Amerika Serikat itu menyatakan sedang mempertimbangkan untuk menjual untuk “menjajaki alternatif strategis”.

 

Baca Juga

Lazio Buat Kejutan Dengan Mengalahkan Bayern Munich 1-0

Paris Saint-Germain Kalahkan Real Sociedad 2-0 Di Leg Pertama

Prediksi Liga Europa AC Milan vs Rennes 16 Februari 2024

slot online

isb388