Arsenal Ditahan Imbang Oleh PSV Eindhoven 1-1

SEPAKBOLA.id – Arsenal yang telah banyak berubah ditahan imbang oleh PSV Eindhoven dalam pertandingan terakhir mereka di fase grup Liga Champions.

The Gunners telah menjadi juara Grup B dan sang pelatih, Mikel Arteta, melakukan delapan perubahan dari kekalahan di akhir pekan lalu di Liga Primer Inggris di Aston Villa.

Prediksi Bola Terakurat

Hal tersebut menghasilkan penampilan yang terputus-putus, meskipun Arsenal unggul lebih dulu melalui Eddie Nketiah di menit ke-42.

Namun PSV mendapatkan satu poin yang layak melalui gol penyeimbang dari Yorbe Vertessen.

Nketiah membawa Arsenal unggul tiga menit sebelum babak pertama berakhir, di mana mereka mendapat tekanan yang cukup besar dari PSV, yang juga telah lolos ke babak sistem gugur sebagai runner-up grup.

Penyerang asal Inggris ini melakukan penyelesaian yang luar biasa, mengontrol bola rendah dari sisi kanan sebelum melepaskan tendangan ke pojok kanan bawah gawang dari tepi kotak penalti.

Namun Arsenal berhasil membalas lima menit setelah jeda melalui tendangan kaki kanan Vertessen yang membentur tiang kiri gawang.

Kedua tim memiliki peluang bagus untuk mencari gol kemenangan di babak kedua. Ismael Saibari membentur tiang dekat sebelum Guus Til melepaskan tendangan yang membentur tiang gawang di menit-menit akhir.

Arsenal memiliki peluang emas, Jakub Kiwior menyundul bola setelah menaklukkan kiper PSV, Walter Benitez, dalam sebuah tendangan bebas, namun dianulir karena offside terhadap Gabriel.

Nketiah digagalkan dalam situasi satu lawan satu oleh Benitez di menit keenam tambahan waktu, sebelum Leandro Trossard melepaskan tendangan rebound.

PSV Eindhoven. Arsenal

Arsenal mengakhiri fase grup dengan 13 poin dari enam pertandingan – unggul empat poin dari PSV – dan akan menghadapi salah satu dari tujuh runner-up di babak 16 besar.

“Secara keseluruhan, saya pikir, sangat positif,” kata Arteta tentang kembalinya timnya ke fase grup Liga Champions untuk pertama kalinya sejak 2016-17.

“Setelah tidak mengikuti kompetisi ini selama enam atau tujuh tahun dan memiliki tim yang tidak memiliki banyak pengalaman, saya pikir kami telah berkompetisi dengan sangat baik.

“Secara keseluruhan, finis di posisi pertama dengan satu laga tersisa membuat kami sangat senang. Sekarang kami harus menutup babak tersebut hingga Februari dan memastikan ketika babak tersebut dibuka kembali, kami berada di posisi terbaik untuk bersaing dengan tim-tim papan atas lainnya.”

Nketiah Meraih Poin Untuk Arsenal Yang Sedang Lesu

Dengan Arsenal yang telah dipastikan lolos, Arteta melakukan pergantian pemain dengan hanya William Saliba, Gabriel, dan Kai Havertz yang tetap berada di starting XI.

Hal tersebut mungkin berperan dalam awal pertandingan mereka yang lamban, dengan PSV yang lebih hidup di babak pertama.

Satu-satunya kekalahan tim asal Belanda ini musim ini adalah kekalahan 4-0 di Emirates Stadium, dan mereka bermain dengan bebas dan percaya diri di sini.

Aaron Ramsdale – salah satu dari delapan pemain Arsenal yang tampil dalam debutnya di Liga Champion – melakukan penyelamatan gemilang atas tendangan Saibari sebelum sundulan sang penyerang asal Amerika Serikat, Ricardo Pepi, membentur tiang gawang.

Arsenal bertahan dan memimpin melalui Nketiah, dalam sebuah jawaban yang sangat dibutuhkan untuk para pengkritik atas posisinya sebagai seorang penyerang di level Liga Champion.

PSV Eindhoven. Arsenal

Namun sejarah buruk mereka di Belanda terus berlanjut. Arsenal kini telah gagal meraih kemenangan dalam empat kunjungan terakhir mereka ke tim-tim Belanda di Eropa sejak kemenangan 2-1 di Liga Champions di Ajax pada September 2005.

Arteta jelas tidak puas dengan penampilan tersebut, dengan Ben White, Martin Odegaard dan Declan Rice yang semuanya digantikan di babak kedua.

Rice, yang biasanya dimainkan sebagai gelandang tengah, dimasukkan sebagai bek tengah menggantikan Saliba, dan Arteta mengatakan bahwa ia menggunakan permainan yang lebih rendah untuk mencoba berbagai skenario.

“Kami harus mencoba seolah-olah kami dalam keadaan darurat,” ujarnya. “Kami harus memahami dan memastikan bahwa kami dapat mengisi kekosongan itu dengan cara yang tepat.

“Dia [Rice] memiliki banyak ketenangan saat menguasai bola, dia memenangkan banyak duel untuk pemain seukurannya dan dia telah melakukannya di masa lalu. Dia adalah opsi yang bagus.”

Nonton Siaran Langsung Liga Inggris

Arteta memasukkan tiga pemain muda akademi di bangku cadangan – Lino Sousa, Reuell Walters dan Ethan Nwaneri – namun memilih untuk tidak memberi mereka waktu bermain.

Emile Smith Rowe masuk sebagai pemain pengganti di menit-menit akhir, pemain sayap ini membuat penampilan pertamanya sejak Oktober setelah mengalami cedera lutut.

 

Baca Juga

Perjalanan Manchester United Di Eropa Berakhir Usai Kalah Dari Bayern Munich 0-1

Prediksi Atletico Madrid vs Lazio 14 Desember 2023

Scott McTominay : Para Pemain Mendukung Penuh Erik ten Hag