Hat-trick Adebayo Bawa Luton Town Hancurkan Brighton 4-0

SEPAKBOLA.id – Luton Town mencetak dua gol dalam tiga menit pertama dan Elijah Adebayo mencetak hat-trick dalam kemenangan luar biasa atas Brighton yang membawa the Hatters keluar dari zona degradasi Liga Primer.

Adebayo membawa tuan rumah unggul saat ia menaklukkan penjaga gawang Seagulls, Jason Steele, untuk menyambut tendangan Carlton Morris saat pertandingan baru berjalan 18 detik.

Prediksi Bola Terakurat

Dan tuan rumah menggandakan keunggulan mereka kurang dari dua menit kemudian, Chiedozie Ogbene berhasil melewati jebakan offside Brighton dan menceploskan bola melewati Steele yang sedang berlari.

Leicester City adalah satu-satunya tim yang mampu unggul 2-0 lebih cepat dalam pertandingan Premier League, melawan Derby pada April 1998.

Adebayo mencetak gol keduanya dan gol ketiga Luton di akhir babak pertama setelah meneruskan umpan dari Ross Barkley, dan Jordan Clark mengira dia telah membuat skor menjadi 4-0 di awal babak kedua, namun dianulir oleh bendera offside.

Namun keunggulan Brighton hanya sementara, saat mantan striker Walsall Adebayo menyambar umpan sepak pojok Alfie Doughty untuk menjadi pemain Luton pertama yang mencetak hat-trick di divisi utama sejak Lars Elstrup saat menghadapi Norwich pada September 1990, dan yang pertama di Kenilworth Road sejak Mark Stein saat menghadapi Oxford pada Februari 1988.

Steele menggagalkan peluang Morris di menit-menit akhir dengan sebuah penyelamatan gemilang di tiang dekatnya, namun hal itu tidak banyak membantu Brighton untuk menghindari rasa malu di malam yang penuh keputusasaan bagi Roberto de Zerbi dan para pemainnya.

Hasil ini mengangkat Luton ke atas Everton dan keluar dari tiga tim terbawah, sedangkan Brighton turun ke peringkat delapan.

“Saya merasa – kami merasa – cara terbaik bagi kami untuk melaju di liga ini adalah dengan menyerang,” ujar manajer Hatters, Rob Edwards, kepada BBC Match of the Day. “Kami telah melakukan itu pada beberapa tim – begitulah cara kami bermain.

Luton Town. Brighton

“Dengan hasil dan penampilan seperti ini, beberapa orang mungkin akan lebih memperhatikannya. Kami akan terus memacu para pemain.

“Kami harus terus melangkah. Kami tidak boleh berhenti karena kami tidak cukup baik untuk melakukan itu.”

Sebelum pertandingan, kapten Luton, Tom Lockyer, disambut tepuk tangan meriah dari kedua kubu pendukung saat ia tampil untuk pertama kalinya di Kenilworth Road sejak mengalami serangan jantung pada laga Desember lalu di Bournemouth.

Adebayo Menjadi Pahlawan Saat Luton Town Bangkit

Edwards mengatakan sebelum pertandingan bahwa timnya telah “berevolusi” sejak kalah 4-1 di Brighton pada pertandingan pembuka Liga Primer mereka di bulan Agustus, namun tidak ada seorang pun di Kenilworth Road yang mengharapkan pembukaan pertandingan yang luar biasa.

Para pendukung Hatters baru saja beranjak dari tempat duduknya ketika Adebayo membawa tuan rumah unggul, dan usaha Ogbene tidak lama kemudian disambut dengan kekesalan yang hampir tidak dapat dipercaya oleh kedua kubu pendukung.

Hebatnya, itu adalah gol pertama Luton dalam 15 menit pertama pertandingan Liga Primer musim ini.

Tim asuhan Edwards seharusnya dapat unggul lebih jauh saat tendangan kaki kiri Clark diblok oleh Steele, namun mereka tidak perlu menunggu lama untuk mencetak gol ketiga saat Adebayo melepaskan tendangan mendatar yang melewati penjaga gawang Seagulls tiga menit sebelum turun minum.

Para pendukung tuan rumah meneriakkan “Kota tetap terjaga!” saat Adebayo melengkapi hat-tricknya di babak kedua – dan siapa yang bisa menyalahkan mereka setelah menyaksikan tim mereka memberikan penampilan yang tegas melawan tim Brighton yang akan tampil di babak 16 besar Liga Europa pada bulan Maret.

“Sepanjang karier saya, Anda memimpikan malam-malam seperti ini, [setelah] bermain di non-liga,” kata Adebayo, yang pernah dipinjamkan ke Slough Town dan Bognor Regis Town sebagai pemain muda di Fulham.

“Saya tidak bisa lebih bahagia lagi untuk para pemain yang ada di sana, yang telah melakukan perjalanan yang luar biasa.

“Ini adalah malam yang fantastis. Grup ini istimewa. Saya senang dengan penampilan semua orang.”

Ini merupakan kemenangan terbesar Luton di divisi utama sejak mengalahkan Southampton 6-1 di bulan Januari 1989, dan meskipun mereka masih memiliki lebih banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk mempertahankan status mereka di Liga Primer, hasil ini menunjukkan bahwa mereka memiliki kemampuan untuk mengacaukan prediksi pra-musim dan menghindari degradasi.

Luton Town. Brighton

Brighton Gagal Bangkit Dari Awal Yang Buruk

Brighton telah mencetak banyak gol untuk bersenang-senang di Piala FA di tahun 2024, namun mereka merasa lebih sulit untuk melakukannya di liga.

Setelah bermain imbang 0-0 secara beruntun melawan West Ham dan Wolves, the Seagulls gagal mencatatkan satu pun tendangan ke arah gawang hingga menit ke-77 dalam pertandingan di Kenilworth Road.

Mereka tidak lebih baik di sisi lain lapangan – justru sebaliknya.

Setelah awalnya merespon dengan baik atas awal yang buruk, the Seagulls kesulitan untuk mengatasi fisik Luton dan terlihat dalam bahaya kebobolan setiap kali tuan rumah maju ke depan.

Pergantian Tariq Lamptey dan Evan Ferguson di babak pertama tidak memberikan pengaruh, dan jika bukan karena bendera wasit dan penampilan gemilang dari Steele, Luton dapat saja menang dengan skor lima atau enam gol.

“Kami tidak bermain. Itu adalah pemadaman listrik,” kata De Zerbi kepada BBC Match of the Day. “Kami bermain dengan buruk. Semua orang harus bertanggung jawab – saya sendiri yang pertama.

Nonton Siaran Langsung Liga Inggris

“Saya merasa kasihan kepada para penggemar kami. Kami harus mengingat hari ini. Kami menderita karena hasil ini lebih dari yang dipikirkan orang.”

Cara kekalahan tersebut akan mengganggu para pendukung Brighton untuk beberapa waktu dan dengan pertandingan melawan rival Crystal Palace dan Tottenham yang akan datang, De Zerbi memiliki tugas untuk menghentikan penampilan buruk timnya di Liga Primer sejak pergantian tahun.

 

Bsca Juga

Arsenal Masih Tempel Ketat Liverpool, Berhasil Kalahkan Nottingham Forest 1-2

Prediksi Premier League Wolverhampton vs Manchester United 2 February 2024

Inter Miami Yang Diperkuat Lionel Messi Kalah Di Tangan Al Hilal 4-3 Dalam Pertandingan Persahabatan