Ketua Everton Bill Kenwright Tutup Usia Di Umur 78 Tahun

SEPAKBOLA.id – Ketua Everton, Bill Kenwright, seorang produser teater dan film terkenal di West End, telah meninggal dunia pada usia 78 tahun.

Kenwright menjalani operasi pengangkatan tumor kanker dari hatinya delapan minggu yang lalu.

Prediksi Bola Terakurat

Dia telah menjadi anggota dewan di Everton sejak 1989, mengambil alih jabatan ketua di Goodison Park pada 2004.

Pria asal Liverpool ini juga merupakan salah satu produser teater tersukses di Inggris dan memerankan Gordon Clegg di Coronation Street antara tahun 1968 dan 2012.

Kenwright dianugerahi CBE untuk jasanya pada film dan teater dalam Daftar Penghargaan Tahun Baru 2001.

Everton mengatakan bahwa mereka “berkabung” menyusul meninggalnya ketua terlama klub selama lebih dari satu abad.

“Klub telah kehilangan seorang ketua, pemimpin, teman, dan inspirasi,” tambah Everton.

Pada 12 Oktober, klub Liga Primer Inggris itu mengatakan Kenwright telah menjalani operasi pengangkatan tumor kanker dari hatinya enam minggu sebelumnya.

Everton mengatakan operasi itu “sepenuhnya berhasil”, tetapi komplikasi berarti Kenwright membutuhkan “waktu yang lama di unit perawatan intensif”.

Mengumumkan kematiannya pada hari Selasa, keluarga Kenwright mengatakan bahwa ia “meninggal dengan tenang” pada hari Senin malam “dikelilingi oleh keluarga dan orang-orang yang dicintainya”.

“Bill didorong oleh hasratnya dan mengabdikan hidupnya untuk itu; kecintaannya yang mendalam pada teater, film, musik, dan Everton yang dicintainya, serta keluarga yang mereka ciptakan,” demikian bunyi pernyataan keluarga.

“Dia memengaruhi kehidupan ribuan orang, baik itu melalui peluncuran karier maupun kesetiaan, kedermawanan, serta persahabatan dan dukungannya yang tak pernah padam.”

Dalam kariernya yang telah meraih berbagai penghargaan selama enam dekade, Kenwright telah menghasilkan lebih dari 500 produksi teater, film, dan album musik di West End, Broadway, tur keliling Inggris, serta produksi teater internasional.

“Kami akan mengenangnya dengan penuh cinta dan kekaguman – pertunjukannya tentu saja akan terus berlanjut, seperti yang dia inginkan, dan warisannya yang menjulang tinggi akan terus berlanjut,” tambah keluarganya.

Memimpin Everton selama hampir dua dekade

Kenwright menghabiskan 19 musim sebagai ketua Everton, mengawasi 12 kali finis di delapan besar Premier League, termasuk posisi keempat pada tahun 2005, sementara klub Merseyside itu juga menjadi finalis Piala FA pada tahun 2009.

Everton mengatakan bahwa ia telah memimpin klub melalui “periode perubahan yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam sepak bola Inggris”.

Pada Februari 2016, Kenwright menjual 49,9% saham klub kepada pengusaha Iran Farhad Moshiri, yang meningkatkan kepemilikannya menjadi 94% pada Januari 2022.

Namun dengan klub yang berjuang melawan degradasi musim lalu, sebuah kelompok penggemar Everton menyerukan agar Kenwright dipecat dan mengatakan bahwa mereka “tidak percaya” padanya sebagai ketua.

Kenwright dan jajaran direksi lainnya tidak dapat menghadiri pertandingan kandang musim lalu sejak Januari setelah apa yang digambarkan klub sebagai “korespondensi yang mengancam” diterima sebelum pertandingan melawan Southampton.

Kepala eksekutif Denise Barrett-Baxendale, kepala keuangan dan strategi Grant Ingles dan direktur non-eksekutif Graeme Sharp telah meninggalkan peran mereka di dewan direksi, tetapi Kenwright tetap menjabat sebagai ketua sampai kematiannya.

Pada bulan September, pemilik Moshiri setuju untuk menjual 94% sahamnya kepada dana investasi Amerika, 777 Partners.

Klub mengatakan bahwa Kenwright telah “bekerja keras” bersama Moshiri “sampai hari” operasi hatinya untuk membantu memfasilitasi pengambilalihan yang diusulkan.

Moshiri mengatakan bahwa ia “sangat sedih” dengan kematian “teman baiknya”.

“Bill adalah seorang yang memiliki kekuatan alam dan dia benar-benar mengubah hidup saya hampir 10 tahun yang lalu ketika dia pertama kali berbicara kepada saya untuk terlibat dengan klub yang dia kagumi,” kata Moshiri.

Nonton Siaran Langsung Liga Inggris

“Dia bercerita kepada saya tentang klub yang luar biasa ini, sebuah klub yang tidak hanya memiliki sejarah dan warisan, tetapi juga merupakan jantung dari komunitas kami dan untuk itu saya akan selalu berterima kasih.

“Dia adalah jiwa yang istimewa, seorang pria yang sukses dalam berbagai bidang kehidupan. Kami akan merindukannya tetapi tidak akan pernah melupakannya.”

 

Baca Juga

Manchester United Menang 1-0, Onana dan Maguire Jadi Pahlawan

Prediksi Young Boys vs Manchester City 26 Oktober 2023

Prediksi Newcastle United vs Borussia Dortmund 26 Oktober 2023