Liga ChampionsLiga Europa

Borussia Dortmund Mengalahkan PSG 1-0 Untuk Mencapai Final Liga Champions. Kylian Mbappé Tidak Dapat Melakukan Comeback

London memanggil, tetapi tidak untuk Kylian Mbappé.

SEPAKBOLA.id – Setelah peluit panjang berbunyi para pemain Borussia Dortmund langsung menghampiri para penggemar mereka yang mengenakan kaus kuning “London 24” dan bergabung dalam perayaan setelah mengalahkan Paris Saint-Germain untuk melaju ke babak final Liga Champions pada hari Selasa, Mbappé telah lama meninggalkan lapangan dengan rasa kekecewaan yang cukup dalam.

Stadion Wembley pada 1 Juni merupakan perhentian terakhir Borussia Dortmund untuk meraih trofi Liga Champions, bersamaan dengan sang mega bintang Kylian Mbappé akan memainkan pertandingan terakhirnya untuk PSG setelah gagal meraih trofi yang sangat diidamkan oleh pemilik klub asal Qatar yang kaya raya.

Prediksi Bola Terakurat

Bek tengah Borussia Dortmund, Mats Hummels membawa timnya ke final saat tim asal Jerman itu menang 1-0 atas PSG.

Beberapa saat setelah Warren Zaïre-Emery gagal mencetak gol untuk PSG, Hummels berdiri tanpa kawalan untuk menyundul bola berawal melalui tendangan sudut Julian Brandt dari sisi kiri di menit ke-50.

Borussia Dortmund unggul 2-0 secara agregat pada laga perebutan tiket final Liga Champions di Wembley dan sebagian besar laganya PSG  diperkuat oleh Kylian Mbappé, yang akan pergi di akhir musim ini.

PSG memberikan tekanan untuk Borussia Dortmund di menit-menit akhir.

Kiper andalan Borussia Dortmund, Gregor Kobel berhasil menepis tembakan mendatar Mbappé, lalu menepis tendangan jarak dekat Mbappé yang terdefleksi ke arah atas mistar gawang dengan penyelamatan gemilang. Penonton Parc des Princes bersorak ketika tendangan gelandang Vitinha dari jarak 25 meter membentur tiang gawang.

Laga terakhir Kylian Mbappé di Liga Champions berseragam PSG

Tim asuhan pelatih Edin Terzić akan menghadapi juara bertahan 14 kali Real Madrid atau juara enam kali Bayern Munchen pada tanggal 1 Juni di Wembley Stadium. Madrid dan Bayern bermain imbang 2-2 di leg pertama dan bermain pada Kamis dini hari untuk menentukan siapa yang akan melaju ke Final Liga Champions bersama dengan Borussia Dortmund.

“Sangat bangga. Saya sangat senang,” kata Terzić. “Kami mengalahkan tim seperti PSG dua kali dan kami kembali mencatatkan clean sheet. Kami memulai dengan sangat baik dan menjauhkan mereka dari gawang kami.”

Dortmund berada di jalur yang tepat untuk meraih trofi Champions League kedua setelah pernah meraihnya pada tahun 1997 dan trofi Eropa ketiga, setelah meraih Piala Winners UEFA yang kini sudah tidak lagi diadakan pada tahun 1966. Dortmund juga mencapai final Liga Champions pada tahun 2013, namun kalah dari Bayern.

“Tak dapat digambarkan. Setelah lebih dari 10 tahun, saya berada di final bersama Borussia lagi,” kata Marco Reus, gelandang veteran Dortmund yang akan meninggalkan tim setelah musim ini. “Bagaimana kami memenangkan pertandingan, tidak ada yang akan bertanya besok. Tembakan yang membentur tiang gawang tidak akan berpengaruh besok.”

Bagi PSG, ini adalah musim yang berakhir tanpa mengangkat trofi satupun, tak seperti apa yang diharapkan oleh pemilik Qatar yang terkenal kaya raya dengan menghabiskan banyak uang untuk membeli pemain bintang seperti Zlatan Ibrahimovic, Neymar, Lionel Messi, dan Mbappé. PSG juga pernah kalah di final Liga Champions pada tahun 2020 dari Bayern.

“Efisiensi, itulah yang kami tidak miliki,” kata kapten PSG, Marquinhos. “Kami seharusnya bertahan lebih baik. Mereka mencetak gol dari sepak pojok dan serangan balik (di leg pertama). Kami menciptakan lebih banyak peluang tetapi sayangnya mereka memenangkan kedua pertandingan.”

Saat para pemain Dortmund merayakan kemenangan, Mbappé terlihat tampak sedih saat ia berjalan dengan berat untuk terakhir kalinya dalam pertandingan Liga Champions dengan mengenakan seragam PSG. Rumor telah menyebar bahwa dia diperkirakan akan bergabung dengan Madrid pada musim berikutnya.

Beberapa saat sebelum gol Dortmund, tendangan Zaïre-Emery membentur tiang gawang dari jarak dua meter setelah Gonçalo Ramos menyambar umpan silang Mbappé dari sisi kiri.

Ketika gol Hummels, kiper PSG Gianluigi Donnarumma kembali tidak beranjak dari garisnya untuk merebut bola, ia melakukannya lagi seperti saat Barcelona mencetak gol melalui sepak pojok dari sisi kiri pada leg pertama perempat final.

Para pemain asuhan pelatih Luis Enrique terlihat gugup, bermain dengan hati-hati dan bertahan terlalu dalam di babak pertama, membuat Dortmund mampu menemukan ritme yang nyaman.

Mbappé tidak efektif dalam berupaya membangun serangan saat PSG kalah di leg pertama dan, meskipun memiliki kecepatan, Mbappé dan Ousmane Dembélé tetap kesulitan menemukan ruang di belakang pertahanan Dortmund yang terorganisir dengan baik, dengan gelandang Emre Can yang memberikan perlindungan yang baik.

Butuh waktu 30 menit untuk Mbappé dan Zaïre-Emery memberikan ruang bagi Dembélé di sisi kanan kotak penalti, namun ia gagal mencapai target.

Pemain sayap kiri yang cepat, Karim Adeyemi, hampir saja mencetak gol untuk Dortmund lima menit kemudian ketika sebuah serangan balik cepat membuka lini pertahanan PSG, namun Donnarumma berhasil menyelamatkan PSG dengan penyelamatan gemilang di bawah mistar gawang yang dia jaga.

Gol Hummel setidaknya membangunkan serangan PSG, namun Ramos gagal memanfaatkan peluang ketika tendangan keras dari bek kiri Nuno Mendes membentur tiang kiri gawang.

Dembélé kemudian melakukan penetrasi ke arah Hummels, dan terjadi pelanggaran di sekitar kotak pinalti. Wasit Daniele Orsato memberikan tendangan bebas.

Nonton Siaran Langsung Liga Inggris

Presiden PSG, Nasser Al-Khelaifi, menghitung berapa kali tendangan dari PSG membentur tiang atau mistar gawang yang dibuat oleh timnya.

Namun pada kenyataannya PSG kembali gagal, meskipun memiliki salah satu pemain terbaik dunia yaitu Kylian Mbappe.

PSG lolos ke babak sistem gugur pada pertandingan terakhir babak grup, kalah di Newcastle dan AC Milan dan berada di posisi kedua di bawah Dortmund. Secara keseluruhan, PSG kalah dalam lima pertandingan di kompetisi tersebut.

Pertandingan kandang terakhir Mbappe untuk PSG – yang telah meraih gelar juara Liga Prancis – akan berlangsung pada hari Minggu melawan Toulouse, dan pertandingan terakhirnya untuk klub pada 25 Mei di final Piala Prancis melawan Lyon.

 

Baca Juga

Crystal Palace 4-0 Manchester United: Eagles Menghajar Setan Merah

Ipswich Town Kembali Ke Liga Primer Setelah 22 Tahun

Prediksi Piala FA Manchester City vs Chelsea 20 April 2024

slot online

isb388