Liga Inggris

Wayne Rooney Resmi Diangkat Menjadi Pelatih Birmingham City

SEPAKBOLA.id – Birmingham City telah menunjuk Wayne Rooney sebagai manajer baru mereka.

Mantan kapten timnas Inggris berusia 37 tahun ini telah bergabung dengan klub Championship tersebut dengan kontrak selama tiga setengah tahun.

Prediksi Bola Terakurat

Rooney menggantikan pelatih kepala The Blues, John Eustace, yang dipecat pada hari Senin setelah 15 bulan bertugas.

Penunjukan mantan striker Everton dan Manchester United ini merupakan pergantian manajerial pertama yang dilakukan oleh pemilik baru The Blues asal Amerika Serikat, Shelby Companies Limited, sejak mereka mengambil alih klub ini pada bulan Juli.

Rooney akan didukung oleh mantan rekan setimnya di timnas Inggris dan asisten timnas Inggris U-21 saat ini, Ashley Cole, serta rekan lamanya di United, John O’Shea, yang merupakan asisten pelatih timnas pria Republik Irlandia.

Carl Robinson dan Pete Shuttleworth juga akan menjadi bagian dari staf ruang ganti Rooney setelah keduanya membantunya di DC United.

Ini akan menjadi pekerjaan ketiga Rooney di bidang manajemen setelah sebelumnya bekerja di klub MLS dan Derby County, dan pertandingan pertamanya adalah di Middlesbrough pada 21 Oktober.

“Wayne adalah seorang pemenang yang terlahir sebagai pemenang,” ujar salah satu pemilik dan ketua The Blues, Tom Wagner.

“Kami percaya, dengan dukungan dari staf pelatih, klub, dan para pendukung kami, ia akan membawa The Blues maju ke tahap berikutnya dalam perjalanan kami.

“Filosofi permainannya akan membantu mewujudkan ambisi yang telah kami tetapkan untuk Birmingham City.

“Wayne telah mempersiapkan diri untuk kesempatan seperti ini sejak dia memulai pendidikan kepelatihannya saat masih menjadi pemain di Manchester United.

“Dia dan stafnya mendapat dukungan penuh dari dewan direksi dan semua orang di klub sepak bola.”

Wayne Rooney Tidak Sabar Untuk Memulai

Rooney pensiun dari dunia sepak bola dan ditunjuk sebagai pelatih Derby pada Januari 2021, setelah sempat menjadi pelatih sementara.

Waktunya di Pride Park diwarnai oleh masalah di luar lapangan. Dia menyelamatkan mereka dari degradasi dari Championship dengan satu poin empat bulan setelah mengambil alih jabatan tersebut.

Namun selama musim penuh pertamanya sebagai pelatih pada 2021-22, the Rams mendapat pengurangan 21 poin karena pelanggaran administrasi dan EFL, di samping embargo transfer. Derby terdegradasi ke League One dan Rooney pergi pada Juni 2022 dengan klub masih dalam proses administrasi.

Dia kembali ke Inggris setelah lebih dari satu tahun bersama DC United yang berbasis di Washington.

“Saya sangat senang bisa bergabung dengan Birmingham City pada saat yang menyenangkan,” kata Rooney.

“Sangat jelas bahwa mereka memiliki rencana dan berkomitmen untuk mewujudkan ambisi mereka untuk klub.”

Rooney menambahkan bahwa ia dan The Blues “sepenuhnya selaras” dengan apa yang diharapkan darinya dan mengatakan bahwa “lingkungan yang menantang” yang ia hadapi telah membuat saya siap untuk kesempatan ini”.

“Ini adalah sebuah proyek yang memberikan saya tujuan dan saya tidak sabar untuk memulainya,” katanya.

“Saya memiliki cara yang jelas tentang bagaimana saya ingin tim ini bermain, dan saya dan staf pelatih akan bekerja keras untuk menerapkannya. Kami akan menciptakan budaya kemenangan di sini dengan identitas yang membuat para penggemar the Blues bersemangat.

Nonton Siaran Langsung Liga Inggris

“Tugas saya adalah membawa klub ini ke level berikutnya. Saya tahu apa ekspektasi yang diharapkan dan tugas kami adalah mewujudkannya.”

Kepala eksekutif Birmingham, Garry Cook, menyebut penunjukan Rooney sebagai “momen yang menentukan” bagi klub sebelum menambahkan bahwa sang pelatih baru akan langsung bekerja sama dengan direktur teknik Craig Gardner untuk mengevaluasi skuat dan mengidentifikasi target transfer potensial di bulan Januari.

 

Baca Juga

Salernitana Tunjuk Filippo Inzaghi Sebagai Pelatih Baru Gantikan Paulo Sousa

Lee Kang-in Mendapat Potongan Masa Tugas Wajib Militer Berkat Asian Games

Arab Saudi Berniat Membeli Valencia Dan Marseille

slot online

isb388