Wales Menang 2-0 Atas Latvia, Tetap Jaga Peluang Lolos Ke Putaran Selanjutnya

SEPAKBOLA.id – Wales meraih kemenangan yang sangat dibutuhkan, meskipun tidak sepenuhnya meyakinkan, di Latvia untuk membantu kampanye kualifikasi Euro 2024 mereka yang tidak terlalu baik dan meringankan tekanan pada sang pelatih, Robert Page.

Prediksi Bola Terakurat

Kapten Aaron Ramsey mengeksekusi tendangan penalti di menit ke-29 setelah Harry Wilson dilanggar, namun Wales menyia-nyiakan beberapa kesempatan di babak pertama saat menghadapi tim yang berada di peringkat 134 dunia.

Mereka hampir saja harus membayar atas penyelesaian akhir mereka yang sia-sia, saat Danny Ward melakukan penyelamatan atas tendangan Janis Ikaunieks dan tendangan Raimonds Krollis yang melebar tipis saat Latvia, yang berada di dasar klasemen Grup D, semakin percaya diri.

Namun meskipun Wales merasa gugup, sebuah tendangan halus dari pemain pengganti David Brooks di masa injury time telah memastikan kemenangan kedua mereka dalam 14 pertandingan untuk menyamakan kedudukan dengan tim yang ada di peringkat tiga, Armenia.

Wales masih menghadapi tugas berat untuk mencapai Euro 2024 dengan hanya dua tim teratas di setiap grup yang lolos secara otomatis.

Dan meskipun hanya kemenangan kedua sejak Juni 2022 yang disambut baik dalam keadaan apapun, ini adalah melawan tim Latvia yang terbatas, yang mengalami kekalahan kesembilan dalam 10 pertandingan kandang di kualifikasi Piala Eropa.

Posisi Page Masih Belum Aman

Masa depan Page telah menjadi subjek pengawasan ketat sejak ia mengawasi kekalahan di bulan Juni melawan Turki dan, yang paling merusak, di kandang sendiri oleh Armenia.

Kemenangan atas Latvia telah menghilangkan sedikit kesuraman, namun menurut para petinggi Asosiasi Sepak Bola Wales, posisi Page masih akan ditinjau kembali.

Mantan pelatih Northampton Town dan Port Vale ini merupakan seorang pahlawan nasional tahun lalu saat ia menjadi orang pertama yang membawa Wales ke Piala Dunia sejak tahun 1958.

Wales, Latvia

Namun, setelah mengalahkan Ukraina di final play-off Piala Dunia pada Juni 2022, Wales hanya meraih satu kemenangan dalam 13 pertandingan berikutnya, sebuah kemenangan kandang 1-0 atas Latvia pada bulan Maret.

Performa buruk tersebut memicu kritik pedas dari para pundit dan penggemar, banyak di antaranya menyerukan agar Page dipecat.

Terlepas dari ketidakpuasan tersebut, para pendukung Wales masih lebih banyak daripada pendukung Latvia di Stadion Skonto yang padat di Riga.

Mereka menyaksikan tim mereka langsung menguasai pertandingan, menciptakan sejumlah peluang di babak pertama yang dimulai dengan tendangan Brennan Johnson yang melambung di atas mistar gawang setelah menerima umpan terobosan dari Ethan Ampadu di menit kedua.

Ben Davies dan Wilson masing-masing memaksa penyelamatan dari penjaga gawang Latvia, Roberts Ozols – yang dimasukkan setelah mereka dihancurkan 5-0 di Kroasia pada hari Jumat – sementara Neco Williams dan Connor Roberts juga melewatkan beberapa kesempatan.

Setelah bertahan hampir setengah jam dari tekanan yang terus menerus, Latvia tertinggal karena kebodohan mereka sendiri, saat Kaspars Dubra menerobos masuk ke belakang Wilson dan memberi Wales sebuah tendangan penalti, yang dengan tenang ditendang Ramsey ke pojok kiri bawah gawang dan Ozols melakukan tendangan ke arah lain.

Wales menyia-nyiakan kesempatan yang ada dan, meskipun seharusnya mereka sudah tidak memiliki peluang, anak asuh Page menunjukkan tanda-tanda kerapuhan saat Latvia hampir saja menyamakan kedudukan sesaat sebelum jeda, saat tendangan Ikaunieks digagalkan oleh Ward.

Bahkan melawan lawan yang begitu lemah, yang seharusnya dapat membuat Wales unggul dengan selisih yang cukup besar, hal ini menjadi pengingat mengapa Page dan para pemainnya sangat kesulitan akhir-akhir ini.

Setelah Johnson menyia-nyiakan beberapa kesempatan di awal babak kedua, Latvia kembali mengancam saat tendangan rendah dari jarak 20 meter dari Krollis meleset tipis dari tiang gawang.

Tuan rumah mungkin beruntung dapat mempertahankan 11 pemain di dalam lapangan saat Ikaunieks dikartu merah karena menerjang Jordan James dengan keras, yang ditinjau oleh asisten wasit video, namun tidak berubah menjadi kartu merah.

Para pemain Wales sangat marah atas keputusan tersebut dan terlihat bersemangat saat Williams kembali hampir mencetak gol saat tendangannya digagalkan oleh Ozols, namun Latvia masih menjadi ancaman saat Ikaunieks melepaskan tendangan melengkung yang membentur tiang gawang.

Akhirnya, saat memasuki masa injury time, Wales berhasil menenangkan diri saat Wilson memberikan umpan kepada Brooks dan ia melakukan tendangan kaki kiri yang indah melewati Ozols dan masuk ke dalam gawang untuk menghibur para pendukung Wales yang telah bersorak sorai.

Nonton Siaran Langsung Liga Inggris

Menang dengan cara apapun yang memungkinkan adalah tujuan Wales di Riga dan, dalam hal itu, ini adalah sebuah misi yang telah tercapai.

Namun Page tahu bahwa akan ada peningkatan yang lebih jauh dan lebih besar jika dia ingin tetap menjadi manajer dalam jangka panjang.

 

Baca Juga

Portugal Bantai Luxembourg 9-0, Pertahankan Status Tak Terkalahkan

Prediksi Portugal vs Luxembourg 12 September 2023

Antony Menunda Untuk kembali Ke Manchester United Karena Kasus Yang Menjeratnya