Roberto Mancini Pensiun Dari Pelatih Timnas Italia

SEPAKBOLA.id – Roberto Mancini telah meninggalkan tim nasional Italia sebagai pelatih kepala, setahun sebelum upaya mereka untuk mempertahankan Euro 2024.

Hanya sepuluh bulan sebelum kampanye Euro Italia akan dimulai di Jerman, mantan manajer Manchester City ini meninggalkan posisinya..

Prediksi Bola Terakurat

Mancini, 58 tahun, menjadi pelatih Azzurri pada tahun 2018 setelah bertugas di Zenit St. Petersburg.

Kemudian, dalam turnamen debutnya sebagai pelatih, ia membawa mereka meraih kemenangan di Euro 2020 dengan mengalahkan Inggris di final Wembley.

Kemudian, meski berhasil menjadi juara Eropa, nasib Italia berbalik saat mereka gagal lolos ke Piala Dunia di Qatar.

“Federasi Sepak Bola Italia mengumumkan bahwa mereka telah menerima pengunduran diri Roberto Mancini dari posisi pelatih tim nasional Italia, yang diterima kemarin malam.

Italia finis di posisi ketiga pada putaran final Nations League 2021 dan 2023 di bawah arahan Mancini.

Dia mengawasi awal perjalanan kualifikasi Euro 2024 mereka di awal tahun lalu, ketika timnya kalah dari Inggris di kandang sendiri 2-1 sebelum menang di Malta 2-0.

Demikian pernyataan dari FIGC yang disampaikan oleh jurnalis Italia, Gianluca DiMarzio:

“Oleh karena itu, ini menutup halaman penting dalam sejarah Azzurri, yang dimulai pada Mei 2018 dan diakhiri dengan putaran final Nations League 2023, dan di antaranya, kemenangan di Euro 2020, kemenangan yang ditaklukkan oleh sebuah grup yang di dalamnya semua individunya tahu bagaimana caranya menjadi sebuah tim.

“Dengan mempertimbangkan komitmen yang penting dan dekat untuk kualifikasi UEFA Euro 2024 (10 dan 12 September dengan Makedonia Utara dan Ukraina), FIGC akan mengomunikasikan nama pelatih baru tim nasional dalam beberapa hari ke depan.”

Roberto Mancini terkenal karena telah memimpin Italia melalui 36 pertandingan tanpa kekalahan. Rekornya di akhir masa jabatannya adalah 37 kemenangan, 15 kali seri, dan 9 kali kalah.

Pada tanggal 17 Oktober, Italia akan menghadapi Inggris di Wembley. Mereka akan bersaing dengan Makedonia Utara, Ukraina, dan Malta untuk sementara.

Nonton Siaran Langsung Liga Inggris

Dengan Inggris yang memimpin klasemen setelah memenangkan empat dari empat pertandingan pertama mereka, Italia saat ini berada di posisi ketiga di Grup C kualifikasi Euro 2024. Namun, Italia baru bertanding dalam dua pertandingan sejauh ini. Mereka mengalami kekalahan 2-1 atas tim asuhan Gareth Southgate pada bulan Maret tahun ini sebelum mengalahkan Malta 2-0 beberapa hari sebelumnya.

Keluarnya Mancini jauh dari kata ideal, mengingat perebutan gelar juara Italia di Jerman dapat terjadi dalam waktu 10 bulan dari sekarang.

 

Baca Juga

Kepa Arrizabalaga Di Pinjamkan Chelsea Ke Real Madrid Untuk 1 Musim

Neymar Ikutan Merumput Ke Liga Arab, Gabung Ke Al-Hilal

Chelsea Gaet Gelandang Brighton Moises Caicedo