Jumlah Pendapatan Manchester City Usai Raih Treble

SEPAKBOLA.id – Manchester City telah membukukan rekor pendapatan Liga Premier sebesar £712,8 juta (sekitar Rp13,7 triliun) untuk tahun keuangan 2022-23.

Ini melebihi rekor £648,4 juta yang dibukukan bulan lalu oleh Manchester United dan naik £99,8 juta dari tahun sebelumnya.

Prediksi Bola Terakurat

Keuntungan City sebesar £80,4 juta meningkat dari rekor klub tahun lalu sebesar £41,7 juta.

Angka-angka tersebut muncul setelah musim di mana mereka menjadi klub Inggris kedua setelah Manchester United pada tahun 1999 yang memenangkan Treble Premier League, Piala FA dan Liga Champions.

Pendapatan tersebut lebih kecil dari €990 juta (£861,43 juta) yang dicatat Barcelona pada tahun 2019, meskipun validitasnya telah dipertanyakan karena jumlah ‘luar biasa’ yang ditambahkan ke dalam angka pendapatan secara keseluruhan.

“Setelah kemenangan Liga Champions di Turki dan selesainya ‘Treble’, pertanyaan yang paling sering ditanyakan kepada saya adalah ‘Bagaimana Anda bisa melampaui itu?”,” kata ketua City, Khaldoon al-Mubarak.

“Jawabannya adalah dengan menggandakan filosofi dan praktik yang telah terbukti yang telah membawa kami pada kesuksesan ini dan menantang diri kami sendiri untuk terus berinovasi secara konstan untuk mencapai tingkat kinerja yang baru, baik di dalam maupun di luar lapangan.

“Kami akan terus mempertanyakan semua norma-norma industri, mengevaluasi keberhasilan kami dan belajar dari kegagalan.

“Keberhasilan hari ini berarti investasi lebih lanjut untuk hari esok. Kesehatan finansial dan kesuksesan kami di dalam lapangan berarti semua orang yang terhubung dengan Manchester City dapat menatap masa depan dengan penuh semangat.

“Pencapaian kolektif kami memberi saya keyakinan besar bahwa bersama-sama kami dapat mencapai lebih banyak lagi di tahun-tahun mendatang.”

Laporan keuangan klub mengungkapkan peningkatan di semua aliran pendapatan utama. Pendapatan siaran meningkat 20,2% menjadi £299,4 juta. Manchester City mengatakan hal ini “terutama” disebabkan oleh kesuksesan mereka di Liga Champions dan Piala FA.

Hal ini juga menegaskan pada 6 Februari 2023, City dirujuk ke komisi untuk “sejumlah dugaan pelanggaran peraturan Liga Premier”. Klub mengulangi pernyataannya sebagai tanggapan bahwa mereka “menyambut baik” tinjauan tersebut dan bahwa mereka memiliki “bukti yang tak terbantahkan” untuk mendukung posisinya.

Tagihan gaji City naik hampir £70 juta menjadi £422,89 juta dan klub berkomitmen untuk membayar lebih dari £262 juta dalam bentuk “biaya transfer, biaya perekrutan dan bonus loyalitas” jika persyaratan yang ditetapkan terpenuhi.

Nonton Siaran Langsung Liga Inggris

Klub meraup keuntungan sebesar £121,7 juta dari perdagangan pemain pada tahun keuangan 2022-23 dan mengatakan total transfer yang dilakukan setelah 30 Juni 2023, yang mencakup kedatangan Jeremy Doku, Mateo Kovacic, Josko Gvardiol dan Matheus Nunes, ditambah dengan kepergian Cole Palmer, Riyad Mahrez, Aymeric Laporte, dan James Trafford menelan biaya sekitar £84 juta.

 

Baca Juga

Napoli Pecat Rudi Garcia Dan Tunjuk Walter Mazzarri Sebagai Penggantinya

Jude Bellingham Dan Levi Colwill Ditarik Dari Timnas Inggris

Cristiano Ronaldo Bertekat Juarai Euro 2024 Bersama Portugal