Birmingham City Pecat Pelatih Utama John Eustace, Wayne Rooney Penyebabnya?

SEPAKBOLA.id – Birmingham City telah berpisah dengan pelatih kepala John Eustace setelah 15 bulan bertugas.

Klub Championship ini berada di urutan keenam dalam klasemen setelah kemenangan derby 3-1 atas West Bromwich Albion pada hari Jumat.

Prediksi Bola Terakurat

The Blues yang dimiliki oleh Amerika Serikat telah dikaitkan dengan mantan kapten timnas Inggris, Wayne Rooney, yang baru saja meninggalkan perannya sebagai pelatih tim Major League Soccer, DC United.

Klub mengatakan bahwa penunjukan pelatih baru akan segera dilakukan dan akan didorong untuk mengadopsi pendekatan “tanpa rasa takut”.

“Manajer tim utama yang baru akan diumumkan dalam beberapa hari mendatang yang akan bertanggung jawab untuk menciptakan identitas dan gaya bermain ‘tanpa rasa takut’ yang jelas yang akan diadopsi dan dianut oleh semua tim Birmingham City,” demikian pernyataan klub.

“Sangat penting bahwa dewan direksi dan manajemen sepak bola sepenuhnya selaras dalam hal pentingnya menerapkan mentalitas pemenang dan budaya ambisi di seluruh klub sepak bola.”

Eustace pergi setelah 15 bulan bertugas, sebuah periode bagi klub yang mencakup dua tawaran pengambilalihan yang gagal, potensi risiko pengurangan poin dan ancaman degradasi sebelum pemilik baru Shelby Companies Limited, yang dipimpin oleh pengusaha Amerika Tom Wagner, mengambil alih pada 13 Juli.

The Blues sejak saat itu telah didukung oleh masukan keuangan dari superstar olahraga global Tom Brady – dan indikasi awal adalah bahwa mereka menginginkan nama besar lainnya dan sedang menunggu untuk memasang mantan striker Everton, Manchester United, Derby County dan Inggris, Rooney.

Peran pertama Rooney dalam manajemen di Inggris datang di Derby dalam situasi yang sulit, saat mereka mengalami kesulitan keuangan yang berkepanjangan dan akhirnya diambil alih dua musim lalu.

Sebagian besar waktu Eustace bersama the Blues datang dengan latar belakang yang sama – dan secara umum dianggap bahwa ia telah melakukan pekerjaan yang baik dalam mengarahkan the Blues ke posisi 17 di Championship musim lalu, mengamankan posisi mereka dengan tiga pertandingan tersisa.

Birmingham City juga memulai musim ini dengan baik, memenangkan tiga dari empat pertandingan pertama mereka di liga sebagai bagian dari awal tak terkalahkan dalam lima pertandingan di semua kompetisi.

Mereka kemudian menjalani tujuh pertandingan tanpa kemenangan pada saat Eustace dikaitkan dengan lowongan manajerial di klub raksasa Skotlandia, Rangers.

Namun the Blues memperbaiki keadaan pekan lalu dengan dua kemenangan kandang dalam empat hari, di mana mereka mencetak tujuh gol dan kembali naik ke peringkat enam.

Birmingham City Pecat Pelatih Utama John Eustace, Wayne Rooney Penyebabnya?
Wayne Rooney

Nama Rooney telah beredar di media sosial selama beberapa pekan, sebelum ia meninggalkan DC United – dan ketika nama Eustace yang sangat diunggulkan pertama kali dikaitkan dengan Rangers.

Dia mengatakan kepada Talksport pada hari Senin bahwa dia akan kembali ke Inggris untuk menemui keluarganya, tetapi akan tertarik jika ada tawaran pekerjaan yang cocok “pada bulan Oktober atau November”.

Dewan The Blues yang baru mengikuti langkah yang diambil oleh dewan sebelumnya yang menginginkan orang mereka sendiri yang bertanggung jawab.

Keputusan besar pertama mereka setelah mengambil alih pada tahun 2016 adalah memecat Gary Rowett saat The Blues berada di posisi yang sangat mirip, ketujuh di Championship, menyamai poin tim di urutan keenam, dan menggantinya dengan nama besar dalam diri Gianfranco Zola.

Namun Zola hanya memenangkan dua dari 24 pertandingan sebagai pelatih sebelum akhirnya dipecat enam bulan kemudian pada bulan April. Dan, meskipun penggantinya, Harry Redknapp, berhasil mempertahankan klub, mereka telah memulai periode belanja pemain baru yang berlebihan yang melanggar peraturan financial fair play Liga Sepak Bola Inggris dan menyebabkan sanksi poin.

Sejak saat itu, The Blues telah mengalami enam kali pergantian pelatih, dengan Steve Cotterill, Garry Monk, Pep Clotet, Aitor Karanka dan Lee Bowyer, semuanya memiliki masa jabatan sebelum Eustace.

Jika Rooney ditawari pekerjaan itu, seperti yang diharapkan, dia akan menjadi penunjukan ketujuh klub hanya dalam waktu lebih dari enam tahun.

Nonton Siaran Langsung Liga Inggris

Klub saat ini tidak memiliki pertandingan hingga laga tandang ke Middlesbrough pada 21 Oktober karena jeda internasional.

Setelah kepergiannya dari St Andrew’s, Eustace, mantan pemain incaran Rangers saat masih menjadi pemain utama ketika Mark Warburton masih menjadi pelatih delapan tahun yang lalu, kini dengan cepat dipasang oleh para bandar taruhan sebagai unggulan untuk mengisi kekosongan di Ibrox.

 

Baca Juga

Inggris Dan Irlandia Menjadi Tuan Rumah Euro 2028

Sevilla Pecat Jose Luis Mendilibar Dari Posisi Pelatih

Brighton Dan Liverpool Harus Puas Berbagi Poin Setelah Imbang 2-2