Aston Villa Buat Kejutan Dengan Tumbangkan Manchester City 1-0

Sepakbola.id – Tendangan Leon Bailey yang terdefleksi memberikan Aston Villa kemenangan yang sangat layak atas Manchester City, saat penampilan buruk tim tamu terus berlanjut.

Villa tampil lebih baik saat menghadapi sang juara bertahan yang sedang tidak bersemangat, yang kini telah menjalani empat pertandingan Liga Primer tanpa kemenangan untuk pertama kalinya dalam lebih dari tujuh tahun terakhir.

Nonton Siaran Langsung Liga Inggris

City sekali lagi kehilangan pengaruh dari Rodri yang terkena skorsing, setelah kalah dalam lima pertandingan terakhir mereka ketika sang pemain Spanyol tidak dapat bermain, namun tidak ada yang dapat mengurangi penampilan luar biasa dari Villa yang telah menunjukkan perkembangan luar biasa di bawah kepelatihan Unai Emery.

Villa tampil tanpa rasa takut sejak awal pertandingan, dengan sang penjaga gawang City, Ederson, melakukan dua penyelamatan gemilang di awal pertandingan dari Pau Torres dan Bailey, sedangkan sang lawan, Emi Martinez, tampil gemilang dalam menggagalkan peluang dari Erling Haaland, yang terjadi dua kali secara beruntun.

City kurang tenang dan beberapa kali terlihat kacau, dan terobosan Villa terjadi 16 menit sebelum pertandingan usai ketika tendangan Bailey dari tepi kotak penalti mengenai Ruben Dias dan bola melambung melewati Ederson yang tidak berdaya.

Kemenangan ini membawa Villa, yang kini telah memenangkan 14 pertandingan kandang berturut-turut di Liga Primer, ke peringkat ketiga klasemen, sementara City terpaut enam poin dari pemuncak klasemen, Arsenal.

Aston Villa. Manchester City

Aston Villa Berubah Menjadi Tim Yang Tangguh

Emery menghasilkan perkembangan yang luar biasa di Villa dan cara tegas yang mereka tunjukkan saat mengalahkan sang peraih Treble musim lalu dapat dikatakan sebagai demonstrasi terbaik dari pengaruhnya sejauh ini.

Aston Villa mengamankan kemenangan kandang ke-14 mereka di liga secara beruntun dengan penampilan berkualitas tinggi yang dipadukan dengan intensitas dan organisasi yang kuat, yang merupakan ciri khas dari sang manajer.

22 tembakan yang dilepaskan Villa ke gawang Ederson merupakan jumlah terbanyak yang pernah dihadapi oleh Pep Guardiola sejak ia mengambil alih City, dengan total hanya dua tendangan, yang merupakan cerminan yang cukup baik atas keunggulan tuan rumah.

Kecepatan dan kecerdikan Bailey menyiksa City di lini depan, sedangkan John McGinn merupakan lambang dari sikap tak kenal lelah Villa yang mereka pertahankan hingga peluit akhir.

Jika City berhasil menyamakan kedudukan, yang sepertinya tidak mungkin terjadi di tahap ini, hal tersebut akan menjadi sebuah perampokan dan sangat menyiksa Villa.

Pada akhirnya Villa dapat bertahan dengan nyaman, bahkan terlihat semakin berpeluang untuk mencetak gol saat pertandingan memasuki waktu tambahan.

Sambutan yang meriah untuk Emery dan para pemainnya setelah peluit akhir pertandingan ditiup benar-benar pantas.

“Kami mempersiapkan pertandingan dengan mencoba untuk mendapatkan penampilan yang baik secara kolektif,” kata Emery. “Kami melakukan pekerjaan yang baik secara defensif dengan tekanan tinggi dan kami mencoba untuk menjadi agresif.

“Kami memainkan pertandingan yang fantastis, tetapi masih ada pekerjaan yang harus dilakukan untuk hari Sabtu [di kandang Arsenal]. Kiper menyelamatkan kami dalam satu atau dua aksi.

“Kami merasa lebih nyaman dan kami terhubung dengan para pendukung kami, mereka mendorong kami.

“Ketika Anda bermain melawan Manchester City, Anda harus mendapatkan momen-momen terbaik Anda dan mencoba mengendalikan permainan. Kami menciptakan peluang tetapi itu adalah pertandingan yang sangat sulit.

Aston Villa. Manchester City

“Leon Bailey adalah pemain yang sangat bagus, dan terkadang – pemain yang luar biasa. Tantangan kami bersamanya adalah untuk tampil konsisten. Ia bermain dengan luar biasa dan saya akan mencoba membuatnya melakukan hal yang sama pada hari Sabtu. Ia tampil fantastis dan kami bisa menikmatinya bersama dia.”

Manchester City Yang Kehilangan “Semangat”

Penurunan performa Manchester City hampir tidak dapat dikatakan sebagai sebuah krisis, namun empat pertandingan liga tanpa kemenangan ini tidak diragukan lagi akan menjadi sumber kekhawatiran bagi Guardiola.

Ya, City tidak diperkuat oleh Rodri, namun terdapat banyak hal lain di balik kekalahan ini selain ketidakhadirannya.

City, secara luar biasa, tidak memiliki kreativitas dan beberapa kali kalah oleh rasa lapar dan determinasi Villa dalam atmosfer Villa Park yang sengit.

Dalam tiga hasil imbang sebelumnya – atas Chelsea, Liverpool, dan Tottenham – City dapat dengan mudah mengklaim bahwa mereka bermain cukup baik untuk meraih kemenangan, namun mereka tidak dapat melakukan hal tersebut kali ini.

Mereka berada di posisi kedua terbaik di sepanjang pertandingan dan peningkatan tempo dan tekanan di dalam Villa Park yang diharapkan terjadi setelah jeda tidak terjadi.

Prediksi Bola Terakurat

City, tentu saja, kehilangan sang pemain kelas dunia, Kevin De Bruyne, yang mengalami cidera, dan sang mantan kapten, Ilkay Gundogan, masih belum dapat digantikan dengan baik. Mungkin juga terdapat sedikit rasa mabuk dari Treble yang luar biasa musim lalu.

Hanya orang bodoh yang akan mempertanyakan atau mengabaikan tim secemerlang City asuhan Guardiola, namun tidak diragukan lagi bahwa ada sesuatu yang hilang dari tim yang biasanya merupakan mesin sepak bola yang apik.

 

Baca Juga

Liverpool Terus Tempel Ketat Arsenal, Kalahkan Sheffield 0-2

Dua Gol McTominay Pastikan Kemenangan Manchester United Atas Chelsea 2-1

Mauricio Pochettino Pastikan Christopher Nkunku Tidak Akan Bermain Melawan Manchester United