Skotlandia Menuju Jerman Usai Lakoni Laga Sarat Gol 3-3 Kontra Norwegia

SEPAKBOLA.id – Kampanye kualifikasi Euro 2024 Skotlandia yang sukses berakhir dengan hasil imbang yang mendebarkan saat gol penyeimbang di menit-menit akhir dari Mohamed Elyounoussi memberi Norwegia satu poin di Hampden.

Nonton Siaran Langsung Liga Inggris

Tim asuhan Steve Clarke telah mengamankan tempat mereka di Jerman musim panas mendatang, namun harus menetukan posisi kedua di Grup A, dengan Spanyol, seperti yang diharapkan, mengalahkan Georgia untuk memenangkan bagian tersebut.

Skotlandia dua kali mengejar ketertinggalan di babak pertama, dengan gol-gol ceroboh yang dicetak oleh Aron Donnum dan Jorgen Larsen yang dibatalkan oleh tendangan penalti John McGinn dan gol bunuh diri Leo Ostigard.

Gol dari Stuart Armstrong sepertinya akan memberikan kemenangan lain di depan para pendukung Tartan Army yang bergembira, sebelum mantan pemain sayap Celtic, Elyounoussi, memanfaatkan sebuah umpan lambung yang luar biasa untuk menyamakan kedudukan di menit-menit akhir.

Skotlandia kini menantikan undian Euro 2024 bulan depan, di mana mereka akan berada di pot ketiga.

Dengan absennya beberapa pemain kunci, ini merupakan kesempatan bagi para pemain untuk tampil mengesankan. Skotlandia memulai dengan empat pemain belakang namun, dengan tidak tampilnya pemain seperti Kieran Tierney dan Andy Robertson, mereka terlihat terbuka, khususnya di babak pertama.

Norwegia mendapatkan keuntungan saat Oscar Bobb yang tampil luar biasa menyebabkan kekacauan, Larsen mengalahkan lini pertahanan lawan dan Donnum menyambar bola liar melalui defleksi dari Nathan Patterson dan mengenai tiang gawang.

Respon yang cepat di depan para pendukung Tartan Army yang sedang berpesta, bertekad untuk merayakan kelolosan mereka ke Jerman.

Setelah McGinn terjebak di tepi kotak penalti, tendangan bebas berhasil ditepis, namun tendangan berikutnya membentur lengan Donnum dan McGinn mencetak gol ke-18 di level internasional dari titik penalti.

Kontribusinya telah dibayangi oleh penampilan Scott McTominay di musim ini, namun tepuk tangan meriah yang diterima sang gelandang Aston Villa saat masuk sebagai pemain pengganti menjelaskan semuanya saat ia naik ke peringkat enam dalam daftar pencetak gol terbanyak Skotlandia sepanjang masa, bersama dengan Kenny Miller.

Skotlandia kembali kecolongan, ketika mereka gagal mempertahankan bola dari sisi kanan dan Larsen menyambar bola di depan Clark yang putus asa untuk mencetak gol. Lagi-lagi, lini pertahanan mereka terlihat mencurigakan.

Skotlandia, Norwegia

Namun, tim asuhan Clarke kembali merespon ketika Kenny MacLean melakukan sundulan dari tendangan sudut McTominay dan bola memantul dari Ostigard dan melewati garis gawang.

Skotlandia semakin menguasai jalannya pertandingan setelah jeda dan Armstrong terlihat telah memastikan kemenangan dengan penyelesaian yang baik setelah melakukan pertukaran yang sangat baik dengan McGinn.

Norwegia tidak akan menyerah begitu saja, saat gocekan Julian Ryerson membuat Clark tidak dapat melakukan penyelamatan dan Elyounoussi memastikan kemenangan dengan sundulan ke tiang gawang untuk memberikan sedikit hiburan atas kegagalan mereka untuk lolos langsung.

Prediksi Bola Terakurat

Statistik Pertandingan
  • Skotlandia telah kebobolan dua kali atau lebih dalam lima pertandingan internasional berturut-turut untuk pertama kalinya sejak tujuh pertandingan dari Mei 1960 hingga April 1961.
  • Tidak pernah sejak kemenangan 5-3 atas Wales pada Mei 1969, Skotlandia mencetak dan kebobolan tiga gol dalam satu pertandingan.
  • Skotlandia telah mencetak lebih dari tiga gol dalam tiga (atau lebih) pertandingan berbeda dalam satu kampanye kualifikasi untuk pertama kalinya sejak melakukannya di kualifikasi Euro 2008 (juga tiga pertandingan).
  • Setelah memenangkan lima pertandingan beruntun di semua kompetisi, Skotlandia sejak itu gagal memenangkan satu pun dari lima pertandingan terakhir mereka (S2 K3) – rekor tanpa kemenangan terpanjang sejak Maret 2021 (S3 K2).
  • Gol Donnum (02:45) merupakan gol paling awal yang dicetak Norwegia dan kebobolan paling awal Skotlandia di musim ini.
  • Ini adalah pertama kalinya Skotlandia mencetak dan kebobolan dua gol atau lebih di babak pertama pertandingan sejak September 2015, dalam kualifikasi Euro melawan Jerman.
  • Larsen telah terlibat langsung dalam enam gol dalam lima penampilan terakhirnya untuk Norwegia (3 gol, 3 assist); dia tidak memiliki gol atau assist dalam enam penampilan internasional senior pertamanya untuk negara sebelumnya.

 

Baca Juga

Prediksi Spanyol vs Georgia 20 November 2023

Prediksi Portugal vs Islandia 20 November 2023

Manchester City Mempertimbangkan Merekrut Kembali Leroy Sane