Mantan Pelatih Inggris Terry Venables Meninggal Dunia Di Usia 80 Tahun

SEPAKBOLA.id – Mantan manajer Inggris, Terry Venables, meninggal dunia pada usia 80 tahun setelah lama menderita sakit.

Venables melatih Inggris dari tahun 1994 hingga 1996, terutama membawa mereka ke semifinal Euro 96 di kandang sendiri.

Prediksi Bola Terakurat

Sebagai mantan pemain Inggris, ia juga pernah menangani Barcelona dan Tottenham.

“Kami sangat terpukul dengan kehilangan seorang suami dan ayah yang luar biasa yang meninggal dunia dengan tenang kemarin setelah lama menderita sakit,” demikian pernyataan keluarga.

“Kami meminta agar privasi diberikan pada saat yang sangat menyedihkan ini untuk memungkinkan kami berduka atas kehilangan pria yang baik ini yang sangat beruntung memiliki dia dalam hidup kami.”

Venables memenangkan La Liga dan mencapai final Piala Eropa bersama Barcelona, dan mengangkat Piala FA bersama Tottenham.

Sebagai seorang pemain, ia memenangkan dua caps bersama timnas Inggris dan tampil lebih dari 500 kali bersama klub antara tahun 1960 dan 1975, sebagian besar untuk Chelsea, Queens Park Rangers dan Tottenham.

Karier ‘El Tel’

Terry Venables yang bermain di posisi gelandang bergabung dengan Chelsea pada tahun 1958 saat berusia 15 tahun dan melakukan debutnya melawan West Ham pada tahun 1960.

Dia kemudian memainkan 202 pertandingan liga untuk Chelsea, termasuk memenangkan Piala Liga, sebelum bermain di Tottenham, QPR dan Crystal Palace.

Venables beralih ke dunia kepelatihan bersama Malcolm Allison di Divisi Tiga Palace setelah pensiun sebagai pemain pada musim 1974-75.

Dia menggantikan Allison pada tahun 1976 dan, setelah memenangkan promosi ke Divisi Dua pada tahun 1977, membawa mereka ke divisi utama sebagai juara pada tahun 1979.

Empat tahun bersama QPR – dan promosi ke Divisi Utama – terjadi antara tahun 1980 dan 1984, sebelum Venables ditunjuk sebagai manajer Barcelona atas rekomendasi dari pelatih timnas Inggris, Bobby Robson.

Terry Venables

Dijuluki ‘El Tel’, Venables membawa Barca meraih gelar La Liga pada tahun 1985 – gelar pertama mereka sejak 1974 – dan final Piala Eropa musim berikutnya, di mana mereka kalah dari Steaua Bucharest melalui adu penalti.

Dia dipecat oleh Barcelona pada tahun 1987 dan kembali ke sepak bola Inggris untuk melatih Tottenham, memenangkan Piala FA pada tahun 1991.

Namun Venables dipecat pada tahun 1993 setelah hubungannya dengan ketua Alan Sugar memburuk.

Di tahun yang sama, program Panorama dari BBC menuduh adanya transaksi yang tidak sesuai dengan bisnis Venables, yang ditanggapi olehnya dengan ancaman pencemaran nama baik.

Terry Venables sempat diabaikan sebagai manajer Inggris ketika Graham Taylor mengambil alih jabatan tersebut pada tahun 1990, namun akhirnya ditunjuk pada tahun 1994.

Inggris lolos sebagai tuan rumah untuk Kejuaraan Eropa 1996, di mana mereka meraih kemenangan yang tak terlupakan atas Belanda dan Skotlandia.

Nonton Siaran Langsung Liga Inggris

Venables mengundurkan diri setelah kekalahan di semifinal di Wembley.

Dia kemudian melatih Australia, Palace, Middlesbrough dan Leeds United.

Dia kembali ke timnas Inggris sebagai asisten Steve McClaren pada tahun 2006, tetapi pergi setelah mereka gagal lolos ke Euro 2008.

 

Baca Juga

Gol Spektakuler Garnacho Bawa Manchester United Raih Kemenangan Atas Everton 0-3

Tottenham Hotspur Terhenti, Aston Villa Curi Kemenangan 1-2

Real Sociedad Kalahkan Sevilla 2-1, Ramos Kembali Di Kartu Merah