Mantan Kepala Sepakbola Cina Chen Xuyuan Dihukum Penjara Seumur Hidup

SEPAKBOLA.id – Dalam sebuah keputusan penting yang menggarisbawahi tindakan keras tanpa henti Cina terhadap korupsi di kalangan olahragawannya, mantan ketua asosiasi sepak bola nasional Cina, Chen Xuyuan, telah dijatuhi hukuman penjara seumur hidup karena menerima suap. Perkembangan ini menandai puncak dari salah satu penyelidikan anti-korupsi yang paling ekstensif dalam sejarah sepak bola Cina.

Prediksi Bola Terakurat

Chen Xuyuan, yang berusia 67 tahun, merupakan tokoh penting dalam dunia administrasi sepak bola Cina. Hukumannya menyoroti korupsi yang telah lama menjangkiti olahraga ini, menodai reputasinya dan menghalangi performa tim nasional. Beratnya hukuman yang dijatuhkan menggarisbawahi komitmen teguh pemerintah untuk membasmi korupsi di semua tingkatan.

Pengungkapan dari serial dokumenter yang disiarkan di televisi mengungkap sejauh mana aktivitas terlarang Chen. Dia mengaku menerima sejumlah besar uang, termasuk ransel yang sarat dengan uang tunai, dari pejabat sepak bola setempat yang mencari bantuan. Pengakuan seperti itu menjadi semakin umum di tengah-tengah kampanye anti-korupsi Presiden Xi Jinping, yang tidak membiarkan sektor mana pun tak tersentuh.

Temuan pengadilan merinci penyalahgunaan kekuasaan yang dilakukan Chen di berbagai posisi yang dipegangnya antara tahun 2010 dan 2023, terutama di Asosiasi Sepak Bola Tiongkok (CFA). Dengan memanfaatkan pengaruhnya, Chen memfasilitasi kesepakatan terlarang terkait kontrak proyek, operasi investasi, dan pengaturan acara olahraga, mengakumulasi keuntungan yang diperoleh secara ilegal dengan total lebih dari 81 juta yuan (setara Rp 177 milyar).

Konsekuensi dari tindakan Chen bergema di luar kesalahan pribadinya. Keputusan pengadilan menekankan ‘kerusakan luar biasa’ yang ditimbulkan pada perkembangan sepak bola China, yang mencerminkan dampak yang lebih luas dari korupsi di arena olahraga.

Nonton Siaran Langsung Liga Inggris

Hukuman Chen bukanlah insiden yang terisolasi. Beberapa pejabat tinggi sepak bola lainnya, termasuk Chen Yongliang, Liu Lei, Yu Hongchen, dan Dong Zheng, juga menghadapi pengawasan hukum, dengan hukuman mulai dari delapan hingga 14 tahun. Tindakan keras ini menggemakan upaya-upaya sebelumnya, seperti hukuman pada tahun 2012 terhadap mantan ketua CFA, Xie Yalong dan Nan Yong.

 

Baca Juga

Ashley Cole Mendapat Kehormatan Masuk Premier League Hall of Fame

USA Juarai Concacaf Nations League Usai Kalahkan Meksiko 2-0

Nottingham Forest Ajukan Banding Atas Pengurangan Poin

slot online

isb388