Chelsea Bisa Diperiksa Atas Pembayaran Oleh Roman Abramovich

SEPAKBOLA.id – Chelsea dapat menghadapi pengawasan lebih lanjut dari otoritas sepak bola atas laporan pembayaran yang terkait dengan mantan pemilik klub, Roman Abramovich.

Nonton Siaran Langsung Liga Inggris

The Guardian telah melaporkan bahwa berkas-berkas yang bocor menunjukkan bahwa miliarder asal Rusia tersebut menggunakan perusahaan-perusahaan luar negeri untuk melakukan transaksi senilai puluhan juta poundsterling kepada para agen dan rekanannya, yang nampaknya untuk kepentingan klub, dan bisa saja melanggar peraturan keuangan jika tidak diumumkan secara resmi.

Pengungkapan ini kemungkinan akan meningkatkan pertanyaan tentang bagaimana Abramovich, yang memiliki Chelsea selama 19 tahun hingga ia dijatuhi sanksi oleh pemerintah Inggris pada tahun 2022, mendanai periode kesuksesan yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Asosiasi Sepak Bola dan Liga Primer sudah menyelidiki potensi pelanggaran aturan keuangan oleh klub.

Chelsea didenda £8,6 juta oleh Uefa pada bulan Juli sebagai bagian dari penyelesaian karena melanggar aturan Financial Fair Play sebagai akibat dari “menyerahkan informasi keuangan yang tidak lengkap” antara 2012 dan 2019.

Pelanggaran tersebut dilaporkan oleh pemilik baru Stamford Bridge menyusul penjualan klub kepada konsorsium yang dipimpin oleh investor Amerika Todd Boehly dan perusahaan ekuitas swasta Clearlake Capital.

Baik FA maupun Premier League menolak untuk berkomentar ketika investigasi mereka sedang berlangsung. Pada tahap ini belum jelas apakah penyelidikan mereka terkait dengan informasi yang dilaporkan sendiri oleh Chelsea atau apakah ini juga termasuk tuduhan baru yang dilaporkan oleh Guardian.

Seorang juru bicara Chelsea mengatakan: “Tuduhan ini sudah ada sebelum kepemilikan klub saat ini. Tuduhan ini didasarkan pada dokumen yang belum ditunjukkan oleh klub dan tidak berhubungan dengan individu yang saat ini berada di klub.”

Juru bicara tersebut mengatakan bahwa selama pembelian klub, para pemilik saat ini menyadari adanya “potensi pelaporan keuangan yang tidak lengkap terkait transaksi historis selama kepemilikan klub sebelumnya”.

Mereka menambahkan: “Segera setelah penyelesaian pembelian, klub secara proaktif melaporkan sendiri masalah ini kepada semua regulator sepak bola yang berlaku.

“Sesuai dengan prinsip-prinsip inti grup kepemilikan klub yaitu kepatuhan penuh dan transparansi, klub telah secara proaktif membantu regulator yang berlaku dalam penyelidikan mereka dan akan terus melakukannya.”

Abramovich membeli Chelsea pada tahun 2003 dan menginvestasikan jutaan dolar selama hampir dua dekade saat klub tersebut memenangkan Liga Champions pada tahun 2012 dan 2021, serta lima gelar Liga Premier.

Dia terpaksa menjual klub tahun lalu setelah aset-asetnya dibekukan oleh pemerintah menyusul invasi Rusia ke Ukraina.

Klub dapat didenda dan diberi pengurangan poin jika mereka terbukti bersalah melanggar aturan keuangan.

Juara Liga Primer Inggris, Manchester City, didakwa melakukan lebih dari 100 pelanggaran aturan keuangan pada bulan Februari. Klub telah membantah melakukan kesalahan keuangan.

Pada bulan Mei, Everton dirujuk ke komisi independen oleh Premier League atas dugaan pelanggaran peraturan FFP. Mereka juga telah membantah melakukan kesalahan.

Awal pekan ini, BBC melaporkan dokumen yang bocor mengungkapkan jejak uang yang menghubungkan Abramovich dengan dua orang yang dijuluki “dompet” Presiden Vladimir Putin.

BBC Newsnight, BBC Verify dan Panorama bermitra dengan Bureau of Investigative Journalism untuk mengungkap pengungkapan tersebut sebagai bagian dari Cyprus Confidential – sebuah investigasi global yang dipimpin oleh para reporter di International Consortium of Investigative Journalists (ICIJ) dan Paper Trail Media.

Prediksi Bola Terakurat

Mereka menuduh bahwa dokumen-dokumen yang bocor dari Siprus mengungkapkan bukti baru yang mengaitkannya dengan kesepakatan rahasia senilai 26 juta poundsterling pada tahun 2010.

Abramovich sebelumnya telah membantah adanya hubungan keuangan dengan pemimpin Rusia tersebut.

 

Baca Juga

Jumlah Pendapatan Manchester City Usai Raih Treble

Napoli Pecat Rudi Garcia Dan Tunjuk Walter Mazzarri Sebagai Penggantinya

Jude Bellingham Dan Levi Colwill Ditarik Dari Timnas Inggris