Mengenal Ilaix Moriba

0
592

Sepakbola.id, Mengenal Ilaix Moriba – Ilaix Moriba mencuri perhatian usai bikin gol untuk Barcelona saat melawan Osasuna. Gelandang 18 tahun itu digadang-gadang jadi bintang masa depan Barcelona.

Barcelona pulang dengan poin penuh dari lawatannya ke markas Osasuna dalam lanjutan Liga Spanyol. Bertanding di El Sadar Stadium, Minggu (7/3/2021) dini hari WIB, Blaugrana menang dengan skor 2-0.

Gol kedua Barcelona di laga itu diciptakan oleh Ilaix Moriba pada menit ke-83. Dia menjebol gawang Osasuna lewat tendangan dari depan kotak penalti setelah menerima bola sodoran dari Lionel Messi.

Bagi Moriba, gol tersebut amat bersejarah. Itu adalah gol pertamanya untuk tim senior Barcelona.

Siapa, sih, Ilaix Moriba?

Lahir di Guinea pada 19 Januari 2003, Moriba kemudian menghabiskan sebagian besar hidupnya di Spanyol. Dia bahkan memegang paspor Spanyol dan sudah tampil untuk timnas U-17 dan U-18.

Moriba gabung La Masia dari Espanyol pada 2010. Sempat dikabarkan diincar Juventus, Manchester City, dan Chelsea, dia kemudian meneken kontrak profesional dengan Barcelona pada Januari 2019.

Dia menandatangani kontrak yang berlaku sampai 2022 dan bernilai 1,7 juta euro per tahun. Tak tanggung-tanggung, Barcelona juga langsung memagari Moriba dengan klausul rilis senilai 100 juta euro!

Ilaix Moriba kerap dibanding-bandingkan dengan Paul Pogba. Dia disebut tak takut untuk menggiring bola sendiri ke depan alih-alih mengoper.

“Secara fisik dia sangat kuat, tapi dia juga pemain yang sangat cerdas. Kebanyakan orang tak mengapresiasi ini,” ujar mantan pelatih Moriba di Juvenil A Barcelona, Denis Sila Puig, kepada Bleacher Report pada 2019.

“Di sini dia disebut ‘Pogba-nya Barca’ karena dia seperti Pogba muda, tapi juga sangat cerdas dan itu adalah potensi besarnya. Dia pemain top, tidak diragukan.”

“Dia sedikit, mungkin modern dalam pengertian sepakbola Inggris. Senang memilikinya di Barca.”

Ilaix Moriba kemudian menembus tim utama Barcelona pada musim 2020/2021 ini. Dia melakukan debutnya bersama tim utama Barcelona dalam pertandingan Copa del Rey melawan Cornella pada Januari lalu.

Moriba menjalani pertandingan pertamanya di LaLiga dalam laga melawan Deportivo Alaves pada pertengahan Februari. Tampil sebagai starter, Moriba main selama 64 menit dan ikut menyumbang assist untuk gol Trincao.

Pertandingan melawan Osasuna merupakan penampilan ketiga Moriba di Liga Spanyol musim ini. Performanya itu mendapat pujian dari Ronald Koeman.

“Ilaix mencetak gol fantastis, gol yang menentukan hasil akhir laga,” ujar Koeman usai pertandingan.

“Dia memperjuangkan dan mendapat kesempatannya. Dia bagus dengan bola dan dia anak yang kuat. Setiap kali dia masuk, dia memberi sesuatu yang ekstra untuk tim terlepas dari usianya dan pantas dapat kesempatan main.”

“Bagi saya, yang paling penting adalah kami kompetitif. Umur tidak penting, ini soal apa yang saya lihat di lapangan,” kata Koeman soal Ilaix Moriba.