Johann Zarco Capai Kecepatan 362,4 km/jam, Rossi Sampaikan Bahwa Itu Berbahaya!

0
744

Sepakbola.id, Johann Zarco Capai Kecepatan 362,4 km/jam, Rossi Sampaikan Bahwa Itu Berbahaya! – Rekor kecepatan puncak (top speed) MotoGP berhasil dipecahkan Johann Zarco pada sesi latihan bebas empat (FP4) GP Qatar 2021, Sabtu 27 Maret malam WIB. Menurut Valentino Rossi, laju kencang itu sungguh berbahaya.

Sebuah momen pada FP4 menarik perhatian pecinta balapan motor. Johann Zarco mampu melewati Valentino Rossi dengan relatif mudah di trek lurus Sirkuit Internasional Losail, Qatar.

Rider berkebangsaan Prancis itu melesat hingga menyentuh kecepatan 362,4 kilometer per jam (km/jam) di lintasan lurus. Angka tersebut memecahkan rekor kecepatan MotoGP di semua jenis sirkuit.

Valentino Rossi berdecak kagum melihat laju kencang bak peluru tersebut. Ia yakin para penggemar menyukai laju kencang motor-motor MotoGP. Namun, kecepatan puncak di atas 330 km/jam saja dinilainya sudah berbahaya.

“Apakah kecepatan itu berbahaya? Buat saya, lewat dari 330 km/jam saja sudah sangat berbahaya,” ujar Valentino Rossi, sebagaimana dimuat Speedweek, Minggu (28/3/2021).

“Angka 330-360 km/jam sungguh luar biasa. Menurut saya, semua penggemar balap motor akan senang melihat angka tersebut. Simpel saja, impresif. Namun, tentu saja, kecepatan itu sungguh berbahaya,” lanjut The Doctor.

Jika dibandingkan dengan kecepatan puncak Yamaha (dalam hal ini Valentino Rossi), angka yang ditorehkan Johann Zarco sungguh bikin mata membelalak. Bila Zarco mencatatkan kecepatan 362,4 km/jam, Rossi hanya bisa melaju paling kencang 347,2 km/jam (pada FP4).

Selisih 15 km/jam tersebut sangat terasa di lintasan lurus. Para penunggang Ducati bisa melewati lawan atau membuka jarak dengan cukup mudah dari pesaingnya.

Bila di Qatar saja Ducati bisa memecahkan rekor, Valentino Rossi cukup yakin rekor lainnya bakal pecah di Mugello. Sirkuit yang menjadi tuan rumah MotoGP Italia itu punya lintasan lurus lebih panjang ketimbang Losail.

“Ducati selalu impresif. Jika mereka bisa memecahkan rekor di sini (Qatar), mereka bisa saja lebih cepat lagi di Mugello,” tandas Valentino Rossi.