Piala Menpora 2021 Berikan Regulasi Resmi Head to head

0
721

Sepakbola.id, Piala Menpora 2021 Berikan Regulasi Resmi Head to head – Fase grup Piala Menpora 2021 segera berakhir dan berpotensi akan ada hitung-hitungan soal siapa yang berhak lolos ke perempatfinal. Begini regulasi resminya.

Dari 17 klub yang berpartisipasi, cuma delapan klub di antaranya yang berhak melaju ke babak selanjutnya. Rinciannya; dua tim teratas dari masing-masing klub yang akan lolos atau totalnya delapan klub.

Yang menjadi soal, bagaimana kalau ada dua klub atau lebih yang mempunyai nilai sama? Soal ini, Panitia Pelaksana (OC) Piala Menpora sudah menentukan regulasinya.

Pada poin nomor dua ayat F di Regulasi Piala Menpora, penentuan peringkat Piala Menpora mengacu kepada; poin, head to head, selisih gol, dan agresivitas gol.

Apabila terdapat dua klub atau lebih memiliki nilai yang sama, maka penentuan peringkat ditentukan berdasarkan kriteria dan urutan yang sudah ditetapkan.

a) head to head dengan urutan kriteria;

i. jumlah nilai yang lebih tinggi didapat masing-masing klub dari pertandingan-pertandingan yang telah dimainkan, hanya di antara klub terkait yang memiliki jumlah nilai yang sama.

ii. selisih gol yang lebih baik dari masing-masing klub dari pertandingan yang telah dimainkan hanya di antara klub-klub terkait yang memiliki jumlah nilai yang sama.

iii. jumlah gol memasukkan masing-masing klub dari pertandingan yang telah dimainkan hanya di antara klub terkait yang memiliki nilai yang sama.

Jika prosedur head to head tak bisa lagi dijalankan sesuai urutan dan pada akhirnya tidak bisa menetapkan peringkat bagi tim yang memiliki jumlah nilai yang sama, maka berlaku ketentuan berikutnya;

b) selisih gol Klub-klub terkait dalam seluruh Pertandingan yang telah dimainkan di grup tersebut;

c) jumlah gol memasukkan dari masing-masing Klub dalam seluruh Pertandinganyang telah dimainkan di grup tersebut;

d) Nilai lebih rendah dari hasil perhitungan perolehan kartu kuning dan kartu merah dalam seluruh Pertandingan di grup tersebut (sesuai dengan Lampiran 1 Penentuan Peringkat Fair Play);

e) Undian dengan mekanisme sebagai berikut :

i. Dihadiri oleh Pelatih kepala dan kapten tim yang memiliki nilai sama;

ii. Undian dipimpin oleh Match Commissioner di Grup tersebut dan disaksikan oleh perwakilan OC, tim peserta yang lain, media (secara virtual).