Shakedown Test MotoGP Digelar di Sirkuit Losail Hari Ini

0
657

Sepakbola.id, Shakedown Test MotoGP Digelar di Sirkuit Losail Hari Ini – Shakedown Test MotoGP 2021 akan dilangsungkan hari ini, Jumat (5/3/2021) di Sirkuit Losail, Qatar. Akan tetapi, bagi sebagian orang mungkin masih ada yang bingung atau belum mengetahui arti dari shakedown test ini.

Shakedown test merupakan uji coba yang dilakukan oleh para pabrikan yang beralaga di MotoGP untuk memeriksa apakah mesin baru yang mereka kembangkan berjalan dengan benar atau tidak. Sebagaimana diketahui, memasuki musim baru, tim-tim pun mengembangkan motor balap baru juga.

Sebagian besar motor MotoGP memerlukan tes ini untuk mecari tahu kekurangan yang ada. Dengan demikian, tim-tim akan menjadi lebih siap ketika melangsungkan tes resmi (official test) maupun balapan yang sesungguhnya.

Kendati demikian, patut dicatat bahwa tidak semua pembalap bisa ikut serta dalam shakedown test ini. Karena, tes ini hanya diperuntukkan bagi pembalap penguji dari setiap pabrikan, pendatang baru (rookie), dan tim konsesi di awal musim.

Motor balap MotoGP pasalnya jauh berbeda dengan motor balap yang digunakan di ajang Moto2 apalagi Moto3. Maka dari itu, bagi para pembalap pendatang baru, mereka membutuhkan waktu untuk beradaptasi.

Pada saat shakedown test itulah kesempatan bagi para pendatang baru untuk menjajal motor balap anyar mereka. Dengan demikian, mereka bisa mempunyai gambaran perihal bagaimana cara terbaik mengendarai kuda besi tersebut sebelum musim balap yang sesungguhnya dimulai.

Mengingat line-up pembalap untuk MotoGP 2021 sudah tercantum, maka bisa diketahui siapa-siapa saja yang akan melakukan shakedown test hari ini. Salah satunya adalah adik tiri Valentino Rossi, Luca Marini.

Luca Marini merupakan pembalap baru di ajang MotoGP. Musim lalu ia masih tampil di ajang Moto2. Namun, dalam gelaran kali ini ia tergabung dengan tim Esponsorama Ducati di kelas premier bersama dengan Enea Bastianini yang juga merupakan seorang rookie.

Selain mereka berdua, pembalap pendatang baru lainnya yang berlaga di ajang MotoGP 2021 adalah Lorenzo Savadori dan Jorge Martin. Savadori akan membela tim balap Aprilia Gresini, sedangkan Jorge Martin merupakan pembalap anyar Pramac Ducati.

Setelah shakedown test, MotoGP baru akan menggelar tes pramusim. Tes ini akan dikuti oleh semua pembalap di MotoGP, termasuk pembalap debutan dan juga test rider. Tes pramusim MotoGP 2021 akan berlangsung di Sirkuit Losail juga dan berlangsung selama lima hari, yakni pada 6, 7, 10, 11, dan 12 Maret 2021.