Pertandingan Piala Menpora 2021, Persija Kalahan Borneo FC 4-0

0
2626

Sepakbola.id, Pertandingan Piala Menpora 2021, Persija Kalahan Borneo FC 4-0 – Persija Jakarta meraih kemenangan perdana di Piala Menpora 2021. Melawan Borneo FC di matchday kedua Grup B, Macan Kemayoran menang telak 4-0.

Di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Sabtu (27/3/2021), gol-gol kemenangan Persija dibagi rata oleh Marco Motta (45+4′), Osvaldo Haay (50′), Yann Motta (65′), dan Marko Simic di menit ke-88.

Hasil ini membuat Persija membuka peluang lolos ke perempatfinal. Riko Simanjuntak dkk kini ada di urutan ketiga klasemen Grup B dengan mengoleksi tiga poin, hanya kalah dari Bhayangkara Solo FC dan PSM Makassar yang punya 4 poin.

Persija akan menjalani laga penentuan melawan Bhayangkara FC pada Rabu (31/3). Sedangkan bagi Borneo FC, hasil ini membuat mereka dipastikan tersingkir karena belum meraih poin dari dua laga.

Jalannya pertandingan

Persija berusaha menekan sejak awal. Marko Simic punya peluang lewat tendangan bebas di menit ke-15, namun tembakannya diblok pagar hidup Borneo FC.

Borneo FC tak mau diam saja. Pesut Etam punya kans lewat Guy Junior di menit ke-21, tapi masih melambung di atas gawang Persija yang dijaga Andritany Ardhiyasa.

Peluang emas diperoleh Persija di menit ke-30. Kerja sama Novri Setiawan dan Tony Sucipto di sisi kanan pertahanan Borneo FC berujung crossing yang sukses disundul oleh Ramdani Lestaluhu, namun bola masih mengarah ke pelukan kiper Gianluca Pandeynuwu.

Di injury time, Simic hampir mencetak gol untuk Persija, namun Gianluca berhasil memblok sepakan jarak dekat penyerang Kroasia itu.

GOL! Persija unggul di injury time babak pertama. Sepak pojok Marc Klok disambut Marco Motta dengan sundulannya. Bola bersarang telak di gawang Borneo FC. Skor 1-0 bertahan hingga jeda.

Di babak kedua, keunggulan Persija bertambah di menit ke-50. Tendangan Andritany dari kotak penalti sendiri coba dihalau Ahmad Surahman, namun sapuannya malah mengarah kepada Osvaldo Haay.

Pemain 22 tahun ini kemudian berlari membawa bola dan menuntaskan peluang tersebut dengan sepakan mendatar yang tak bisa dihalau Gianluca. Persija memimpin 2-0.

Osvaldo HaayOsvaldo Haay merayakan gol kedua Persija. Foto: Dok. Persija
Borneo langsung berusaha bangkit. Muhammad Sihran melakukan percobaan tembakan jarak jauh di menit ke-53, namun bola masih jauh dari sasaran.

Nyaris! Umpan terobosan Ramdani Lestaluhu kepada Tony di menit ke-55 hampir saja berbuah gol ketiga Persija, namun sepakan Tony masih melebar di samping kanan gawang Borneo FC, yang kini dijaga Angga Saputro.

Borneo FC belum menyerah. Wildansyah punya peluang lewat sepak pojok di menit ke-61, tapi sundulannya melebar di sisi kanan.

GOL! Persija semakin menjauh dari kejaran Borneo FC. Di menit ke-65, sepak pojok Marc Klok sukses disundul Yann Motta dan masuk ke gawang Angga. Skor menjadi 3-0.

Dominasi Persija dipertegas oleh Simic di menit ke-88. Osvaldo Haay yang masuk ke kotak penalti Borneo FC memberikan umpan kepada Simic yang ada di depan gawang lawan.

Sepakan pertama Simic sempat diblok Angga, namun memantul kembali kepadanya dan bola langsung dituntaskan striker 33 tahun itu menjadi gol. Skor 4-0 bertahan hingga usai.

Starting line-up

Borneo FC: Gianluca, Wildansyah, Javlon, Komang, Leo, Ahmad, Arya Putra, Sihran, Terens, Sultan Samma, Guy Junior

Persija Jakarta: Andritany, Thiago Motta, Yann Motta, Otavio Dutra, Novri, Tony Sucipto, Klok, Ramdani, Nico, Osvaldo Haay, Simic