Jaga Keselamatan Para Pembalap, MotoGP Wajibkan Panel Lampu Disemua Lintasan

0
82

MotoGP | Sepakbola.id – Menjaga keselamatan para rider MotoGP terus ditingkatkan, salah satu cara yang digunakan panitia penyelenggara adalah menggunakan panel lampur disetiap lintasan. Hal ini mulai dilakukan pada tahun 2022. Sebagaimana diketahui, MotoGP dan F1 memang merupakan ajang balap yang penuh risiko bagi para pembalapnya. Terlebih jika mengetahui seberapa cepat para pembalap MotoGP atau F1 melintas di atas lintasan.

Bahkan MotoGP 2020 hampir saja memakan korban pada saat kepala Valentino Rossi nyaris terkena motor Franco Morbidelli di Sirkuit Red Bull Ring. Beruntungnya, Rossi masih bisa selamat dari insiden tersebut.

Demi menghindari hal-hal tak diinginkan terjadi, MotoGP dan F1 pun bakal melakukan salah satu upaya untuk menjaga keselamatan pembalapnya. Ya, MotoGP dan F1 mulai pada 2022 bakal menggunakan panel lampu di setiap lintasan yang jadi penyelengara balapan kedua ajang tersebut.

Pada Kamis kemarin, MotoGP dan F1 sempat melakukan diskusi dengan Federasi Balap Motor Internasional (FIM) serta Federasi Balap Mobil Internasional (FIA). Dari hasil disuksi itu, lantas munculnya aturan pengguanaan panel lampu pada 2022 di setiap lintasan penyelengara balapan MotoGP dan F1.

F1 sendiri sebenarnya sudah menerapkan regulasi ini di setiap balapan mereka dalam beberapa musim terakhir. Namun lantaran panel lampu tersebut merupakan milik promotor kejuaraan, maka perangkat ini dicopot setelah gelaran F1 berakhir.

Akan tetapi dengan adanya kesepakatan ini, maka aturan dasar balapan di MotoGP dan F1 pun bakal mengalami perubahan. Di 2022, semua lintasan yang menggelar balapan ajang di bawah naungan FIM bakal melakukan instalasi spek panel lampu T1 dan T2 yang sudah dihomologasi.

Hal yang sama juga dilakukan oleh seluruh lintasan balap yang menggelar ajang-ajang di bawah naungan FIA. Namun khusus sirkuit yang memiliki grade 3, maka harus dipasangi dengan panel lampu spek T3.

Pihak FIM dan FIA sendiri beberapa saat lalu sudah sama-sama mengeluarkan pernyataan resmi mereka terkait aturan baru tersebut. Keduanya sama-sama memiliki tujuan untuk bisa menjaga keselamatan para pembalapnya dari insiden yang dihindari.

“Ini adalah langkah penting dalam kolaborasi antara FIA dan FIM soal tingkat keselamatan sirkuit. Langkah ini akan memastikan bahwa setiap kejuaraan yang menggelar balapan di trek-trek berlevel tinggi bisa mendapatkan akses pada inovasi-inovasi terbaru dalam keselamatan,” ucap Head of Circuit and Rally Safety FIA, Stuart Robertson, seperti disadur dari Crash, Jumat (27/11/2020).

“FIM dan FIA memiliki ikatan kuat soal tingkat keselamatan dan langkah ini memperkuat kooperasi kami. Membuat panel lampu ini bersifat wajib di sirkuit-sirkuit FIM untuk MotoGP, Superbike, dan Endurance World Championships akan membantu kami memastikan adanya tingkat keselamatan tertinggi bagi semua kejuaraan yang menggelar balapan di trek-trek berlevel top,” tambah Circuit Racing Commission Director FIM, Franck Vayssie.

Joan Mir Gak Peduli Disebut Beruntung Bisa Jadi Juara MotoGP 2020 | Sepakbola.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here