Quartararo Ternyata Punya Ritual Khusus Sebelum Balapan

0
138

MotoGP | Sepakbola.id – Beberapa rider MotoGP ternyata punya ritual unik sebelum balapan, Fabio Quartararo salah satunya. Rider asal Prancis tersebut ingin menjadi orang pertama yang menyalakan Mesin motornya. Biasanya, tugas tersebut diserahkan kepada mekanik. Namun, Fabio Quartararo rela melakukannya sendiri. Ia tidak segan memegang alat khusus untuk memantik mesin motor di garasi.

Kepada laman resmi MotoGP, Fabio Quartararo mengungkap alasannya. El Diablo mengaku dirinya adalah bagian dari tim. Ia selalu ingin terlibat dalam kerja tim, termasuk membantu mekaniknya dalam bekerja.

“Pada tes di Valencia (2018), saya bertanya apakah bisa mencoba menyalakan mesin motor. Semua kru tertawa karena mereka tidak mengerti mengapa ada pembalap mau melakukan hal itu,” ungkap Fabio Quartararo, dikutip dari Speedweek, Minggu (31/1/2021).

“Setiap kali saya berada di garasi dan melihat mekanik menyiapkan motor, saya selalu membantu mereka. Saya ini bukan hanya pembalap, tetapi juga bagian dari tim,” imbuh pembalap berusia 21 tahun tersebut.

Alasan Fabio Quartararo tersebut sungguh mulia. Ia sadar, tanpa kerja keras para mekanik, motornya tidak akan siap untuk dipakai balapan. Karena itu, Quartararo ingin selalu membantu mekaniknya untuk hal sekecil apa pun.

“Tanpa para mekanik dan teknisi, motor saya tidak akan bekerja dengan optimal. Saya ingin menjadi bagian dari tim, bukan hanya pembalap yang naik ke atas motor dan mengendarainya di sirkuit,” lanjut Fabio Quartararo.

“Tim terasa seperti keluarga. Kami semua adalah manusia biasa, sama seperti anggota tim lainnya. Jika saya menang, sangat penting untuk menyebut kami sudah memenangi balapan, bukan hanya saya. Sebab, orang-orang bekerja sama kerasnya dengan saya,” tutup pembalap kelahiran Nice itu.

Ritual tersebut mungkin saja dilanjutkan oleh Fabio Quartararo pada Kejuaraan Dunia MotoGP 2021. Namun, aksinya itu baru akan terlihat setidaknya pada Tes Pramusim MotoGP 2021 di Sirkuit Internasional Losail, Qatar, pada Maret mendatang.

Jika benar dilanjutkan, maka kerja teknisi Tim Monster Energy Yamaha akan sedikit terbantu. Ya, Fabio Quartararo akan membela tim pabrikan Yamaha itu pada MotoGP 2021, menggantikan Valentino Rossi.

Dovizioso Hanya Mau Dengan Honda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here