Berita MotoGP – Musim ini menjadi musim terakhir Cal Crutchlow bersama Honda. Karena musim depan dia bakal bergabung dengan Yamaha. Rider Inggris tersebut menolak tawaran perpanjangan kontrak dari Honda. Crutchlow memang tak melanjutkan kerja samanya dengan Honda usai lima enam musim membela tim satelit mereka, yakni LCR Honda. Pembalap asal Inggris itu pun memilih berlabuh ke tim lamanya, yakni Yamaha.

Tetapi, Crutchlow takkan lagi menyandang status sebagai pembalap di tim tersebut. Ia akan bekerja sebagai test rider atau pembalap penguji di Yamaha mulai tahun depan. Crutchlow menggantikan peran Jorge Lorenzo yang sebelumnya bekerja di posisi tersebut di sepanjang musim 2020.

Sebelum memilih hijrah ke Yamaha, Crutchlow mengaku ditawari Honda posisi sebagai pembalap pengganti. Tetapi, ia menolaknya karena menilai ada kemungkinan bahwa dirinya bakal terlibat lebih banyak dalam balapan.

“Saya tidak pernah mendapat apa pun dari mereka secara tertulis, tetapi rencananya lebih ke arah pembalap pengganti. Saya suka Alberto Puig, saya selalu mengatakan dia memiliki pengaruh besar pada penawaran Honda saya selama bertahun-tahun,” ujar Crutchlow, sebagaimana dikutip dari Paddock GP, Rabu (18/11/2020).

Meski Berat, Dovizioso Tetap Tinggalkan Ducati

“Dia selalu mendukung saya. Dia seperti saya, baiklah. Dia kecewa saat mengetahui di awal musim bahwa saya tidak lagi bersama Honda. Tapi, tidak semua ada di tangannya, saya mengerti situasinya,” lanjutnya.

“Alberto ingin mempertahankan saya di HRC dengan satu atau lain cara. Tapi sebagai pembalap pengganti, itu akan menjadi pekerjaan yang berat seperti tentang MotoGP dan Kejuaraan Dunia Superbike. Saya tidak terlalu tertarik karena di MotoGP dan WSBK akan ada enam pembalap yang bisa saya gantikan,” tuturnya.

“Jadi mungkin saya harus berlari sepanjang tahun. Tapi, saya sangat bersyukur dan selalu berbicara sangat terbuka dan jujur ​​dengan Alberto. Yang juga saya sukai, dia sangat bahagia ketika saya memberi tahu tentang kesepakatan saya dengan Yamaha,” jelas Crutchlow.

Honda kini memang telah ramai dirumorkan tengah mencari pembalap yang bisa dijadikan cadangan untuk musim depan. Sebab, pembalap andalan mereka, yakni Marc Marquez, diragukan bisa tampil penuh di sepanjang MotoGP 2021.

Kini, Marquez sendiri bahkan masih berjuang keras menyembuhkan cederanya. Untuk bisa sembuh, Marquez berpeluang besar harus naik meja operasi kembali untuk ketiga kalinya sejak didera cedera lengan kanan.

Valentino Rossi, Menilai Yamaha Perlu Memiliki Tim Penguji Yang Baik Untuk Bisa Meraih Gelar Juara Dunia Motogp 2021

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here