Berita MotoGP – Jadwal MotoGP 2020 minggu ini akan tetap bermarkas di Austria namun dengan nama berbeda yakni MotoGP Styria 2020 dan bertempat di sirkuit Redbull Ring. Banyak rider yang masih teringat insiden MotoGP Austria 2020.

Seperti diketahui, Johann Zarco dan Franco Morbidelli terlibat insiden dalam balapan MotoGP Austria 2020 di Red Bull Ring pada akhir pekan lalu. Motor mereka bersenggolan dalam kecepatan tinggi di area Turn 3.

Saat itu keduanya tak mengalami cedera serius, tapi motor Zarco dan Morbidelli yang melayang melintasi lintasan hampir saja mengenai Valentino Rossi dan Maverick Vinales yang sedang melaju.

Hal ini kembali memunculkan topik keamanan dan keselamatan dari sirkuit Red Bull Ring, khususnya mengingat akhir pekan ini lintasan itu akan kembali menghajat seri MotoGP Styria 2020.

Bahkan sebelum MotoGP Austria 2020 akhir pekan lalu, sejumlah rider sudah mengemukakan kekhawatiran mengenai licinnya permukaan lintasan Red Bull Ring andaikata balapan berlangsung basah.

“Pemilik Red Bull Ring memang sudah membuat sejumlah perubahan di bagian luar lintasan agar MotoGP bisa kembali pada 2017, tapi area Turn2/3 masih tetap memunculkan kerisauan,” sebut Crash.net.

Menilik insiden horor di MotoGP Austria 2020 pada akhir pekan lalu, motor-motor Zarco dan Morbidelli bisa nyelonong balik ke lintasan karena tidak adanya pagar penahan di tepi lintasan. Di sisi lain, memasang pagar semacam itu pun sulit jadi solusi.

“Jika Anda memasang pagar di situ, kalau pagar penahannya dipanjangkan, apa yang terjadi jika rider meluncur keluar lintasan? Itu tidak aman,” kata rider MotoGP Cal Crutchlow seperti dilansir Autosport.

“Sayangnya, sulit mencari solusi (di Turn 3) karena para rider akan bilang bagaimana (jika pagar) diperpanjang di situ dan Anda bikin kesalahan… bayangkan saat lintasan basah? Meluncur keluar lintasan atau semacamnya, dan apalagi saat Anda melaju sendirian dalam latihan, bisa saja Anda ke rumput, menerabas lurus, atau semacam itu.”

“Sayang sekali situasinya tak memunculkan solusi yang bagus. Saya terkejut melihat (insiden horor MotoGP Austria 2020), saya kaget dengan apa yang sudah terjadi. Dan saya tak tahu apa yang bisa mereka lakukan,” tuturnya.

Kekhawatiran MotoGP Styria 2020 akhir pekan ini bertambah mengingat gelaran Moto2 di Red Bull Ring akhir pekan lalu juga memunculkan insiden tak kalah ngeri di atas lintasan, di antara Turn 3 dan Turn 4.

Maverick Vinales Curhat Motornya Alami Penurunan Performa Di Dua Race Terakhir

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here