Joan Laporta Bawa Banyak Pemain Legenda Ke Barca, Salah Satunya Ronaldinho

0
759

Sepakbola.id, Joan Laporta Bawa Banyak Pemain Legenda Ke Barca, Salah Satunya Ronaldinho – Joan Laporta jadi presiden Barcelona, kembali menempati posisi yang dulu pernah ia isi. Pada periode pertamanya, ada sejumlah pemain top yang ia bawa, termasuk Ronaldinho.

Periode pertama Laporta sebagai presiden Barcelona berjalan pada 15 Juni 2003 sampai dengan 30 Juni 2010. Masa tujuh tahun itu diisi dengan 12 trofi, termasuk sextuple alias enam trofi di 2009.

Kembalinya Laporta ke kursi presiden Barca saat ini membawa harapan tersendiri mengingat kemiripan pada periode pertamanya. Saat itu ia mewarisi klub yang minim prestasi di tengah belitan utang.

Sembari menanti seperti apa aksi Joan Laporta pada periode keduanya sebagai presiden Barca, berikut daftar pemain yang pernah ia datangkan ke klub Catalan semasa periode pertamanya. Marca menyebut, ia menghabiskan nyaris 400 juta euro untuk pemain-pemain ini.

2003/2004
Transfer utama Barcelona-nya Joan Laporta di musim itu adalah Ronaldinho, yang digaet dari PSG dengan tebusan 32,3 juta euro. Ini menjadi salah satu transfer kunci dalam kesuksesan Barca di kemudian hari.

Selain Dinho, saat itu Barca juga merekrut pemain top lain seperti Rafa Marquez (5,3 juta euro), Ricardo Quaresma (6,4 juta euro), Giovanni van Bronckhorst (free transfer), dan Rustu Recber (free transfer). Pemain seperti Giovanni van Bronckhorst, Edgard Davids, dan Mario juga didatangkan.

2004/2005

Samuel Eto’o menjadi salah satu transfer kunci Barcelona musim tersebut. Ia direkrut dari Real Mallorca seharga 27 juta euro. Makin mantap karena itu terjadi setelah Barca memaksimalkan luputnya Real Madrid mengaktifkan opsi pembelian Eto’o.

Ada pula pemain penting lain yang direkrut yakni Deco (21 juta euro), bersama Edmilson (8 juta euro), Ludovic Giuly (7 juta euro), Maxi Lopez (6,5 juta euro), dan Sylvinho (1,5 juta euro). Demetrio Albertini dan Henrik Larsson juga didatangkan.

2005/2006
Bisa dikatakan bahwa ini adalah musim penghematan buat Barca. Praktis cuma ada Mark van Bommel dan Santiago Ezquerro yang didatangkan, itu pun tanpa melibatkan biaya transfer.

2006/2007
Dengan skuad Barca baru saja menjuarai LaLiga dan Liga Champions musim sebelumnya, usaha memperkuat skuad di musim panas menghadirkan Gianluca Zambrotta (14 juta euro), Eidur Gudjohnsen (12 juta euro), dan Lillian Thuram (5 juta euro) sebagai rekrutan anyar.

2007/2008
Belanja besar dilakukan di awal musim ini. Sebut saja Thierry Henry (24 juta euro), Gabriel Milito (20 juta euro), Eric Abidal (15 juta euro), Yaya Toure (9 juta euro). Ada pula Jose Manuel Pinto dengan 500 ribu euro.

2008/2009
Aksi belanja kembali dilakukan di musim panas, salah satunya Gerard Pique (5 juta euro) yang sampai sekarang masih jadi pilar tim. Bersamanya ada Dani Alves (41,5 juta euro), Seydou Keita (14 juta euro), Alexander Hleb (17 juta euro), Martin Caceres (16,5 juta euro) dan Henrique (8 juta euro).

2009/2010
Pada musim terakhirnya sebagai presiden di Barcelona (pada periode pertama), Laporta mendatangkan Zlatan Ibrahimovic dari Inter Milan dalam kesepakatan ‘tukar tambah’ yang bikin Eto’o pindah ke arah sebaliknya. Nilai transfer ini ditaksir mencapai 70 juta euro.

Selain itu ada juga Dmytro Chygrynskiy (25 juta euro), Keirrison (14 juta euro), Maxwell (4,5 juta euro). Sebelum pergi pada 30 Juni 2010, Joan Laporta menyepakati transfer David Villa seharga 40 juta euro, “yang mana jadi kado buat presiden berikutnya Sandro Rosell.”