Amerika Serikat Kehilangan Taji di Gelaran MotoGP

0
481

MotoGP | Sepakbola.id – Rider Itala Dan Spanyol nampaknya masih mendominasi gelaran MotoGP Beberapa tahun terakhir ini. Hal ini tentu membuat beberapa negara yang ridernya pernah jadi juara dunia kehilangan taji, salah satunya adalah Amerika Serikat. Ya, Negeri Paman Sam -julukan Amerika Serikat- dahulu bisa mengukir prestasi manis di MotoGP lewat kehadiran pembalap-pembalap hebatnya. Nama-nama seperti Kenny Roberts, Wayne Rainey, Freddie Spencer, hingga Nicky Hayden berhasil merengkuh kesuksesan besar.

Nicky Hayden yang menjadi wakil terakhir AS mentas di MotoGP tercatat berhasil menjuarai pada 2006. Begitu juga dengan Kenny Roberts yang merebut gelar juara di kelas premier bersama Suzuki pada 2000.

Tetapi kini, tak ada regenerasi dari pembalap-pembalap top tersebut. Pada gelaran MotoGP 2020, tak ada satu pun pembalap berbendera Amerika Serikat yng mentas di MotoGP.

Wakil terbanyak berasal dari Spanyol dan Italia. Ada delapan wakil dari Spanyol, termasuk sang rider bintang, yakni Marc Marquez. Sementara dari Italia, termasuk Valentino Rossi, total ada enam pembalap yang tampil di MotoGP 2020.

Di luar Spanyol dan Italia, ada dua wakil dari Prancis (Johann Zarco dan Fabio Qurtararo) dan Inggris (Cal Crutchlow dan Bradley Smith). Sementara dari negara lainnya, ada Jack Miller (Australia), Miguel Oliveira (Portugal), Takaaki Nakagami (Jepang), dan Brad Binder (Afrika Selatan).

Pemandangan serupa pun akan terus terlihat ke gelaran MotoGP 2021. Pembalap dari Spanyol dan juga Italia dipastikan masih akan mendominasi, tanpa adanya wakil dari Amerika Serikat.

Melihat kondisi ini, tentu saja perlu ada gebrakan besar yang dilakukan par apembalap Amerika Serikat kini agar kesuksesan yang diukir Nicky Hayden dan lainnya tak berhenti di pentas MotoGP. Sejatinya, di MotoGP 2020, ada nama Garrett Gerloff yang berkebangsaan Amerika Serikat, yang turut mentas dalam sesi latihan bebas.

Gerloff menggantikan Valentino Rossi di sesi latihan bebas 1 dan 2 MotoGP Eropa 2020. Tetapi, ia tak sampai menjalani balapan karena Rossi dinyatakan sembuh dari Covid-19.

Valentino Rossi Diprediksi Tidak Membalap di Tahun 2022, Lalu Jadi Apa ?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here