Sepakbola.id,  Hari Ini , 26 Tahun Lalu Andres Escobar Tewas Terbunuh – Pada hari ini pada 02 Juli tahun 1994, Andres Escobar ditembak enam kali dan terbunuh saat kembali ke Medellín setelah gol bunuh dirinya membuat Kolombia tersingkir dari Piala Dunia USA. RIP 🇨🇴

“Hidup tidak bisa berakhir di sini. Tidak peduli betapa sulitnya, kita tidak boleh menyerah. ” – Andres Escobar, kapten Kolombia, setelah gol bunuh diri menyebabkan kekalahan 2-1 dari tuan rumah AS dan keluar dari Piala Dunia 1994. Beberapa hari kemudian, dia ditembak mati di mobilnya dalam keadaan yang tidak pernah sepenuhnya dijelaskan.

Dikenal sebagai ‘The Gentleman of Football’ karena sikapnya yang tenang dan sederhana, pemain berusia 27 tahun itu akan bergabung dengan AC Milan setelah memimpin skuad Piala Dunia yang diperkirakan akan hebat. Kolombia mengalahkan Argentina 5-0 di kualifikasi, tetapi turnamen mereka secara efektif berakhir pada pertandingan kedua mereka setelah Escobar – yang berusaha menghalangi umpan silang – mengubah bola masuk ke gawangnya sendiri.

Hari Ini , 26 Tahun Lalu Andres Escobar Tewas Terbunuh

Kolombia adalah negara yang korup dan penuh kejahatan pada tahun 1994 dan kota asal Escobar adalah kota kartel kokain di Medellin. Lima hari setelah Kolombia keluar, Escobar diejek oleh sekelompok pria, kemudian ditembak enam kali – dengan pria bersenjata itu dilaporkan meneriakkan “Gol!” setelah menembak setiap peluru.

Kisah serangan balas dendam yang diperintahkan oleh sindikat judi yang bertaruh pada kesuksesan Kolombia terus berputar. Humberto Castro Muñoz, pengawal untuk kartel obat bius yang kuat, dihukum karena pembunuhan tetapi hanya menjalani 11 dari 43 tahun hukumannya.

Lebih dari 120.000 orang menghadiri pemakaman Escobar ketika para penggemar berduka atas kematian seorang pria dengan kerendahan hati harus berakhir dengan buruk dengan reputasi  yang mencoreng negara mereka.

Sumber sportbible

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here