Berita Bola Indonesia – Juru Strategi Bola asal Austria dan juga pernah menangani Timnas Indonesia Alfred Riedl meninggal dunia, pelatih yang sempat membawa Indonesia menjadi raja Asia Tenggara itu Menghembuskan nafas terakhir di rumahnya di Potterdoff austria. Pria kelahiran Wina tersebut wafat di usia 70 tahun akibat penyakit kanker.

Di Indonesia, sosok Riedl bukanlah nama yang asing. Ya, dia pernah menangani Timnas Indonesia pada beberapa periode, yakni di tahun 2010-2011, 2013-2014, serta 2016.Ketika pertama kali ditunjuk sebagai pelatih Timnas Indonesia pada 2010, Riedl memimpin skuat Garuda dalam gelaran Piala AFF. Kala itu, dia berhasil membawa Irfan Bachdim dkk melaju hingga babak puncak.

Pada laga final menghadapi Malaysia, Timnas Indonesia tumbang 0-3 di leg pertama yang berlangsung di Stadion Bukit Jalil. Indonesia gagal menjadi juara setelah di leg kedua Timnas hanya mampu menang 2-1 atas Harimau Malaya dan kalah agregat 2-4.

Setahun menangani Timnas Indonesia, Riedl kemudian pindah ke Laos pada 2011 dan ke Belgia setahun berikutnya. Alfred Riedl kembali ditunjuk sebagai pelatih Skuat Garuda tahun 2013 dan hanya bertahan satu tahun saja, usai dirinya gagal membawa Timnas lolos dari fase grup Piala AFF 2014.

Pada awal tahun 2015, Riedl ditunjuk sebagai pelatih PSM Makassar. Mantan juru taktik Timnas Vietnam itu kemudian mundur di bulan April 2015, atau tepat sebelum kompetisi liga bergulir, akibat masalah kesehatan.

Riedl lalu dikontrak kembali oleh PSSI untuk memimpin Timnas Indonesia pada Piala AFF 2016. Riedl lagi-lagi berhasil membawa Indonesia ke final kompetisi terbesar di Asia Tenggara itu.

Bertemu Thailand di babak pamungkas, Indonesia sempat membuka asa menjadi juara setelah menang 2-1 di leg pertama yang berlangsung di Jakarta. Namun, harapan merengkuh titel Piala AFF buyar usai Boaz Solossa dkk tumbang 0-2 dalam laga leg kedua di Bangkok, sekaligus membuat Tim Negeri Gajah Putih menang agregat 3-2.

Setelah Piala AFF 2016, Alfred Riedl tak lagi menangani tim-tim lain akibat masalah kesehatan. Dia sempat diumumkan sebagai pelatih baru Persebaya Surabaya sebelum bergulirnya Liga 1 2019, tetapi kesepakatan kontrak dibatalkan karena Riedl mendadak harus menjalani operasi bypass jantung.

Larangan Untuk Bobotoh Nonton Latihan Persib Bandung Di Stadion

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here