Rossi Akhiri Musim MotoGP 2020 Dengan Suram, Berikut Beberapa Penyebabnya

0
89
valentino rossi crash

MotoGP | Sepakbola.id – Musim terakhir valentino Rossi dengan Tim Pabrikan Yamaha berakhir cukup buruk, ternyata ada beberapa faktor yang menyebabkan hal tersebut terjadi. Rossi tercatat hanya bisa menempati urutan ke-15 di klasemen akhir pembalap. Ia total hanya mengemas 15 poin di MotoGP 2020 dengan hanya meraih satu podium di sepanjang 14 balapan yang digelar.

Faktor pertama yang menyebabkan hal ini terjadi adalah kendala teknis pada motor balap Yamaha. Di sepanjang MotoGP 2020, The Doctor -julukan Rossi- memang terus mengeluhkan soal kinerja motor balap Yamaha.

Rossi bahkan sudah mengeluhkannya sejak balapan seri perdana yang digelar di Sirkuit Jerez, Spanyol. Dalam balapan itu, Rossi diketahui gagal finis karena terjatuh di lap kesembilan.

Meski mendapat keluhan, perbaikan menyeluruh tampaknya tak bisa dilakukan Yamaha untuk motor balapnya. Alhasil, pekerjaan buruk Rossi terus berlanjut ke balapan-balapan lain. Kondisi ini diperparah karena adanya masalah juga pada ban motor yang diberikan Michelin.

Baca juga : Marquez Cuman Butuh 5 Lap Buat Pemanasan, Ujar Vinales | Sepakbola.id

Faktor kedua adalah virus Covid-19 yang turut menjangkiti Rossi. Di MotoGP 2020, Rossi memang turut positif terpapar virus corona. Pada pertengahan Juli, hasil tes usap yang rutin dilakukannya menunjukkan dirinya positif terjangkit Covid-19.

Kondisi ini telah membuatnya harus menjalani isolasi mandiri higga absen di dua seri beruntun yang digelar di Sirkuit Aragon, Spanyol. Absen di dua balapan tersebut membuat Rossi kian merana karena membuatnya gagal menambah poin yang mendongkrak posisi di klasemen.

Rossi baru bisa kembali di MotoGP Eropa 2020. Sayangnya, di balapan itu, hasil yang diraih pembalap asal Italia itu tetap tak berbuah manis.

Rossi kembali gagal finis. Kondisi ini membuat catatan minornya di MotoGP 2020 terus berlanjut. Juara dunia sembilan kali itu tercatat lima kali gagal finis pada musim ini.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here