Cavani Akhirnya Meminta Maaf Mengenai Ucapannya Yang Dianggap Banyak Orang Rasis

0
74

Liga Inggris | Sepakbola.id – Beberapa waktu lalu pemain Manchester united Edinson Cavani melalui akun instagramnya mengupload sebuah post yang menurut penyelidikan FA dianggap hal rasis, atas kontroversi tersebut, Cavani meminta Maaf. Setelah menjadi pahlawan kemenangan Man United atas Southampton akhir pekan lalu, Edinson Cavani mengunggah ulang ucapan selamat dari rekan-rekannya lewat fitur Instagram Story. Salah satu unggahan itu diduga bernada rasis karena kata ‘Negrito’ yang berarti kulit hitam kecil.

Tentu saja, kata tersebut memicu kontroversi karena menyebutkan warna kulit seseorang. FA, yang tengah gencar menindak perilaku rasisme, langsung menggelar penyelidikan. Sadar unggahan itu menjadi polemik, Edinson Cavani langsung menghapusnya.

El Matador –sapaan akrab sang penyerang- langsung mengeluarkan pernyataan resmi. Ia mengklaim, kata tersebut digunakan sebagai panggilan penuh rasa sayang kepada seorang teman. Pun begitu, Edinson Cavani tetap meminta maat atas unggahannya.

“Pesan yang saya unggah setelah pertandingan akhir pekan lalu bermaksud sebagai salam penuh kasih sayang terhadap seorang teman, serta bentuk ucapan terima kasih atas dukungannya,” ujar Edinson Cavani, dilansir dari laman resmi Manchester United, Selasa (1/12/2020).

Baca juga : Philippe Coutinho Berminat Kembali ke Liverpool? | Sepakbola.id

“Hal terakhir yang saya inginkan adalah menyakiti siapa pun. Saya sesungguhnya menentang segala bentuk rasisme dan langsung menghapus unggahan itu sesegera mungkin. Saya meminta maaf untuk itu,” imbuh penyerang kelahiran Salto tersebut.

Unggahan tersebut menjadi kontroversi karena tidak terlepas dari perbedaan budaya. Bagi masyarakat Amerika Latin seperti Edinson Cavani, kata ‘Negrito’ memang biasa dipakai untuk sapaan kepada kawan. Berbeda halnya dengan di Eropa yang bisa diartikan sebagai hinaan terhadap warna kulit seseorang.

Pihak klub juga mencoba menjelaskan duduk perkara tersebut. Dalam pernyataan resminya, Setan Merah memastikan tidak ada maksud jahat di balik perkataan Edinson Cavani itu. Pihak klub menegaskan, segenap keluarga besar Manchester United sangat menentang tindakan rasisme.

“Sangat jelas tidak ada maksud jahat di balik pesan Edinson dan dia langsung menghapusnya segera setelah diberi tahu oleh klub bahwa itu bisa dipandang berbeda,” bunyi pernyataan Man United.

“Edinson sudah merilis permintaan maaf untuk rasa sakit yang mungkin ditimbulkan dari tulisan tersebut. Manchester United dan semua pemain sangat berkomitmen melawan tindakan rasisme,” tutup pernyataan resmi klub.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here