Joan Mir Ngomongin Tunggangan Yang Sukses Membawanya Jadi Juara Dunia MotoGP 2020

0
23
Joan Mir

MotoGP | Sepakbola.id – Joan Mir, Rider Suzuki Ecstar sukses mendapatkan gelar juara dunia motoGP musim 2020 ini, hal yang bikin keren adalah musim ada baru musim keduanya bersama dengan Suzuki. Dengan kata lain Mir mampu menguasai Suzuki GSX-RR hanya dalam waktu dua tahun. Sebagai informasi, Mir baru bergabung dengan Suzuki di pentas MotoGP pada 2019. Pada musim pertamanya, ia tidak mendapatkan hasil yang bisa dibilang bagus. Ia tak pernah sekalipun naik podium dan hanya bisa finis di posisi ke-12 klasemen akhir pembalap.

Meski begitu, sejak pertama kali Mir menaiki GSX-RR, pembalap berpaspor Spanyol itu telah merasakan kecepatan luar biasa yang ditunjukkan oleh motor balap Suzuki. Ia juga terkesan dengan performa rem motornya.

Sebagaimana diketahui, rem memiliki peranan penting terhadap kesuksesan pembalap di atas lintasan. Sebab, rem kerap menjadi faktor penentu ketika pembalap tengah bersaing memperebutkan posisi di tikungan.

Maka dari itu, Mir pun pede kalau GSX-RR akan membantunya menjadi juara dunia. Hal tersebut pada akhirnya terwujud di ajang MotoGP 2020. Meski Mir hanya sekali meraih kemenangan, namun ia merupakan pembalap yang paling sering naik podium.

Tercatat, Mir berhasil naik podium sebanyak tujuh kali di sepanjang gelaran MotoGP 2020. Sementara itu, rekan setimnya, Alex Rins, empat kali naik podium. Ini menunjukkan bahwa GSX-RR adalah motor yang kompetitif.

“Saya masih ingat pengalaman pertama saya dengan GSX-RR. Kecepatannya luar biasa, tapi remnya luar biasa. Tenaga remnya benar-benar mengejutkan saya,” kenang Mir, sebagaimana dinukil dari Speedweek, Kamis (3/12/2020).

Baca juga : Turun Ke Tim Satelit, Alex Marquez Malah Senang | Sepakbola.id

“Dan motornya sendiri lebih panjang dari motor standar, yang memberikan stabilitas lebih di tikungan cepat. Mudah untuk dipindahkan dan tahun ini kami menemukan daya tarik yang bagus, yang sangat membantu,” jelasnya.

Mir juga menyanjung performa GSX-RR yang mampu beradaptasi dengan baik di semua lintasan. Menurutnya, itu adalah faktor penting lainnya yang membuatnya bisa tampil apik hampir di setiap seri.

“Ini adalah motor yang sangat lengkap dan seimbang. Dan kemampuan beradaptasi untuk semua rute lintasan dan kondisi menjadi alasan untuk memenangkan gelar tahun ini. Di tahun yang aneh seperti ini, kesuksesan terletak pada keteguhan,” ujar sang juara.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here