Mantan Pelatih Legendaris Liverpool, Gerard Houllier, Meninggal Dunia

0
313

Liga Inggris | Sepakbola.id – Gerard Houllier, Mantan Pelatih Liverpool meninggal dunia di usianya yang ke 73 tahun, Dia meninggal beberapa hari setelah menjalani operasi jantung. Sebenarnya riwayat penyakit jantung sudah diderita Gerard Houllier semenjak dirinya menangani Liverpool. Kala itu medio Oktober 2001, Gerard Houllier terjatuh di jeda babak pertama laga Liverpool vs Leeds United.

Setelah diperiksa dokter, Gerard Houllier didiagnonis mengalami masalah pada jantungnya. Akibatnya dalam lima bulan setelahnya, kursi pelatih Liverpool dipegang sang asisten, Phil Thompson.

Sebelum mengidap penyakit jantung, Gerard Houllier sempat mencatatkan raihan istimewa bersama Liverpool pada musim 2000-2001. Kala itu, Gerard Houllier mengantarkan Liverpool meraih treble winner mini, yakni Piala Liga Inggris, Piala FA dan Piala UEFA (Sekarang Liga Eropa).

Kegagalan menjadi juara Liga Inggris 2000-2001 (Liverpool hanya finis posisi tiga), dibayar tuntas dengan kiprah apik di ajang lain. Trofi pertama yang didapat Liverpool kala itu adalah Piala Liga Inggris.

Ia membawa The Reds –julukan Liverpool– juara Piala Liga Inggris 2000-2001 setelah menang adu penalti 5-4 atas Birmingham City di partai puncak. Di waktu normal, skor imbang 1-1.

Baca Juga : Chelsea Sudah Mulai Tidak Sabar Menunggu Performa Apik Kai Havertz | Sepakbola.id

Sebenarnya Liverpool sudah unggul lebih dulu via aksi Robbie Fowler pada menit 30. Hanya saja, Birmingham City menyamakan kedudukan di masa injury time lewat Darren Purse di menit 90 via eksekusi penalti.

Sementara di Piala FA, Liverpool mengalahkan Arsenal 2-1 di partai puncak. Sebenarnya Arsenal unggul lebih dulu lewat Freddie Ljungberg pada menit 72. Namun, Liverpool sanggup membalikkan kedudukan lewat aksi Michael Owen pada menit 83 dan 88.

Bagaimana di Liga Eropa? Liverpool bermain 5-4 kontra tim asal Spanyol, Deportivo Alaves. Saat itu di waktu normal, Liverpool vs Alaves sama kuat 4-4. Beruntung di masa injury time fullback kanan Deportivo Alaves membuat gol bunuh diri di menit 117. Alhasil, Liverpool menang 5-4 atas Deportivo Alaves.

Selamat jalan Gerard Houllier. Sumbangsih Anda untuk kemajuan sepakbola dunia takkan terlupa.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here