Pertumbuhan Kalus Jadi Faktor Utama Pulihnya Marc Marquez

0
69

MotoGP | Sepakbola.id – Kapan Marc Marquez bakal kembali membalap ?. Pertanyaan ini menjadi salah satu yang banyak ditanyakan para pecitan MotoGP dan pengamat MotoGP. Menurut pakar traumatik Dokter Angel Villamor, Proses pemulihan Marquez tergantung dari Pertumbuhan Kalus di area Cidera. Seperti diketahui, Marc Marquez mengalami cedera patah tulang humerus di lengan kanannya pada MotoGP Spanyol 2020, 19 Juli silam. Operasi pertama yang dilakukan pada 21 Juli 2020 berlangsung sukses. Ia pun sempat comeback ke lintasan untuk mengikuti GP Andalusia 2020.

Sayangnya, lengan Marc Marquez belum sepenuhnya pulih. Ia mundur dari balapan itu dan kembali menjalani operasi pada awal Agustus 2020 karena ada pelat titanium yang patah. Akibatnya, ia absen hingga seri terakhir di GP Portugal pada 22 November lalu.

Tak kunjung sembuh, spekulasi lantas beredar. Marc Marquez disebut-sebut akan menjalani operasi ketiga. Benar saja, pembalap berusia 27 tahun itu kembali naik meja operasi pada Rabu 2 Desember 2020 di Madrid, Spanyol.

Sama seperti dua tindakan sebelumnya, operasi ketiga ini juga berjalan sukses. Namun, operasi ketiga itu mengungkap sebuah fakta yang tidak disangka-sangka. Ternyata, patahan pelat di tangannya menyebabkan infeksi sehingga harus mendapatkan perawatan antibiotik tambahan.

Baca juga : Daftar Rider Yang Bisa Jadi Gantikan Posisi Marc Marquez Di MotoGP

apakah lengan Marc Marquez bisa pulih seperti sedia kala. Selain itu, kapan kembalinya The Baby Alien pun terus menjadi polemik. Menurut Dokter Angel Villamor, pemulihan tergantung pertumbuhan kalus di area cedera yang bisa menghubungkan ujung kedua tulang yang patah.

“Jika segalanya berjalan baik, sekira dua bulan tubuh Anda bisa membentuk kalus dan bergantung pada humerus untuk menunjang aktivitas fisik,” ujar Dokter Angel Villamor, dilansir dari AS, Kamis (10/12/2020).

“Jika tubuhnya merespons dengan baik, dalam waktu 2-3 bulan, di area itu harus tumbuh kalus yang bisa Anda percaya untuk membantu kembali lagi naik motor,” imbuh pria berkebangsaan Spanyol itu.

Meski optimis, Angel Villamor di sisi lain mengungkap prakiran yang kurang mengenakkan. Kondisi cedera Marc Marquez mungkin saja membutuhkan operasi keempat. Sebab, infeksi pada patahan pelat menghambat pembentukan kalus yang krusial.

Sekadar informasi, kalus lunak terbentuk dari sel osteoblas. Sel tersebut kemudian membentuk tulang yang berlubang-lubang pada kolagen sehingga terbentuk belat alami yang menghubungkan ujung-ujung kedua tulang yang patah. Maka, pembentukan kalus itu sangat krusial bagi Marc Marquez.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here