Berita Bola Indonesia – Shin tae Yong pelatih Timnas Indonesia U-19 saat ini ada di Negara asalnya Korea Selatan, disana dia langsung diburu para wartawan dan media lokal, salah satunya adalah Khan. Ketika diwawancara Khan, Shin Tae-yong mengaku takjub mampu membawa Timnas Indonesia U-19 mengalahkan sejumlah tim Eropa saat menjalani pemusatan latihan di Kroasia. Imbasnya ketika tiba di Indonesia, Shin Tae-yong mengaku diperlakukan layaknya tamu VIP.

“Lawan yang kami kalahkan memang tim kelompok usia yang sama (di bawah U-19). Tentu kami terkejut bisa mengalahkan tim Eropa,” kata Shin Tae-yong mengutip dari Khan.

“Setibanya di Indonesia, saya diperlakukan seperti seorang VIP. Sekarang saya merasa bahwa cara pandang terhadap sepakbola Indonesia dari luar sana sudah berubah,” lanjut pelatih yang membawa Korea Selatan menang 2-0 atas Jerman di Fase Grup Piala Dunia 2018.

Timnas Indonesia U-19 memang mendapatkan hasil positif selama dua bulan menjalani pemusatan latihan di Kroasia. Awalnya, ketua umum PSSI Mochamad Iriawan mengatakan hasil bukan bidikan utama Timnas Indonesia U-19 saat menggelar sejumlah laga uji coba di Kroasia.

Sebab, selama di Kroasia mereka akan menghadapi sejumlah tim kuat, salah satunya tuan rumah. Karena itu, ketika Timnas Indonesia U-19 dihajar Bulgaria 0-3 dan Kroasia 1-7, pencinta sepakbola Tanah Air tidak kaget.

Namun, ekspektasi kepada Timnas Indonesia U-19 menguat setelah di laga ketiga, Braif Fatari serta kolega menahan juara bertahan Piala Asia U-19, Arab Saudi, dengan skor 3-3. Setelah hasil imbang kontra Arab Saudi, Timnas Indonesia U-19 menjalani delapan pertandingan.

Total dari delapan pertandingan, Timnas Indonesia U-19 mendapatkan lima menang, dua imbang dan satu kalah. Mayoritas lima kemenangan itu didapatkan atas tim-tim Eropa.

Sebut saja saat menghajar NK Dugopolje 3-0, Makedonia Utara 4-1, Dinamo Zagreb 1-0 dan Hajduk Split (4-0). Catatan di atas merupakan modal apik bagi Timnas Indonesia U-19 yang diberikan beban berat di dua ajang besar ke depan, yakni Piala Asia U-19 dan Piala Dunia U-20 2021.

Timnas Indonesia U-19 ditargetkan PSSI lolos ke semifinal Piala Asia U-19 dan melaju k perempatfinal Piala Dunia U-20 2021. Menarik menanti performa Timnas Indonesia U-19 pada dua ajang di atas.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here