Inggris Siap Jadi Tuan Rumah Tunggal Euro 2020

0
897

Sepakbola.id,Inggris Siap Jadi Tuan Rumah Tunggal Euro 2020 – Piala Eropa 2020 terus jadi tanda tanya terkait pandemi virus corona yang belum mereda. Maka dari itu Inggris coba mengajukan diri sebagai tuan rumah tunggal Euro 2020.

Piala Eropa 2020 sejatinya dihelat 12 Juni hingga 12 Juli tahun lalu, tapi diundur jadi 11 Juni-11 Juli 2021 karena adanya pandemi COVID-19. Untuk kali ini, formatnya masih sama yakni dihelat di 12 kota berbeda.

Tapi, mengingat pandemi virus corona tak kunjung usai dan malah angka penularan di Eropa meningkat lagi sedari awal tahun, maka ada kekhawatiran kalau Piala Eropa 2020 bakal tertunda lagi.

Apalagi beberapa negara sudah memberlakukan lockdown dan melarang adanya penerbangan dalam jangan waktu tak terbatas. Liga Champions dan Liga Europa sudah jadi contohnya, ketika beberapa laga yang melibatkan tim Inggris harus dipindahkan ke tempat netral.

Jika kondisi ini terus berlanjut hingga musim panas nanti, maka rencana menghelat Euro 2020 di 12 kota berbeda bisa batal. Sebab, negara-negara tuan rumah seperti Italia, Jerman, Spanyol, Belanda, Denmark, dan Belgia masih menutup kedatangan pengunjung dari Inggris.

Sebab Inggris dinilai dalam potensi bahaya penularan varian baru virus corona. Maka dari itu Pemerintah Inggris lantas berinisiatif untuk meminta UEFA menghelat seluruh pertandingan dari fase grup hingga final Euro 2020 di Inggris.

Inggris kemungkinan besar mengakhiri masa Lockdown pada 17 Mei nanti, sebagai awal kembali ke kehidupan normal dan mereka lagi mempercepat vaksinasi untuk seluruh warganya. Bahkan Inggris juga akan melakukan ujicoba dengan mendatangkan penonton di pekan terakhir Premier League musim ini.

“Kami akan tetap menggelar Piala Eropa. Kami jadi tuan rumah semifinal dan final,” ujar perdana menteri Inggris Boris Johnson seperti dikutip Daily Mail.

“Jika mereka (UEFA) ingin kami menggelar pertandingan lainnya juga, maka kami sudah siap. Tapi semua keputusan itu ada di tangan UEFA,” sambungnya.

Inggris memang ditunjuk jadi tuan rumah partai semifinal dan final Piala Eropa 2020 yang semuanya dihelat di Stadion Wembley.