Berita MotoGP – Tim Monster Energy Yamaha memang tampil jauh dari kata konsisten musim ini, hal tersebut mendapatkan perhatian dari Rossi, menurutnya Motor YZR-M1 kurang cocok dengan ban digunakan saat ini. Rossi membandingkannya dengan performa motor Yamaha pada 2015 kemarin di mana saat itu menggunakan merk ban yang berbeda. The Doctor merasa YZR-M1 milik Yamaha jauh lebih baik sebelum adanya regulasi terkait perubahan ban sejak 2016 lalu.

“Kami memiliki masalah dengan cengkeraman pada roda belakang untuk waktu yang lama,” ujar Rossi seperti dilansir dari laman Speedweek, Kamis (19/11/2020).

“Pada dasarnya sejak Michelin mengambil alih. Motor kami bekerja sangat baik dengan Bridgestone, hingga 2015 kami memiliki motor yang bersaing di papan atas, mungkin yang terbaik atau setidaknya pada level yang sama dengan Honda,” sambungnya

“Seperti yang Anda tahu, kami memenangkan gelar juara pada era itu. Tapi sejak kami menggunakan ban ini, kami mengalami lebih banyak masalah,” lanjut eks pembalap Ducati tersebut.

Pol Espargaro Bahagia Bisa Tampil Kompetitif di MotoGP 2020

“Beberapa musim terakhir bahkan seolah-olah kami tidak memahami sesuatu. Seolah-olah kami tidak tahu bagaimana menggunakannya dengan benar,” jelasnya.

“Situasi itu kemudian berlanjut tahun ini di MotoGP 2020. Ban dengan desain baru ini seharusnya menjadi ban untuk Yamaha di atas kertas. Ketika saya mencoba ban untuk pertama kalinya, juga terlihat sedikit lebih baik dari tahun lalu, tapi masih sangat mirip,” sambungnya.

Melihat dari penampilan timnya sepanjang MotoGP 2020, Rossi pun merasa persoalan Yamaha musim ini masih sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Pabrikan garpu tala masih belum bisa mengembalikan performa maksimal YZR-M1.

Rossi juga mengakui kalau GSX-RR milik Suzuki yang justru bisa sangat cocok dengan karakter ban saat ini. Hal tersebut pun terbukti dengan keluarnya pembalap Suzuki, Joan Mir, sebagai Juara Dunia di MotoG 2020.

Perjalanan Karier Valentino Rossi Bersama Tim Monster Energy Yamaha Akan Resmi Berakhir Pada Gelaran MotoGP Portugal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here