Berita MotoGP – Valentino Rossi rider Monster Energy Yamaha memberikan kritik kepada penyelenggara MotoGP Prancis 2020. Rossi mengatakan bahwa Tanggal penyelenggaraan di sirkuit Le Mans, Kurang tepat karena cuaca yang tidak mendukung, sehingga berbahaya untuk para rider.

MotoGP Prancis 2020 dijadwalkan berlangsung pada akhir pekan ini, Minggu 11 Oktober 2020 malam WIB. Rangkaian balapan pun sudah dimulai sejak kemarin, Jumat 9 Oktober 2020. Sayangnya, kondisi cuaca tampak kurang mendukung.

Kemarin, penyelenggaraan latihan bebas sesi satu dan dua harus diwarnai dengan hujan yang mengguyur Sirkuit Le Mans. Kondisi ini menjadi perhatian sejumlah pembalap karena membuat terjadinya beberapa insiden.

Ada beberapa pembalap yang harus terjatuh kala melintas di Sirkuit Le Mans. Salah satunya adalah adik Valentino Rossi yang mentas di kelas Moto2, yakni Luca Marini. Meski insiden yang dialami cukup parah, Marini dinyatakan berada dalam kondisi yang baik-baik saja dan siap kembali tampil pada hari ini.

Melihat kondisi tersebut, Rossi pun memberi komentar. Ia menilai bahwa pemilihan jadwal MotoGP Prancis tahun ini kurang tepat. Tetapi, ia tak bisa menyalahkan pihak penyelenggara karena waktu balapan sendiri memang mengalami perubahan akibat merebaknya virus corona secara global.

Kalender balap MotoGP 2020 harus dijadwal ulang karena merebaknya Covid-19. Salah satu yang mengalami imbas adalah MotoGP Prancis. Awalnya, balapan dijadwalkan berlangsung pada 15-17 Mei 2020. Di jadwal baru, balapan berlangsung pada 9-11 Oktober 2020. Di masa tersebut, cuaca di Prancis, khususnya Le Mans, sendiri diprediksi akan diguyur hujan.

“Mereka memaksa kami pergi ke Jerez pada Juli dan Le Mans pada Oktober. Mungkin, kami melakukan sesuatu yang buruk dan mereka ingin kami melakukannya. Menurut saya, waktunya bukan yang terbaik,” ujar Rossi, sebagaimana dikutip dari GP One, Sabtu (10/10/2020).

“Tetapi, tak bisa disalahkan karena Covid-19 yang merebak tahun ini membuat kondisinya menjadi sangat khusus. Mereka harus segera mengatur ulang kalender balap,” lanjutnya.

“Balapan di Le Mans pada Oktober sedikit berbahaya, seperti saat kita pergi ke Phillip Island bulan ini. Ini bukanlah waktu terbaik,” tukas Rossi.

Tahun Depan Indonesia Bakal Punya Tim Balap Untuk Kelas Moto2 Dan Moto3

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here