Ana Carasco Pembalap Motor Cantik Pembuat Rekor

0
682

MotoGP | Sepakbola.id – Siapa bilang rider motor hanya cowok saja, buktinya Ana Carasco mampu menjadi rider ciamik di ajang World Super Sport 300. Namun nasib nahas menimpa dirinya karena kecelakaan di Sirkuit Estoril, POrtugal. Perempuan berusia 23 tahun itu langsung menjalani operasi bedah di Barcelona, Spanyol, pada September 2020. Untungnya, cedera tersebut tidak mengubah struktur tulangnya sehingga Ana Carrasco tidak mengalami cedera permanen.

Walau begitu, Ana Carrasco harus melupakan ambisinya meraih gelar juara dunia Super Sport 300 2020. Sebab, cedera itu mengharuskannya menjalani masa pemulihan selama tiga bulan. Namun, ia tetap bersemangat menyambut musim depan.

“Aku siap untuk musim 2021. Terima kasih kepada semua yang telah membantu dan mengirimkan pesan penyemangat,” tulis Ana Carrasco lewat akun Instagram @anacarrasco_22.

Lalu siapa Ana Carrasco? Ia bukan perempuan sembarangan. Dunia balap motor memang lekat dengan laki-laki, tetapi Ana tidak menyerah. Ana tidak mau hanya dinilai dari wajah cantiknya, tetapi juga prestasi di lintasan.

Kiprah perempuan berkebangsaan Spanyol itu sudah dimulai sejak mengikuti ajang FIM CEV International Championship pada 2011. Ana menjadi perempuan pembalap pertama yang meraih poin pada kategori tersebut.

Setahun berselang, ia naik kelas ke CEV Moto3 Championship. Pada 2013, Ana Carrasco menjadi pembalap penuh di Kejuaraan Dunia Moto3 2013. Ia kembali mencatat sejarah sebagai perempuan pertama yang mencetak poin pada seri Malaysia dan Valencia alias dua seri terakhir.

Sayangnya, karier Ana Carrasco di Moto3 tidak berlangsung mulus. Akibat masalah sponsor pada 2014, ia gagal berpartisipasi. Sementara pada 2015, nyaris sepanjang musim mengalami cedera. Akhirnya pada 2016, Ana Carrasco memutuskan turun kelas ke Kejuaraan Eropa CEV Moto2.

Lagi-lagi, Ana Carrasco kesulitan. Ia akhirnya memutuskan pindah lagi ke Kejuaraan Dunia Supersport 300 pada 2017. Pada seri di Portugal, Ana Carrasco mencetak sejarah. Ia menjadi perempuan pertama yang memenangi sebuah seri balapan motor.

Ternyata, itu hanya pemanasan menuju sejarah lain yang lebih besar. Ana Carrasco mampu menjadi Juara Dunia Supersport 300 pada 2018. Ia menjadi perempuan pembalap pertama yang menjadi juara dunia pada kategori apapun. Kini, karier balapnya tengah terhenti akibat pandemi Covid-19 di seluruh dunia.

Hijrah Ke Tim Satelit Rossi Tahu Perjuangan Bakal Tambah Sulit

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here