Berita MotoGP – Adik Marc Marquez, Alex Marquez mengalami kecelakaan cukup hebat ketika menjalani babak kualifikasi MotoGP Valencia 2020. Rider tersebut terlempar dari jok motornya dan mendarat keras di aspal sirkuit. Usai jalani pemeriksaan, pria asal Spanyol itu diketahui mengalami cedera ringan pada tulang kapitasi tangan kirinya.

Kecelakaan tersebut terjadi pada babak pertama kualifikasi MotoGP Valencia 2020 di Sirkuit Ricardo Tormo. Alex Marquez yang sedang melaju kencang berusaha membelokkan motor ke arah kanan. Entah mengapa, kuda besi RC213V itu malah mengalami masalah.

Alex Marquez yang gagal mengendalikan motor lantas terlempar, mendarat dengan pantatnya, meluncur di aspal, lalu tertelungkup. Pembalap berusia 24 tahun itu masih beruntung dapat selamat karena rider di belakangnya bisa mengerem dan menghindar.

Usai terjatuh, Alex Marquez masih sempat mengendarai motor dan mengakhiri babak kualifikasi di peringkat 20. Setelah menyelesaikan babak kualifikasi, adik dari Marc Marquez itu dibawa ke pusat medis MotoGP guna menjalani pemeriksaan. Dari pemeriksaan awal, ia dinyatakan fit untuk balapan.

“Alex Marquez sudah dibawa ke pusat medis untuk menjalani pemeriksaan. Alex Marquez dinyatakan fit untuk membalap setelah melalui pemeriksaan medis,” cuit akun Twitter resmi @MotoGP, Minggu (15/11/2020).

Pun begitu, Alex Marquez tetap dibawa oleh Tim Repsol Honda ke rumah sakit terdekat sebagai tindakan pencegahan. Terungkap kemudian, juara dunia Moto2 2019 itu mengalami pembengkakan pada sumsum tulang di telapak tangan kirinya.

“Pembengkakan (edema) sumsum tulang pada tulang kapitasi (bagian telapak) di tangan kiri Alex. Dia akan mencoba untuk balapan besok (Minggu),” cuit akun Twitter resmi Tim Repsol Honda @HRC_MotoGP.

Cedera ringan tersebut bakal menyebabkan Alex Marquez kesulitan menggenggam setang motor di sebelah kiri. Beruntung, di setang kiri tidak terdapat banyak panel sehingga tangannya tidak akan terlalu bergerak. Lagipula, putaran gas ada pada setang kanan motor.

Kondisi Alex Marquez akan ditentukan pada sesi pemanasan jelang balapan. Sesi pemanasan tersebut akan dilangsungkan pada Minggu (15/11/2020) sekira pukul 16.00-16.20 WIB. Jika merasa baik-baik saja, maka pembalap kelahiran Cervera itu bisa mengaspal.

Alex Marquez sendiri akan memulai balapan dari posisi 20. Akibat kecelakaan itu, ia hanya mampu mencatatkan waktu tercepat 1 menit 32,205 detik. Dengan demikian, Alex akan start dari dua posisi paling belakang karena hanya lebih cepat dari Lorenzo Salvadori (Aprilia Gresini).

Hasil Kualifikasi MotoGP Valencia 2020, Morbidelli Start Dari Depan Lagi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here