Kabar Thomas Tuchel Semakin Dekat Ke Chelsea, Lampard Dipecat ?

0
901

Liga Inggris | Sepakbola.id – Dipecatnya Thomas Tuchel dari PSG ternyata membuatnya semakin gencar dihubungkan dengan Chelsea. Datangnya kabar ini jadi mimpi buruk untuk Frank Lampard. Ya, Tuchel memang dilaporkan menjadi kandidat kuat menggantikan Lampard di kursi kepelatihan Chelsea. Tuchel yang sedang menganggur dirasa bakal sangat cocok membimbing skuad muda Chelsea yang memang sedang dibangun tersebut.

Lantas siapakah sebenarnya Tuchel? Tuchel adalah seorang pelatih asal Jerman yang kini sudah berusia 47 tahun itu. Ia mengawali karier melatihnya sedari tahun 2000, di mana pada saat itu Tuchel menjadi pelatih akademi Stuttgart.

Pada 2004, Tuchel naik pangkat menjadi asisten Stuttgart U-19 dan tiba-tiba pindah Ausburg U-19 di 2005. Cukup lama menangani tim muda Augsburg dan sempat menangani tim U-19 Mainz 05 di 2008, barulah pada 2009 pria kelahiran 29 Agustus 1973 itu mendapatkan kesempatan menangani tim senior di Liga Jerman.

Tim yang pertama kali dilatih oleh Tuchel itu adalah Mainz 05. Bersama Mainz 05, Tuchel total memimpin 183 pertandingan di klub tersebut. Ratusan pertandingan itu dapat dicapai Tuchel usai bertahan menjadi pelatih Mainz 05 dari 2009 sampai 2014.

Pada musim panas 2015, Tuchel pun mendapatkan kesempatan untuk melatih tim besar untuk pertama kalinya, yakni Borussia Dortmund. Bersama Dortmund itulah nama Tuchel pun langsung melambung tinggi.

Pada tahun pertama (2015-2016), Tuchel gagal memberikan trofi untuk Dortmund. Barulah di tahun keduanya Tuchel berhasil mengantarkan Dortmund meraih trofi, yakni Piala Liga Jerman 2016-2017.

Akan tetapi, pencapaian Tuchel itu tak membuat pihak Dortmund merasa senang. Alhasil usai musim 2016-2017 berakhir, pelatih asal Jerman itu dipecat dan sempat menganggu selama kurang lebih satu tahun.

Tak memiliki jabatan apa pun membuat nama Tuchel dikaitkan dengan berbagai klub papan atas Eropa. Namun, ia baru memilih untuk melatih kembali pada 2018 atau ketika mendapatkan penawaran melatih dari PSG.

Sejak 2018 itulah Tuchel menangani PSG sampai pada akhirnya dipecat kembali pada Desember 2020 atau ketika musim 2020-2021 masih berlangsung. Tuchel dipecat karena dinilai gagal memberikan hasil yang terbaik untuk PSG yang memang mengawali musim 2020-2021 dengan buruk.

Keputusan PSG pun cukup membuat banyak pihak merasa aneh karena sejauh ini padahal Tuchel sudah bekerja dengan baik di klub tersebut. Ia berhasil menyumbangkan enam gelar kepada PSG selama dua setengah tahun menangani tim berjuluk Les Parisiens itu.

Tuchel pun juga sukses mengantarkan PSG memcapai final Liga Champions 2019-2020. Walau memang pada akhirnya kalah dari Bayern Munich, namun berhasilnya PSG ke final tetaplah menjadi salah satu pencapain terbaik Tuchel di klub tersebut.

Dengan berbekal pengalaman dan prestasinya di PSG itu, kini Tuchel memiliki banyak sekali permintaan melatih dari klub lain. Chelsea pun dikabarkan menjadi salah satu tim yang tertarik dengan pelatih kelahiran Krumbach, Jerman tersebut.

 

Ole Gunnar Solskjaer Menepis Gosip MU Tumbang Karena Salah Bruno Fernandes

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here