Garrett Gerloff Sudah Siap Siaga Kapan Pun Gantikan Valentino Rossi

MotoGP – Garrett Gerloff, mengaku sudah siap siaga kapan pun diminta Monster Energy Yamaha untuk turun di MotoGP Eropa akhir pekan nanti. Debutan GRT Yamaha WorldSBK ini pun mengaku sudah banjir nasihat dari banyak pembalap untuk jaga-jaga andai ia benar-benar menggantikan Rossi.

Gerloff diminta Yamaha jadi cadangan setelah Rossi masih positif Covid-19 usai tes PCR pada Selasa (3/11/2020). Kini, hasil tes kedua pada Rabu (4/11/2020) menunjukkan hasil negatif hingga Rossi boleh berangkat ke Valencia pada Kamis (5/11/2020). Namun, untuk dapat izin balapan, ia harus tes PCR lagi pada Jumat (6/11/2020) dan hasilnya harus negatif juga.

Jika Rossi positif, maka Gerloff otomatis mengambil alih YZR-M1 miliknya. Lewat Sky Sport, Gerloff pun mengaku telah bertemu kru Rossi di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia. “Tim menyambut saya dengan hangat. Saya rasa saya akan senang bekerja dengan mereka. Saya akan pelajari kinerja Vale, strategi apa yang biasa ia lakukan, dan masalah apa saja yang sering muncul pada motor,” tuturnya.

Gerloff yang merupakan rider Amerika Serikat, sudah pindah ke Spanyol sejak awal tahun ini dan rutin berlatih dengan banyak pembalap Grand Prix di Andorra, seperti Jack Miller, Fabio Quartararo, John McPhee, Xavi Vierge, Marcel Schrotter, Jake Dixon, dan Hafizh Syahrin.

“Selama ini saya berlatih dengan beberapa rider Grand Prix, seperti McPhee, Vierge, Schrotter, Dixon, dan lainnya. Kami pakai motor yang sama, jadi saya bisa belajar dari mereka. Ada banyak detail yang harus saya pelajari di Eropa: cara akselerasi, mengendalikan ban, dan banyak hal kecil lainnya,” kisahnya.

Gerloff yang sempat sesekali tinggal di Kentucky untuk berlatih dengan Nicky Hayden, juga dapat nasihat dari legenda MotoAmerica, Josh Hayes, yang pernah jadi rider pengganti Colin Edwards di Monster Yamaha Tech 3, juga di Valencia pada 2011. Ia juga dapat nasihat dari mentornya, Ben Spies, eks rider MotoGP pada 2010-2013.

Tak hanya itu, Gerloff juga didampingi oleh Niccolo Canepa, eks rider MotoGP yang juga pelatih balap para rider Yamaha di WorldSBK. “Saya coba cari nasihat sebanyak mungkin. Saya ngobrol dengan Josh Hayes dan juga Ben Spies,” ungkap juara MotoAmerica Supersport 2016 dan 2017 ini.

“Ben memberi begitu banyak bimbingan, meski sudah 10 tahun sejak debutnya di MotoGP dan sudah banyak hal yang berubah. Niccolo Canepa juga datang. Ia punya pengalaman di MotoGP. Namun, untuk mempraktikkannya di lintasan, pasti takkan mudah,” lanjut Gerloff.

Melihat cuaca Valencia yang tampaknya bakal diguyur hujan, Gerloff juga mengaku sangat senang. “Jika hujan turun, maka bagus untuk saya, karena kami semua akan bekerja lebih pelan-pelan, apalagi saya belum mengenal trek Valencia dan motor Yamaha. Karena saya suka hujan, ini juga bikin saya bisa bekerja lebih baik,” tutupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here