Joan Mir

Berita MotoGP – Joan MIr tengah berada Di puncak Karir membalapnya setelah dia mendapatkan titel Juara Dunia MotoGP 2020. Paco Sachez manajer Mir menceritakan bagaimana kisa sedih Mir ketika mengawali karir membalap di Kompetisi CEV. Seperti lazimnya pembalap lain, Joan Mir mengawali karier dari mini moto. Pada 2012, ia sudah siap untuk naik kelas ke CEV. Namun, pembalap kelahiran Mallorca itu tidak memiliki uang yang cukup untuk ikut serta. Paco Sanchez lantas berusaha membantunya.

Pria asal Spanyol tersebut kemudian menghubungi Alberto Puig, yang saat itu sudah punya jabatan penting di Honda Racing Corporation (HRC). Berkat bantuan Alberto Puig, Joan Mir kemudian bisa ikut balapan pada Kejuaraan Dunia CEV Moto3 Junior dan Red Bull MotoGP Rookies Cup pada 2013-2015.

Kisah pilu kemudian terjadi pada 2015. Joan Mir sebetulnya sudah mengikat kontrak dengan Leopard Racing untuk berlaga di Moto3. Namun, ia lagi-lagi tidak punya uang. Paco Sanchez mencoba mencari bantuan, tetapi selalu ditolak.

“Saya menelefon Alberto Puig yang pernah memantaunya. Lalu, pada Februari 2015, saya mendapat panggilan telefon lagi. Joan sudah menandatangani kontrak dengan Leopard Racing untuk CEV dan Moto3. Namun, uangnya hilang,” ujar Paco Sanchez, dikutip dari Corse di Moto, Kamis (19/11/2020).

“Saya langsung menghubungi Leopard untuk memutus kontrak dan membayar penalti. Saat itu, saya mencoba menawarkan Joan ke tim lain, saya berbicara dengan semua orang, tetapi tidak ada yang menginginkannya,” imbuh pria asal Spanyol itu.

Perjalanan Karier Valentino Rossi Bersama Tim Monster Energy Yamaha Akan Resmi Berakhir Pada Gelaran MotoGP Portugal

Rintangan tersebut tidak membuat Joan Mir menyerah. Ia berhasil mencapai kesepakatan dengan Leopard Racing untuk membalap pada Kejuaraan Dunia CEV Moto3 Junior 2015. Namun, Joan Mir hanya diberi motor buatan sendiri dan dengan anggaran yang tipis.

Dasar berbakat, Joan Mir mampu mengakhiri Kejuaraan Dunia CEV Moto3 Junior 2015 di peringkat empat. Ketika itu, ia mampu mengalahkan pembalap-pembalap muda yang diikat kontrak oleh sponsor plus dukungan pabrikan, seperti Nicolo Bulega, Albert Arenas, dan Aron Canet.

“Mereka semua mendapat motor pabrikan dan sponsor yang penting. Lihat di mana mereka sekarang, dan di mana Joan berada,” ujar Paco Sanchez dengan nada bangga.

Finis keempat itu membuat Joan Mir dilirik Leopard Racing untuk naik ke Moto3 2016. Semusim berselang, ia malah menjadi juara dunia Moto3 2017. Setelah hanya setahun di Moto2, Joan Mir promosi ke MotoGP 2019 bersama Suzuki Ecstar. Lagi-lagi, di musim keduanya, Joan Mir mampu menjadi juara dunia.

Miller Kembali Kometari Soal Kasus Doping Iannone Seperti ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here