Gol Ousmane Dembele dan Martin Braithwaite memenangkan Barcelona 2-0

0
104
Barcelona

Liga Spanyol – Barcelona bertandang ke Nuevo Municipal de Cornella, Jumat (22/1/2021) dini hari WIB pada laga babak 32 besar Copa del Rey. Blaugrana membuang-buang sejumlah peluang sepanjang 90 menit, termasuk dua penalti dari Miralem Pjanic dan Dembele yang ditepis kiper.

Laga pun dilanjutkan ke babak tambahan. Dembele menebus kegagalan penaltinya dengan gol di menit ke-92, disusul gol dari Braithwaite pada menit ke-120.

Kemenangan ini meloloskan Barcelona ke babak 16 besar Copa del Rey. Cornella langsung membuat Barcelona cukup kerepotan di awal pertandingan. Sejumlah umpan silang dan tendangan bebas diarahkan ke kotak penalti Barcelona, namun belum sampai menjadi ancaman serius.

Barcelona mencoba bermain sabar, namun dipaksa untuk mengoper dengan cepat karena Cornella melakukan counter pressing yang agresif.

Sebuah tusukan dari Ilaix Moriba di menit ke-15 berlanjut dengan umpan tarik yang sempat mengenai lengan Pol Moreno. Bola diterima Antoine Griezmann dan tembakannya diblok. Tak ada penalti dan tak ada Video Assistant Referee (VAAR) untuk meninjau kejadian tersebut.

Peluang untuk Cornella di menit ke-24. Umpan sepak pojok Agus Medina sempat dibelokkan Moreno dan bola mengarah ke Javier Ontiveros. Hanya saja Ontiveros gagal menyambarnya, malah terjatuh dan menyentuh bola dengan tangan hingga berujung handball.

Sepakan Ontiveros menyambut umpan dari Guzman enam menit berselang belum mengarah ke gawang. Barcelona merespons dengn sepakan voli dari Francisco Trincao di menit ke-33, yang masih bisa diamankan oleh kiper Ramon Juan.

Penalti! Barcelona mendapatkan penalti di menit ke-38, setelah Albert Estelles mengangkat kaki terlalu tinggi dan mengenai Ronald Araujo. Miralem Pjanic maju sebagai eksekutor, tapi tembakannya ke arah kiri bawah terbaca oleh kiper dan dihalau!

Babak pertama tuntas 0-0.

Peluang buat Barcelona semenit babak kedua berjalan. Umpan tarik Ilaix diteruskan dengan sepakan Martin Braithwaite ke arah gawang. Ramon Juan sigap menepisnya.

Umpan apik Pjanic di menit ke-58 diselesaikan Griezmann dengan tendangan voli. Bola gagal mengarah ke gawang dan melesat ke atas.

Gantian Cornella mengancam semenit kemudian. Sepakan Medina dihalau oleh Norberto Neto, berlanjut dengan umpan silang dari kanan. Sepakan Eloy Gila di tiang jauh masih melebar.

Penalti kedua untuk Barcelona di menit ke-78, setelah Moreno menendang kepala Clement Lenglet. Dembele kali ini jadi eksekutor dan tembakannya juga dihalau kiper!

Barcelona membuang peluang bagus lainnya di menit ke-83. Umpan sepak pojok dari kanan diterima Braithwaite di tiang jauh. Kontrolnya bagus, akan tetapi tembakannya dari jarak dekat malah melebar.

Ramon Juan kembali menggagalkan peluang Barcelona lima menit berselang. Tembakan keras Pjanic dari depan kotak penalti dihalaunya.

Dari sepak pojok yang dihasilkan, gantian Araujo mengancam Cornella. Sundulannya masih melesat tipis di atas gawang. Tak ada gol tercipta sampai waktu normal habis. Laga berlanjut ke babak tambahan.

GOL! Barcelona memecah kebuntuan di menit ke-92. Tembakan keras Dembele tak kuasa dihentikan Juan.

Nyaris Barcelona menambah gol 10 menit kemudian. Konrad de la Fuente menerima umpan dari Dembele di kanan dan mengarahkan tembakan ke pojok kanan. Juan sigap membaca arah bola dan menepisnya.

Tembakan jarak jauh Konrad di menit ke-109 masih ditahan Ramon Juan dengan percaya diri. Barcelona secara keseluruhan cukup nyaman memainkan bola setelah mendapatkan gol.

Saat butuh mengejar gol, Cornella malah kehilangan pemain di menit ke-118. Estelles menerima kartu kuning kedua karena melanggara Araujo.

Di masa kritis tepatnya pada menit ke-121, Barcelona menambah gol. Serangan balik dilancarkan dari sisi kanan, dipimpin oleh Pedri. Tinggal menghadapi kiper, Pedri memilih mengoper ke Braithwaite di kiri, yang lantas menuntaskannya dengan tenang. Laga tuntas tak lama berselang.

Susunan pemain:

Cornella: Ramon Juan; Albert Estelles, Pol Moreno, Borja Garcia, Kevin Presa (Aschalew Sanmarti 84′); Ivan Guzman, Albert Dorca, Max Marcet (Chiki 68′), Agus Medina; Javier Ontiveros (Gonzalo Carmona 68′), Eloy Gila (Alex Pla 97′)

Barcelona: Neto; Oscar Minguez, Ronald Araujo, Clement Lenglet, Junior Firpo; Ilaix Moriba (Sergio Busquets 74′), Miralem Pjanic, Riqui Puig (Ousmane Dembele 46′); Antoine Griezmann, Martin Braithwaite, Francisco Trincao (Pedri 74′)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here