Uji Coba Shakedown MotoGp 2021 Resmi Dipindah ke Qatar

0
74
Shakedown MotoGp

MotoGP – FIM, IRTA, dan Dorna Sports akhirnya resmi memutuskan bahwa uji coba pramusim MotoGP 2021 hanya akan digelar di Sirkuit Losail, Qatar. Hal ini diumumkan lewat situs resmi kejuaraan pada Kamis (14/1/2021) malam waktu Eropa, menyusul dibatalkannya uji coba shakedown dan pramusim Malaysia pada Selasa (12/1/2021) lalu.

Seperti diketahui, akibat pandemi Covid-19, uji coba pramusim di Sepang dibatalkan karena pemerintah setempat memang sangat ketat dalam melakukan pencegahan lonjakan kasus positif lebih banyak, salah satunya mewajibkan karantina 14 hari kepada para pengunjung dari luar negeri.

Melihat bahwa pandemi ini masih jadi masalah serius bagi kejuaraan, maka FIM, IRTA, Dorna Sports, dan para petinggi tim peserta MotoGP menjalani rapat virtual pada Kamis (14/1/2021) untuk mendiskusikan perubahan jadwal uji coba shakedown dan pramusim.

Hasil rapat akhirnya memutuskan uji coba shakedown untuk para test rider dan debutan dipindahkan ke Losail, namun dimampatkan dari tiga hari menjadi sehari saja, yakni pada tanggal 5 Maret 2021. Sementara itu, 6 dan 7 Maret akan jadi uji coba tambahan bagi para pembalap reguler lainnya.

Seluruh pembalap akan kembali turun lintasan bersama pada 10-12 Maret di trek yang sama, sesuai jadwal uji coba pramusim yang sudah ditentukan sejak awal di Qatar. Hal ini pun otomatis mematahkan spekulasi bahwa Sirkuit Jerez dan Sirkuit Portimao bisa jadi pengganti uji coba Sepang.

Seluruh anggota tim pun diharapkan tetap tinggal di Qatar sampai pekan balap seri pembuka berlangsung pada 26-28 Maret. Berikut kalender balap dan jadwal uji coba sementara MotoGP 2021.

JADWAL UJI COBA PRAMUSIM 2021 Kelas MotoGP

5 Maret: Qatar – Losail (shakedown)
6-7 Maret: Qatar – Losail
10-12 Maret: Qatar – Losail
Kelas Moto2 dan Moto3

16-18 Maret: Spanyol – Jerez

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here